Dana Paylater Tidak Bisa Digunakan ? Penyebab & Solusinya

Dana Paylater Tidak Bisa Digunakan – Dana menjadi salah satu aplikasi pembayaran digital atau dikenal juga dengan dompet digital yang akhirnya menghadirkan salah satu fitur yang sangat banyak diminati oleh kalangan masyarakat, yakni paylater. Paylater tersebut merupakan hasil kerjasama antara pihak Dana dengan salah satu aplikasi pinjaman online dan paylater terbaik di Indonesia yaitu Akulaku. Dana sendiri menamai fitur terbarunya tersebut dengan nama Dana Paylater.

Namun sama halnya dengan layanan paylater lainnya yang dihadirkan oleh beberapa aplikasi lainnya, paylater Dana juga hanya diberikan kepada pengguna terpilih saja. Jika kalian merupakan pengguna beruntungan yang terpilih, kalian tentu bisa segera melakukan aktivasi. Cara aktivasi Dana Paylater ini bisa dilakukan dengan mudah, untuk mengetahui seperti apa caranya, kalian bisa simak artikel mengenai cara aktivasi Dana Paylater yang telah kami sampaikan di postingan sebelumnya.

Membahas mengenai Dana Paylater, disini kami akan membahas mengenai permasalahan yang kerap dialami oleh beberapa pengguna belakangan ini, yakni mereka tidak bisa menggunakan limit paylater Dana. Untuk mengetahui jawaban atas permasalahan tersebut, tentunya kalian harus mengetahui lebih dulu mengenai apa saja yang menjadi penyebab mengapa limit tersebut tidak bisa digunakan untuk bertransaksi, baik di aplikasi Dana maupun merchant offline rekanan Dana.

Jika kalian sudah mengetahui penyebabnya, tentu pemecahan masalah terkait limit tidak bisa digunakan akan lebih mudah. Maka dari itu disini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai apa saja penyebab dan cara mengatasi Dana Paylater tidak bisa digunakan. Baiklah daripada penasaran seperti apa pembahasannya, lebih baik langsung saja simak informasi lengkap mengenai Dana Paylater tidak bisa digunakan yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

Dana Paylater Tidak Bisa Digunakan

Kenapa Dana Paylater Tidak Bisa Digunakan?

Sebelum berlanjut ke pembahasan inti mengenai penyebab dan juga bagaimana cara mengatasi limit paylater tidak bisa digunakan. Disini kami akan membahas sedikit mengenai kenapa Dana Paylater tidak bisa digunakan. Perlu diketahui bahwa setiap layanan yang dihadirkan oleh beberapa aplikasi memang kerap ditemui beberapa masalah, seperti halnya limit tidak bisa digunakan untuk transaksi.

Masalah seperti sebenarnya juga terdapat di beberapa layanan paylater lainnya, seperti Lazada Paylater tidak bisa digunakan ataupun Akulaku tidak bisa digunakan yang sebelumnya sudah sempat kami bahasa. Pemecahan masalahnya pun juga tidak berbeda terlalu jauh. Kalian bisa melakukan beberapa cara yang nanti akan kami sampaikan. Untuk itu kalian bisa terus simak artikel pembahasan kali ini sampai akhir agar menemukan jawaban atas permasalahan ini.

Penyebab Dana Paylater Tidak Bisa Digunakan

Di pembahasan berikutnya, kami akan membahas mengenai apa penyebab yang menjadikan limit paylater Dana tidak dapat digunakan. Penyebab dalam suatu masalah memang harus dicari terlebih dahulu, hal ini agar nantinya kita dapat dengan mudah menemukan solusi pemecahan masalah tersebut. Nah untuk penyebab Dana Paylater tidak bisa digunakan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Masih Memiliki Tagihan

Mengapa Dana Paylater tidak bisa digunakan kemungkinan bisa saja dikarenakan kalian masih memiliki tagihan sebelumnya yang belum dibayarkan, atau bahkan sudah melewati jatuh tempo. Jika sudah demikian, pihak Dana Paylater tentu akan membekukan limit kredit untuk sementara waktu sampai kalian melunasi semua tagihan tersebut.

