9 Contoh Surat Laporan Pencemaran Nama Baik ke Polisi (PDF & DOC)

Advertisements

Contoh Surat Laporan Pencemaran Nama Baik ke Polisi – Setiap masalah memang kerap terjadi di kalangan masyarakat. Ada beberapa orang yang mungkin memiliki masalah dengan orang lain, yang dirasa sudah sangat keterlaluan sampai-sampai melakukan pencemaran nama baik atau bahkan hingga tindakan fisik. Tak jarang sebagian dari mereka yang memiliki untuk membawa kasus tersebut ke jalur hukum.

Kasus pencemaran nama baik memang menjadi salah satu kasus yang kerap dan bisa dikatakan hampir umum terjadi di beberapa kalangan masyarakat. Mereka yang merasa hal tersebut sudah sangat keterlaluan, mereka lebih memilih untuk melakukan laporan pencemaran nama baik ke pihak berwajib. Lalu untuk laporan tersebut apa saja syarat yang diperlukan? Salah satunya adalah surat laporan pencemaran nama baik.

Membahas mengenai contoh surat laporan pencemaran nama baik, bisa kita simpulkan bahwa masih banyak orang yang tidak mengetahui seperti apa cara membuat surat laporan pencemaran nama baik tersebut. Maka dari itu disini myjourney.id akan memberikan penjelasan lengkap terkait akan hal ini. Bukan hanya membahas mengenai contoh surat saja, informasi lain yang kami rasa sangat penting juga turut serta kami informasikan.

Ada beberapa poin juga yang harus diketahui ketika membuat surat laporan pencemaran nama baik ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai contoh surat laporan pencemaran nama baik yang telah myjourney.id siapkan di bawah ini.

Contoh Surat Laporan Pencemaran Nama Baik ke Polisi

Apa Itu Surat Laporan Pencemaran Nama Baik?

Sebelum kita berlanjut ke pembahasan lainnya, disini kami akan memberikan informasi lebih dulu terkait apa yang dimaksud dengan surat laporan. Surat Laporan merupakan pemberitahuan yang disampaikan oleh seorang karena hak atau kewajiban berdasarkan undang-undang kepada pejabat yang berwenang tentang telah atau sedang atau diduga akan terjadinya peristiwa pidana. Definisi laporan ini juga dapat kita lihat di dalam Pasal 1 angka 24 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (“KUHAP”).

Di dalam UU ITE sebenarnya tidak terdapat pengertian tentang pencemaran nama baik. Dengan merujuk Pasal 310 ayat (1) KUHP, pencemaran nama baik bisa diartikan sebagai perbuatan menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal yang maksudnya terang agar hal tersebut diketahui oleh umum. Dalam pasal Pasal 310 ayat (1) KUHP tentu akan menjadi permasalahan hukum jika kalian merasa dirugikan atau terusik oleh perbuatan-perbuatan tersebut maka orang yang merasa terusik bisa melaporkan tindakan tersebut kepada pihak Kepolisian.

Cara Melaporkan Pencemaran Nama Baik ke Polisi

Setelah mengetahui informasi contoh surat pencemaran nama baik ke polisi diatas. Berikutnya kami akan memberikan penjelasan terkait bagaimana cara melaporkan tindak pencemaran nama baik ke kantor polisi. Ada beberapa hal yang tentunya perlu kalian ketahui disini, diantaranya adalah

  • Mengumpulkan barang bukti
  • Mengumpulkan saksi
  • Mempersiapkan diri
  • Menyiapkan kuasa hukum
  • Membuat laporan

Format Penulisan Contoh Surat Laporan Pencemaran Nama Baik ke Polisi

Bagi kalian yang belum mengetahui seperti apa cara membuat surat laporan pencemaran nama baik. Ketahui bahwa ada beberapa poin yang harus ada di dalam surat tersebut. Kemudian surat laporan juga harus dilengkapi dengan materai 10.000 agar memiliki kekuatan hukum yang kuat, lain halnya dengan SURAT KUASA yang mungkin hanya dilengkapi dengan materai 6000 saja. Lalu apa saja yang harus ada di dalam surat laporan pencemaran nama baik? Lebih jelasnya simak di bawah ini.

  • KOP Surat Kepolisian
  • Nama pelapor
  • Umur pelapor
  • Agama pelapor
  • Pekerjaan pelapor
  • Alamat pelapor
  • Nomer HP pelapor
  • Telah membuat laporan di : nama kantor polisi
  • Tindak pidana pencemaran nama baik
  • Tempat kejadian pencemaran nama baik
  • Waktu kejadian tindakan pencemaran nama baik
  • Ter lapor : (nama yang dilaporkan)
  • Korban : (nama korban yang mengalami pencemaran nama baik)
  • Materai

Sebagai referensi, ada banyak sekali informasi terkait contoh surat laporan pencemaran nama baik ke polisi yang bisa kalian lihat di internet ataupun sumber lainnya.

Format Penulisan Contoh Surat Laporan Pencemaran Nama Baik ke Polisi
Surat Pencemaran Nama Baik
Surat Pencemaran Nama Baik dan Fitnah

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai contoh surat laporan pencemaran nama baik ke polisi. Disini penting diketahui bahwa untuk melaporkan kasus seperti ini, kalian bisa menyiapkan syarat-syarat yang sudah kami sampaikan diatas. Nah ketika membuat laporan ke pihak berwajib, usahakan untuk didampingi oleh kuasa hukum/pengacara agar proses bisa berjalan lancar.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai contoh surat laporan pengaduan pencemaran nama baik ke polisi. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Advertisements

Farah

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Ternam di Indonesia. Yang Sekarang Sedang Melanjutkan Program S1 Ekonomi di Perguruan Negri di Jakarta. Selain Menulis di Myjourney.id, Saya Juga Menulis di Beberapa Forum Ternama.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.