Home / Asuransi / Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online Terbaru 2020

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online Terbaru 2020

/

Daftar Kartu Pra Kerja Online – Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan Kartu Pra Kerja. Kartu Pra Kerja sendiri adalah kartu bantuan pelatihan vokasi yang akan diberikan kepada para pencari kerja, pekerja buruh aktif, dan terkena PHK yang membuat peningkatan kompetensi.

Penerima insentif ini nantinya akan memperoleh dana maksimal selama 3 bulan. Dimana insentif tersebut akan menjadi bekal mereka untuk mencari pekerjaan. Semisal, insentif dapat digunakan sebagai uang transportasi untuk mengikuti kursus atau pelatihan.

Disamping mendapatkan insentif, pengguna kartu pra kerja juga nantinya akan mendapatkan kursus peningkatan skill tanpa dipungut biaya, alias gratis. Nah kursus ini dapat dilakukan di beberapa lembag pelatihan kerja (LPK) pemerintah, swasta dan training center industri.

Berbicara mengenai kartu pra kerja, disini kami akan membahas mengena informasi cara daftar kartu pra kerja online. Kabarnya daftar kartu pra kerja online ini akan ditampilkan pada laman web Kemntrian Ketenagakerjaan. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online Terbaru

Daftar Kartu Pra Kerja Online

Pemberian Kartu Pra Kerja

Dalam pasal 1 Perpres Kartu Pra Kerja ini, program pengembangan kompetensi kerja ini akan diberikan kepada:

  • Pencari Kerja
  • Pekerja/buruh yang terkena pemutusan hal kerja (PHK)
  • Pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi

Pencari kerja disini adalah angkatan kerja yang sedang menganggur dan mencari pekerjaan baik di dalam ataupun di luar negeri. Bunyi pasa 1 ayat 3.

Tujuan Program Kartu Prakerja

Lalu untuk tujuan program kartu pra kerja dalam Perpres ini adalah sebagai berikut.

  • Mengembangkan kompetensi angkatan kerja
  • Meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja

“Kompetensi kerja adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja,” bunyi pasal 1 ayat (6).

“Pelatihan adalah keseluruhan kegiatan untuk memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertenti,” bunyi pasal 1 ayat (7).

Syarat Mendapatkan Kartu Pra Kerja

Kemudian untuk Syarat mendapatkan Kartu Prakerja berdasakan pasal 3 ayat (4) Perpres ini diantaranya sebagai berikut:

  • WNI
  • Usia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang mengikuti Pendidikan formal

“Program Kartu Prakerja dilaksanakan melalui pemberian Kartu Prakerja,” bunyi pasal 3 ayat (1).

Manfaat Kartu Pra Kerja

Dalam pasal 4 dari Perpres Kartu Pra Kerja disebutkan, kartu Prakerja ini ditujukan pada mereka para pencari kerja (sebagaimana yang tertulis pada pasal 3 ayat (2) yang digunakan untuk mendapatkan manfaat, mulai dari:

  • Pelatihan
  • Insentif

“Penerima Kartu Prakerja berhak mendapatkan bantuan biaya dengan besaran tertentu untuk mengikuti pelatihan,” bunyi pasal 5 ayat (1).

Pelatihan Online dan Offline

Para pemegang kartu pra kerja ini dapat mengikuti pelatihan secara online ataupun offline. Berdasarkan pasal 6 ayat (1), pelatihan ini diselenggarakan oleh swasta, badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD), dan pemerintah. Penyelenggara pelatihan itu harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Lembaga pelatihan punya kerja sama dengan Platform Digital.
  • Memiliki program pelatihan berbasis kompetensi kerja sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
  • Lembaga pelatihan mendapat persetujuan Manajemen Pelaksana.

“Lembaga pelatihan sebagai dimaksud pasal 6 (penyelenggara pelatihan) wajib memberikan Sertifikat Pelatihan kepada penerima Kartu Prakerja yang telah menyelesaikan program Pelatihan,” bunyi pasal 7 Perpres Kartu Prakerja ini.

Insentif Kartu Pra Kerja Hingga Rp 500 ribu/bulan

Seperti yang sudah kita singgung paragraf pembuka, dimana para pemegang kartu pra kerja juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp 500 ribu per bulan. Insentif tersebut juga diberikan kepada mereka yang telah selesai mengikuti program latihan, dan uang insentif tersebut akan digunakan untuk:

  • Biaya pelatihan
  • Biaya mencari pekerjaan
  • Insentif pengisian survei evaluasi

Ketika pendaftar program kartu pra kerja lulus seleksi dan siap mengikuti pelatihan, maka akan mendapatkan Rp 100 ribu per bulan untuk digunakan selam pelatihan. Pelatihan juga ditempuh dalam waktu 2 sampai 3 bulan.

Ketika masa pelatihan telah selesai, peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 500 ribu per bulan sebagai ongkos mencari kerja. Uang tersebut juga akan diberikan selama 3 bulan atau kurang dari 3 bulan selama belum mendapatkan pekerjaan.

Daftar Kartu Pra Kerja

Sedangkan untuk cara daftar kartu pra kerja online. Disini perlu kalian ketahui bahwa hingga saat ini belum ada kabar kapan pendaftaran online akan dibukan. Untuk cara daftar kartu pra kerja dapat kalian simak berikut ini.

  • Daftar Program Kartu Prakerja
  • Proses seleksi
  • Pemberian Kartu Prakerja bagi yang lulus seleksi
  • Peserta/penerima Kartu Prakerja memilih jenis pelatihan yang akan diikuti melalui platform digital
  • Mendapatkan Rp100 ribu per bulan selama pelatihan
  • Pemberian sertifikat kelulusan petalitan
  • Mendapatkan Rp500 ribu per bulan setelah lulus pelatihan selama belum mendapat kerja atau maksimal selama 3 bulan

Pendaftaran kartu pra kerja ini akan dimulai pada bulan April 2020. Pemerintah sendiri juga sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 Trilliun untuk program kartu pra kerja ini. Dimana pemerintah juga menargetkan sekiranya 2 juta orang yang akan menerima kartu pra kerja di tahun 2020 ini.

Nah itulah beberapa informasi penting mengenai cara daftar kartu pra kerja online, manfaat kartu pra kerja, tujuan dan pembahasan lainnya seputar kartu pra kerja. Jangan lupa untuk membaca artikel lain mengenai cara daftar e-payment BPJS Ketenagakerjaan di postingan sebelumnya. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar