Home / Contoh Surat / 15 Contoh Surat Pengantar Nikah dari RT (Format dan File Download)

15 Contoh Surat Pengantar Nikah dari RT (Format dan File Download)

/
/
/

Contoh Surat Pengantar Nikah dari RT – Setiap hal yang bersangkutan dengan lembaga, perusahaan atau instansi terkait memang membutuhkan surat-surat yang harus dilampirkan. Bahkan terkadang surat tersebut menjadi salah satu syarat utama dalam mengurus keperluan pribadi orang tersebut. Pengurusan surat-surat pengantar tersebut juga dimulai dari RT, RW dan Kantor Kelurahan serta Kecamatan.

Membahas mengenai dokumen atau surat, di pertemuan kali ini myjourney.id akan membahas mengenai referensi surat pengantar nikah dari RT. Seperti sudah dijelaskan sebelum-sebelumnya bahwa setiap mengurus keperluan pembuatan SIUP, pernikahan, dan lain sebagainya yang bersifat resmi. Orang tersebut tentu harus membuat surat pengantar terlebih dahulu, yang mana langkah pertama adalah surat pengantar dari RT setempat.

Bagi kalian yang mungkin akan melakukan pernikahan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan pastinya. Mulai dari pengurusan surat pengantar nikah dari pihak RT setempat, kemudian dilanjutkan ke RW untuk mendapatkan tanda tangan ketua RW, setelah itu ke kantor Kelurahan. Surat pengantar nikah dari RT juga bukan merupakan surat yang ditulis tangan, berbeda halnya dengan CONTOH SURAT LAMARAN KERJA yang umumnya ditulis tangan.

Terkait pembahasan mengenai contoh dokumen pengantar nikah dari RT. Kami juga akan memberikan beberapa pembahasan lainnya seperti apa yang dimaksud dengan dokumen pengantar nikah, format penulisan yang baik dan benar dan juga beberapa berkas contoh surat pengantar nikah dari RT yang bisa kalian unduh nantinya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi lengkap terkait contoh surat pengantar nikah dari RT berikut ini.

READ  6 Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang diatas Materai (PDF & DOC)
Contoh Surat Pengantar Nikah dari RT

Apa Itu Surat Pengantar?

Sebelum kita ke pembahasan berikutnya, disini kami akan menjelaskan lebih dulu apa yang dimaksud dengan surat pengantar. Surat pengantar merupakan surat resmi penting dalam hubungan antar instansi. Surat ini berisi informasi bahwa orang yang membawa surat tersebut telah diberi tugas tertentu dan disetujui oleh pihak yang bertanggung jawab atas isi surat. Dengan demikian, tidak akan ada kesalahpahaman dari pihak yang dituju mengenai tujuan kedatangan si pembawa surat.

Surat pengantar juga biasanya terdiri 2 jenis, yakni surat pengantar resmi yang menggunakan materai dan tanda tangan sehingga memiliki kekuatan hukum. Dan kedua adalah surat pengantar tidak resmi yang hanya memiliki tanda tangan, tidak perlu bermaterai. Penting diketahui bahwa ada beberapa fungsi surat pengantar yang wajib kalian ketahui dalam hal ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai bentuk kesopanan dan wujud tertib administrasi dalam hubungan antar instansi
  • Sebuah bukti bahwa si pembawa surat adalah orang yang tepercaya dan menjadi utusan resmi dari suatu instansi
  • Penjelasan secara formal mengenai maksud dan tujuan dari orang atau barang yang diantarkan
  • Syarat mendapatkan surat resmi lain (misalnya surat pengantar dari RT/RW untuk mendapat SKCK, izin nikah, dan lain-lain)

Format Penulisan Surat Pengantar Nikah dari RT

Format Penulisan Contoh Surat Pengantar Nikah dari RT

Bagi kalian yang belum mengetahui seperti apa format penulisan contoh surat pengantar nikah dari RT setempat, kalian bisa lihat informasinya berikut ini.

  • Terdapat kop surat dari kelurahan
  • Dilengkapi nomor surat resmi dari kelurahan
  • Identitas keterangan lengkap dengan NIK (biasanya menyesuaikan dengan peruntukan surat keterangan yang dibuat)
  • Nama, tanda tangan, dan NIP Lurah yang mengesahkan surat tersebut serta tanggal
Format Penulisan Contoh Surat Pengantar dari RT

Download Contoh Surat Pengantar Nikah dari RT

Bagi kalian yang mungkin membutuhkan referensi dokumen pengantar nikah dari RT, di bawah ini kalian bisa mendownload file Surat Pengantar Nikah dari RT yang telah kami siapkan di bawah ini.

READ  35 Contoh Surat Mutasi PNS (Pengertian, Format dan File Download)

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai contoh surat pengantar nikah dari RT. Penting diketahui bahwa penulisan surat pengantar ini memiliki sifat yang resmi. Kemudian SURAT PENGANTAR DOKUMEN ini juga tidak bisa ditulis tangan. Biasanya pihak RT sudah memiliki salinan surat tersebut, jadi mereka tinggal mengisi informasi terkait orang tersebut.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai surat pengantar nikah dari RT setempat. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar