Home / Contoh Surat / 20 Contoh Surat Kuasa Pengambilan BST Bagi yang Berhalangan Hadir

20 Contoh Surat Kuasa Pengambilan BST Bagi yang Berhalangan Hadir

/

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BST – Saat ini program bantuan dari Pemerintah memang terus berjalan sesuai dengan ketentuan. Dimana bantuan tersebut diperuntukkan bagi semua elemen masyarakat dari berbagai sektor, mulai dari pegawai, masyarakat biasa, para pelaku UMKM dan masih banyak lagi yang lainnya. Dimana pemerintah ingin setiap bantuan yang diberikan harus tepat sasaran. Nah baru-baru ini pemerintah juga kabarnya telah memberikan BST atau Bantuan Sosial Tunai dengan nominal Rp 300.000 per bulan.

Berbicara mengenai BST (Bantuan Sosial Tunai) yang diberikan oleh Pemerintah terkadang tidak semua masyarakat yang menerima bisa mengambilnya. Nah, lalu bagaimana jika demikian? Apakah pengambilan BST tersebut bisa diwakilkan dengan melampirkan Surat Kuasa? Nah ini akan menjadi topik pembahasan utama kami bahwasanya pengambilan BST sebesar Rp 300.000 ini bisa dilakukan dengan melampirkan Surat Kuasa dari pihak yang menerima.

Ada beberapa contoh surat kuasa pengambilan BST yang nanti bisa kalian simak dan juga download. Selain itu myjourney.id juga akan memberikan informasi lain terkait pembahasan ini seperti apa pengertian dari Surat Kuasa dan juga lain sebagainya. Penting diketahui bahwa Surat Kuasa terkadang diperlukan ketika kita meminta orang lain untuk mengurus PENGAMBILAN BPKB DI FIF atau pengurusan dokumen penting di instansi terkait. Bisa juga dikatakan bahwa Surat Kuasa menjadi syarat yang cukup penting.

Sekarang contoh Surat Kuasa Pengambilan BST juga bisa dibuat dengan cara mendownload dokumen tersebut di Google atau lainnya dengan sangat mudah. Namun sebagai gambaran, kami juga akan memberikan informasi mengenai struktur yang harus ada di Surat Kuasa Pengambilan BST tersebut. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak informasi terlengkap mengenai contoh surat kuasa pengambilan BST yang telah kami siapkan berikut ini.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BST

Apa Itu Surat Kuasa?

Sebelum berlanjut ke pembahasan utama mengenai contoh surat kuasa pengambilan BST, kami akan membahas lebih dulu mengenai apa yang dimaksud dengan Surat Kuasa. Surat Kuasa merupakan surat yang berisi penyerahan wewenang dari pihak pemberi ke pihak lainnya yang diberikan kepercayaan karena pihak pemberi sedang berhalangan atau tidak bisa melakukannya sendiri.

READ  15 Cara Membuat Paspor 2021: Syarat & Biaya Pembuatan Paspor

Surat kuasa juga umumnya terdiri dari 2 jenis, yakni formal dan non formal. Untuk Formal, surat ini memiliki hal yang formal, sedangkan non formal biasanya digunakan untuk hal yang sifatnya lebih pribadi atau tidak formal. Disamping itu fungsi adanya surat kuasa adalah sebagai bukti pernyataan dari pihak pemberi bahwa pihak penerima kuasa memiliki hak dan kewajiban untuk bisa melakukan tugas seperti yang tertuang pada surat tersebut.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BST

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BST Bantuan Sosial Tunai

Setelah mengetahui informasi diatas mengenai apa itu Surat Kuasa. Berikutnya kami akan membahas kembali mengenai contoh surat kuasa pengambilan BST. Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa terkadang tidak semua penerima BST datang ke lokasi untuk mengambil bantuan tersebut. Jadi untuk bisa tetap mengambilnya, mereka terkadang memberikan wewenang khusus kepada seseorang yang dipercaya dengan melampirkan surat kuasa kepada orang tersebut. Untuk syarat pengambilan BST yang diwakilkan biasanya ada beberapa yang perlu dipersiapkan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Surat kuasa bermaterai yang telah ditandatangani oleh pemberi dan penerima kuasa dengan melampirkan KTP Asli serta Fotokopi Pemberi dan Penerima kuasa beserta KK asli dan Fotokopi.
  2. Surat pengantar yang ditandatangani basah oleh Kasatpel (Nama dan NIP).
  3. Surat Kematian dari Puskes/Kelurahan/Rumah Sakit setempat (jika penerima meninggal dunia).
  4. FC KTP dan KK (alm/almh).
  5. FC KTP asli dan KK asli penerima.

Catatan :

Untuk Pengurusan Surat Pengantar yang ditandatangani oleh Kasatpel, silahkan berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat. Info dari pengurus RT, surat pengantar cukup ditandatangani oleh Kasatpel Kelurahan. Kasatpel sendiri merupakan singkatan dari Kepala Satuan Pelaksana.

Struktur Penulisan Surat Kuasa Pengambilan BST

Struktur Penulisan Surat Kuasa Pengambilan BST

Perlu diketahui juga bahwa surat kuasa pengambilan BST ini memiliki beberapa struktur pada penulisannya. Adapun struktur tersebut adalah sebagai berikut.

Kepala Surat

Pertama adalah kepala surat atau KOP Surat. Umumnya digunakan jika surat kuasa tersebut dibuat oleh perusahaan atau instansi pemerintah. Jika surat kuasa pribadi, kop surat ini tidak diperlukan. Kop surat terdiri dari nama perusahaan, alamat, nomor kotak pos, kode pos, telepon dan logo perusahaan.

Nomor Surat

Kemudian ada nomor surat. Nomor Surat ini diterbitkan oleh perusahaan, instansi atau organisasi pembuat surat. Bisa diartikan, nomor surat tidak perlu dicantumkan untuk surat kuasa pribadi.

Pemberi Kuasa

Pemberi kuasa menjadi suatu persetujuan apabila dirinya tidak diberikan lagi kekuasaan pada pihak pemberi kekuasaan untuk bisa menyelesaikan suatu urusan.

Identitas Pemberi Kuasa

Pin berikut yang harus dicantumkan adalah identitas pemberi kuasa secara lengkap sesuai dengan data asli. Identitas tersebut mencakup nama lengkap, nomor KTP, pekerjaan, alat, dan nomor telepon.

Penerima Kuasa

Penerima kuasa yaitu mereka yang dipilih oleh pihak pemberi kuasa untuk bersedia mewakili nya dalam menyelesaikan urusan tertentu.

Identitas Penerima Kuasa

Isi identitas harus diisi oleh penerima kuasa meliputi nama lengkap, nomor KTP, pekerjaan, alamat, dan juga nomor telepon.

Isi Kuasa atau Hal yang Dikuasakan

Di bagian ini, pemberi kuasa harus mencantumkan hal apa saja yang dikuasakan oleh penerima kuasa, seperti pengambilan dokumen, pengambilan uang, pembukaan rekening, dan lain sebagainya.

Waktu Pemberian Kuasa

Waktu pemberian kuasa biasanya ditentukan berdasarkan kapan surat kuasa tersebut dibuat dan langsung diberikan kepada pihak penerima kuasa. Tapi, dalam surat kuasa pribadi, umumnya pemberi dan penerima kuasa akan berdiskusi terlebih dahulu untuk menentukan pemberian kuasa.

Tanda Tangan

Dalam hal ini, pihak penerima dan pemberi kuasa harus saling menyetujui surat kuasa tersebut. Artinya, dalam hal ini tidak diperbolehkan ada unsur pemaksaan dalam pemberian kuasa tugas atau urusan tertentu.

Download Surat Kuasa Pengambilan BST

Jika kalian ingin membuat sendiri contoh surat kuasa pengambilan BST, kalian bisa membuatnya langsung di Microsoft Word. Akan tetapi jika kalian rasa terlalu repot, kalian bisa unduh contoh surat kuasa pengambilan BST yang kami siapkan di bawah ini.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai contoh surat kuasa pengambilan BST (Bantuan Sosial Tunai). Penting diketahui sekali lagi bahwa surat kuasa biasanya hanya diperlukan ketika orang yang menerima bantuan tidak bisa hadir untuk mengambil bantuan tersebut. Maka dari itu dibutuhkan surat kuasa dalam proses pengambilan BST.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai contoh surat kuasa pengambilan BST. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar