Home / Asuransi / 9 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2020

9 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2020

/

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online – Sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur oleh UU Ketenagakerjaan, bahwa semua pekerja baik yang bekerja di dalam negeri atau di luar negeri diharapkan untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan guna melindungi pekerja dari resiko terkait jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua dan segala manfaat yang ada dalam BPJS tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan memang sudah wajib dimiliki oleh kita yang bekerja di perusahaan atau semua instansi pemerintah. BPJS Ketenagakerjaan juga merupakan jaminan sosial yang sangat penting dimiliki oleh seluruh pekerja Indonesia. Karena kita tahu bahwa resiko sosial dapat terjadi kapan saja dan kepadan siapa saja.

Resiko sosial ekonomi tersebut meliputi kecelakan dan kematian sehingga perlu ada suatu alat pengaman agar ketika terjadi resiko sosial ekonomi tadi tidak akan mengganggu kesejahteraannya secara drastis. Berbicara mengenai BPJS Ketenagakerjaan, disini kami akan memberikan informasi mengenai cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan dalam hal ini, yakni melalui website resmi, aplikasi BPJSTKU, SMS, ATM dan masih ada beberapa cara lainnya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan menarik dan mendalam yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Paling Mudah

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Website Resmi

Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website ini dapat kalian harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Ada 3 segmen peserta yang dapat memeriksa saldo melalui website, yakni penerima upah, bukan penerima upah dan buruh migran. Lebih lengkapnya simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Kunjungi website resmi bpjsketenagakerjaan.go.id terlebih dahulu.
  • Kemudian siapkan nomor KPJ kalian.
  • Klik menu Layanan Peserta, klik Tenaga Kerja dan nantinya akan muncul pilihan BPJSTKU dan Antrian Online.
  • Untuk cek saldo kalian dapat memilih BPJSTKU.
  • Kalian akan masuk ke alamat resmi dan muncul halaman Login.
  • Untuk pengguna baru kalian dapat membuat akun terlebih dahulu, jika kalian sudah terdaftar kalian dapat mengikuti langkah selanjutnya.
  • Setelah masuk dengan menggunakan email dan kata sandi kalian dapat memilih Lihat Saldo JHT.
  • Lalu pilih KPJ BJPS Ketenagakerjaan kalian, pilih tombol Submit dan saldo akan muncul di layar.
  • Selesai.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Aplikasi BPJSTKU

  • Pertama download dan instal aplikasi BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTKU melalui App Store dan Playstore.
  • Jika sudah terinstal kalian dapat setting aplikasi sesuai dengan akun BPJS milik kalian.
  • Klik Loghin dan masukkan email yang kalian daftarkan, kata sandi  akun. Untuk yang sudah memiliki akun lama di Jamsostek, kalian dapat login dengan menggunakan ID dan password akun lama tersebut.
  • Setelah login kalian dapat masuk ke halaman utama dan pilih Lihat Saldo.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via SMS

  • Ketik: DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta, kemudian kirim SMS  ke 2757 Contoh:

DAFTAR SALDO#3191036598033007#TIARA CERMAT#03-02-1989#123456789 kirim ke 2757. Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi ID sebagai berikut: TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 123456789.

  • Apabila Nomor Peserta sudah kalian peroleh, kalian dapat langsung mengecek saldo JHT dengan cara membalas SMS tersebut dengan format sebagai berikut:

Ketik SALDO(spasi)NOMOR PESERTA, kemudian kirim ke 2757. Contoh: SALDO 987654321 kirim ke 2757. Kemudian kalian akan mendapatkan balasan SMS yang berisi saldo JHT kalian.

Ganti Nomor HP

  • Layanan SMS 2757 hanya bisa digunakan untuk peserta dengan nomor operator Telkomsel, Indosat, dan XL.
  • Ganti Nomor Handphone Ketik: DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#Nomor Handphone lama#Nomor KTP, kirim ke 2757. Contoh: DAFTAR GANTI HP#08123456789#3191036598033007 kirim SMS ke 2757

Ganti PIN BPJS

  • Ganti Pin BPJS Ketik DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)#Pin lama#Pin baru. Contoh: DAFTAR GANTI PIN#123456#987654, Kirim SMS ke 2757

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via ATM BNI

Cara yang satu ini hanya dapat dilakukan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan yang juga merupakan nasabah dari bank BNI. Dimana peserta hanya cukup memasukkan kartu ATM BNI ke mesin ATM BNI kemudian pilih menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya akan muncul detail informasi mengenai sisa saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Kantor BPJS Terdekat

Dan cara yang terakhir adalah melalui kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat di tempat peserta. Kalian hanya perlu bertanya kepada petugas mengenai sisa saldo BPJS dengan membawa syarat seperti KK dan KTP serta kartu peserta.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara mengecek sisa saldo BPJS Ketenagakerjaan yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara bayar BPJS Ketenagakerjaan yang telah myjourney.id sampaikan di postingan sebelumnya.

This div height required for enabling the sticky sidebar