Home / Contoh Surat / 60 Contoh Surat Lamaran Kerja Format Doc & PDF 2019

60 Contoh Surat Lamaran Kerja Format Doc & PDF 2019

/

Contoh Surat Lamaran Kerja – Surat lamaran kerja merupakan surat yang dibuat seseorang, dimana surat tersebut ditujukan untuk instansi ataupun perusahaan yang bertujuan untuk melamar pekerjaan di situ. Sudah menjadi hal wajib dan umum bahwa setiap warga negara Indonesia jika ingin bekerja di suatu tempat untuk menulis surat lamaran kerja. Karena surat lamaran kerja ini akan menjadi penilaian pertama oleh tempat ia melamar pekerjaan.

Mengingat betapa pentingnya menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Maka anda harus tahu cara membuat surat lamaran kerja dan contoh yang benar seperti apa. Sehingga nantinya anda bisa di terima di Perusahaan ataupun Instansi tempat anda melamar pekerjaan.

Secara umum isi dari surat lamaran kerja pertama pembuka, lalu perkenalan, setelah itu data diri singkat atau profil dan masih banyak lagi komponen surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ini tidaklah sama seperti CV. Dimana CV ini merupakan daftar riwayat hidup, yang isinya perjalanan hidup seseorang dari pendidikan serta pekerjaan yang ia pernah lakukan.

Namun CV ini juga penting dan wajib untuk dimasukkan ke dalam lampiran surat lamaran kerja. Tujuannya agar perusahaan ataupun instansi yang anda lamar tahu daftar riwayat hidup anda. Untuk lebih jelasnya mengenai surat lamaran kerja, silahkan anda simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru

Berbeda dengan surat pengunduran diri dan surat kuasa, untuk surat lamaran kerja ini membutuhkan beberapa komponen yang lebih banyak. Anda juga harus tahu seperti apa surat lamaran kerja yang bagus. Disini kami akan terangkan beberapa cara atau tips menulis surat untuk melamar kerja agar anda bisa diterima ditempat anda melamar kerja.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

  • Baca dengan baik syarat lowongan pekerjaan tersebut
  • Menulis surat lamaran kerja dengan bahasa baku sesuai EYD
  • Pakailah kata-kata yang mudah dipahami
  • Tujuan surat lamaran kerja harus jelas
  • Setelah surat lamaran kerja selesai dibuat, anda wajib untuk membacanya dulu sebelum dikirim ke Pos ataupun Email
  • Jika anda menulis surat lamaran kerja lewat tulisan tangan, pastikan kertas bersih dan tidak ada kotoran ataupun bekas dihapus

Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Tempat dan tanggal penulisan surat

2. Nama Perusahaan dan Alamat Lengkapnya

3. Salam Hormat

4. Kata pengantar

5. Biodata pribadi

6. Pengalaman kerja

7. Kemampuan Anda

8. Penutup

9. Lampiran Surat Lamaran Kerja :

  • Pas Foto
  • Fotokopi KTP Asli dan Aktif
  • Daftar CV atau Riwayat Hidup
  • Fotokopi Ijazah Terakhir
  • Fotokopi Sertifikat Kompetensi

10. Hormat Saya lengkap dengan tanda tangan dan nama lengkap

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

2. Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

3. Surat Lamaran Kerja Bank BCA

4. Surat Lamaran Kerja Guru

5. Surat Lamaran Kerja PDF

6. Surat Lamaran Kerja Umum

Jika dirasa masih kurang contoh surat lamaran kerja diatas, silahkan anda kirimkan permintaan kepada kami lewat menu kontak yang tersedia di website Myjourney.id. Semoga informasi yang kami beritahukan ini bermanfaat dan anda bisa diterima di tempat kerja yang anda inginkan.

This div height required for enabling the sticky sidebar