2. Sistem Error

Kemudian penyebab kedua adalah karena sistem server Dana error atau dalam perbaikan. Jika sudah terjadi masalah sistem seperti ini, biasanya beberapa fitur yang ada di dalamnya tidak bisa digunakan, salah satunya Dana Paylater tersebut. Untuk dapat menggunakannya, kalian hanya bisa menunggu sampai sistem sudah selesai diperbaiki dan bisa berjalan normal kembali.

3. Limit Tidak Mencukupi

Penyebab berikutnya bisa juga dikarenakan limit kredit Dana Paylater tidak mencukupi. Sebelum melakukan pembayaran transaksi di aplikasi Dana atau merchant rekanan Dana, kalian bisa memastikan lebih dulu apakah limit kredit tersedia atau tidak. Jika tidak, maka Dana Paylater tentu tidak bisa digunakan untuk metode pembayaran transaksi tersebut.

4. Melanggar Kebijakan

Lalu penyebab selanjutnya bisa jadi dikarenakan pengguna Dana Paylater tersebut sudah melanggar kebijakan. Hal ini tentu bukan hanya menyebabkan kalian tidak bisa menggunakan limit kredit paylater kalian, hal paling fatal disini adalah pemblokiran akun Dana Paylater oleh pihak penyedia layanan tersebut.

5. Skor Kredit Buruk

Kemudian yang terakhir adalah dikarenakan pengguna memiliki skor kredit buruk. Skor kredit buruk ini tentu menjadi pertimbangan penting pihak Dana Paylater untuk menyediakan akses menggunakan limit kredit. Jika pengguna pernah melakukan gagal bayar atau pembayaran melebih jatuh tempo, sudah pasti skor kredit yang dimiliki akan buruk.

Cara Mengatasi Dana Paylater Tidak Bisa Digunakan

Jika kalian sudah benar-benar mengetahui beberapa informasi penyebab diatas. Maka selanjutnya kami akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi limit paylater yang tidak bisa digunakan. Lebih jelasnya langsung saja simak cara di bawah ini.

1. Lunasi Tagihan

Cara pertama yang bisa kalian lakukan agar limit bisa digunakan kembali adalah dengan melunasi semua tagihan yang dimiliki. Namun biasanya pihak Dana Paylater akan memberikan beberapa tenggang waktu untuk mengevaluasi skor kredit pengguna tersebut, jika proses evaluasi dinyatakan lolos maka limit bisa digunakan kembali untuk bertransaksi. Penting diketahui, usahakan untuk tidak lagi melakukan pembayaran melebih batas tempo untuk menghindari skor kredit yang menurun.

2. Pastikan Limit Tersedia

Lalu untuk cara kedua dengan memastikan bahwa nilai total transaksi tidak melebih limit yang tersedia. Sebelum memutuskan melakukan pembayaran dengan metode paylater Dana, pastikan kembali bahwa limit paylater tersedia agar bisa digunakan.

3. Hapus Cache Aplikasi

Cara mengatasi agar Dana Paylater bisa digunakan kembali adalah dengan menghapus cache aplikasi. Cara ini mungkin bisa dilakukan jika kedua cara diatas belum berhasil, caranya juga cukup yakni dengan mengikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Pengaturan Aplikasi
  • Ketuk Kelola Aplikasi
  • Cari aplikasi DANA
  • Setelah itu tap Hapus Data -> Bersihkan Cache

4. Hubungi Call Center

Untuk cara terakhir adalah dengan menghubungi Call Center di nomor 1500445 atau bisa juga dengan mengirim email ke help@dana.id. Cara ini cukup kami rekomendasikan, karena kalian bisa berkomunikasi langsung dengan pihak Dana dan bisa mendapatkan jawaban pasti atas permasalahan tersebut.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai Dana Paylater tidak bisa digunakan. Penting diketahui bahwa masalah ini memang pernah dialami oleh sebagian kecil pengguna Dana Paylater. Penyebab umum biasanya dikarenakan adanya perbaikan sistem, sedangkan penyebab lainnya bisa dikatakan tidak cukup sering terjadi. Nah, untuk cara mengatasi, kami rasa kalian bisa langsung saja menghubungi pihak Dana agar permasalahan bisa cepat terselesaikan.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai Dana Paylater tidak bisa digunakan. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Farah

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Ternam di Indonesia. Yang Sekarang Sedang Melanjutkan Program S1 Ekonomi di Perguruan Negri di Jakarta. Selain Menulis di Myjourney.id, Saya Juga Menulis di Beberapa Forum Ternama.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *