3 Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (PDF & DOC)

Advertisements

Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak – Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau disingkat SPTJM mungkin menjadi salah satu surat resmi yang digunakan oleh beberapa orang, seperti untuk mencarikan dana BLT gaji guru honorer, kemudian untuk pembayaran dividen oleh perusahaan tertentu, data kelahiran anak, pasangan suami istri, kematian dan masih banyak lagi lainnya.

Membahas terkait Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, tentu masih ada beberapa yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan surat tersebut. Nah di pertemuan kali ini myjourney.id akan memberikan informasi lengkap terkait apa itu Surat Pernyataan SPTJM, format penulisan, contoh surat dan juga file download contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak tersebut.

Surat pernyataan tanggung jawab mutlak ini tentunya berbeda dengan SURAT KUASA pada umumnya. Surat ini biasa digunakan sebagai keperluan seperti yang sudah kami sampaikan di atas tadi. Banyak orang-orang yang membutuhkan surat ini sebagai syarat, akan tetapi mereka tidak mengetahui bagaimana cara membuat SPTJM ini. Ketahui juga bahwa ada beberapa poin yang harus ada di dalam SPTJM ini.

Kemudian setiap surat pernyataan tanggung jawab mutlak juga harus dilengkapi dengan adanya materai. Baiklah daripada berlama-lama, langsung saja simak pembahasan lengkap mengenai contoh surat pernyataan tanggung jawab mutlak lengkap dengan format penulisan SPTJM yang telah kami siapkan di bawah ini.

Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak

Apa Itu Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak?

Seperti janji diatas bahwa kami akan menjelaskan lebih dulu apa yang dimaksud dengan SPTJM ini. SPTJM adalah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak yang dibuat oleh yang bersangkutan atau wali atau pemohon sebagai kebenaran dengan tanggungjawab penuh yang diketahui 2 (dua) orang saksi. SPTJM juga bisa dibuat berdasarkan keperluan yang hendak dilakukan oleh orang yang bersangkutan.

Sebagai contoh, SPTJM Kebenaran Data Kelahiran merupakan surat pernyataan yang dibuat oleh orang tuan kandung/wali/pemohon dengan tanggung jawab penuh atas kebenaran data kelahiran seseorang dengan diketahui 2 orang saksi. SPTJM data kelahiran juga merupakan syarat untuk mengurus Akta kelahiran. Sedangkan untuk SPTJM Kebenaran Pasangan Suami Istri merupakan pernyataan yang dibuat oleh orangtua kandung/wali/pemohon dengan tanggungjawab penuh atas status hubungan perkawinan seseorang dengan diketahui 2 (dua) orang saksi. Jadi bisa disimpulkan bahwa SPTJM juga bisa dikatakan merupakan surat yang membenarkan adanya hal tersebut.

Format Penulisan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak

Mengenai pembahasan contoh surat pernyataan SPTJM, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kalian menulis atau membuat surat pernyataan ini. Maka dari itu di bawah ini bisa kalian lihat beberapa contoh surat SPTJM yang bisa kalian jadikan referensi.

1. SPTJM Data Kelahiran

SPTJM Data Kelahiran

2. SPTJM Pasangan Suami Istri

SPTJM Pasangan Suami Istri

3. SPTJM Penerima Bantuan

SPTJM Penerimaan Bantuan

Download Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai contoh surat pernyataan SPTJM. Disini dapat disimpulkan bahwa SPTJM juga bisa diartikan sebagai surat pernyataan yang membenarkan hal tersebut. Seperti sudah dijelaskan diatas juga bahwa SPTJM Data Kelahiran ini juga diperlukan untuk mengurus pembuatan Akta Nikah. Kemudian SPTJM Pasangan Suami Istri diperlukan untuk membenarkan bahwa pasangan tersebut sudah menikah namun tidak bisa menunjukan bukti Surat Nikah.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai contoh surat pernyataan tanggung jawab mutlak. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Advertisements

Farah

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Ternam di Indonesia. Yang Sekarang Sedang Melanjutkan Program S1 Ekonomi di Perguruan Negri di Jakarta. Selain Menulis di Myjourney.id, Saya Juga Menulis di Beberapa Forum Ternama.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.