Home / Asuransi / E Klaim BPJS Ketenagakerjaan : Cara Daftar & Klaim 2020

E Klaim BPJS Ketenagakerjaan : Cara Daftar & Klaim 2020

/

E Klaim BPJS Ketenagakerjaan – Seiring dengan berkembangnya pertumbuhan teknologi sekarang ini. Banyak sekali para perusahaan dunia termasuk di Indonesia yang mengembakan program dan juga layanan mereka untuk bisa di nikmati secara mudah oleh para konsumen. Hal ini juga dilakukan BPJS Ketenagakerjaan.

Dimana dalam upaya memberikan kemudahan bagi para anggota yang ingin melakukan klaim, saat ini mereka bisa melakukannya dengan hanya bermodal smartphone atau pun juga laptop dan pc dengan terkoneksi ke internet. Layanan baru yang di keluarkan BPJS tersebut adalah E Klaim BPJS Ketenagakerjaan.

Hadirnya layanan E Klaim BPJS Ketenagakerjaan ini tentu saja di harapkan akan lebih mempermudah proses klaim dana BPJS untuk layanan ketenagakerjaan. Namun bagi anda yang ingin melakukan klaim dana BPJS tersebut lewat layanan E Klaim, anda diharuskan mengetahui beberapa syarat dan ketentuan yang sudah di berikan oleh pihak BPJS.

Dengan begitu proses E Klaim BPJS Ketenagakerjaan sendiri akan bisa di proses dengan cepat oleh BPJS (Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial). Dan yang lebih menariknya lagi, dengan memanfaatkan layanan ini anda pun akan lebih simple dan cepat untuk bisa menyelesaikan proses E Klaim BPJS.

Cara Klaim dan Daftar E Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Cara E Klaim BPJS Ketenagakerjaan

 

 

Selain mengunakan layanan E Klaim BPJS Ketenagakerjaan, sebenarnya masih ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk bisa memproses klaim dana BPJS Ketenagakerjaan anda. Cara tersebut adalah car klasik yang harus mendatangi kantor BPJS di daerah anda. Dan biasanya hal ini akan membutuhkan kesabaran, terlebih lagi jika sedang ramai.  Untuk itulah mungkin anda juga harus mengetahui cara daftar dan cara klaim BPJS Ketenagakerjaan lewat online yang satu ini.

Cara Daftar E Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar E Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin melakukan klaim dana BPJS lewat layanan ini adalah membuat akun. Yang dimana pembuatan akun ini dapat di lakukan baik dengan menggunakan smartphone ataupun menggunakan pc deskotp. Untuk membuat akun ini pun sangatlah mudah sama seperti cara daftar E Payment BPJS Ketenagakerjaan yang sudah kami bagikan sebelumnya. Dan berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

#1 Membuka & Mengisi Data Diri di Form Pendaftaran

Silahkan buka situs resmi BPJS di alamat https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ setelah itu silahkan isi formulir yang di sediakan dengan benar mulai dari

  • Nomor KPJ Aktif
  • Nama
  • Tanggal Lahir
  • Nomor e-KTP
  • Nama Ibu Kandung
  • Nomor Handphone
  • Email

#2 Menunggu Email Berisi Kode Aktivasi

Kemudian setelah anda selesain mengisi data diri pada formulir diatas dan sudah mengirimkannya. Maka anda tinggal menunggu email dari pihal BPJS ke alamat email yang anda daftarkan. Dimana email ini berisi kode aktivasi yang harus anda masukan pada kolom yang tersedia dan klik Sumbit

#3 Pendaftaran Akun Telah Selesai

Jika anda sudah mendapatkan email berisi kode verifikasi seperti diatas dan sudah memasukannya maka secara otomatis akun anda sudah bisa digunakan untuk E Klaim BPJS Ketenagakerjaan. Jadi jangan tutup halaman tersebut.

Cara E Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

Proses pendaftaran dan pembuatan akun untuk E Klaim BPJS layanan Ketenagakerjaan sudah selesai. Setalah itu anda pastikan melakukan klaim melalui situs tersebut dengan menyerahkan beberapa dokumen dan mengisi formulir yang sudah disediakan. Adapun langkah-langkah yang harus anda kerjakan adalah sebagai berikut.

#1 Memilih Menu e-Klaim JHT

Jika sudah anda lakukan langkah diatas, anda akan di arahkan ke halaman BPJS Ketenagakerjaan Personal Service. Silahkan anda klik menu e-Klaim JHT. Oya untuk membuka halaman tersebut akun anda diharuskan sudah terverifikasi lewat langkah diatas.

#2 Mengisi Data Pengajuan Klaim Secara Lengkap

Tahapan selanjutnya untuk bisa anda melakukan E Klaim BPJS Ketenagakerjaan ini adalah melengkapi data yang diberikan pada halaman Pengajuan Klaim Elektronik tersebut. Dan data-data yang di butuhkan antara lain :

  • Pilihan Kartu Peserta BPJS : Pastikan anda memilih “KPJ”
  • Pilihan Aksi : Pastikan anda memilih “Pengajuan Klaim”
  • Jenis Klaim : Pastikan anda memilih sesuai kondisi, sebagai contoh “Mengundurkan Diri”

Apabila sudah semua anda isi form diatas, maka anda harus klik Sumbit Form dan perhatikan bagian “Informasi Transaksi”. Jika sudah silahkan klik Lanjutkan.

#3 Menyiapkan Dokumen untuk  E Klaim

Setelah anda klik lanjutkan pada halaman diatas, mak anda akan menerikan SMS atau email pemberitahuan nomor PIN. Kemudian anda diharuskan untuk mengisi lengkap formulir yang muncuk setelah proses diatas anda kerjakan. Yang dimana untuk formulir pada halaman tersebut biasanya meminta anda untuk menyerahkan dokumen pribadi seperti :

  • KTP
  • Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan/JAMSOSTEK
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Paklaring (surat keterangan berhenti bekerja yang dibuat dan diberikan oleh kantor perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya)
  • Buku tabungan bank

Setelah anda mengirimkan data tersebut, otomatis anda akan menerima sebuah email yang berisikan data pengajuan pencairan dana melalui fasilitas E Klaim. Selain itu dalam isi email tersebut juga memberitahukan lokasi cabang kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk validasi data.

#4 Validasi Data Oleh Pihak BPJS

Setelah melalui beberapa tahapan diatas, langkah selanjutnya yang harus dan kerjakan anda menunggu hingga anda mendapat panggilan untuk segera datang ke kantor BPJS di lokasi anda. Pada tahapan ini anda hanya perlu membawa dokumen-dokumen asli yang sudan anda kirimkan pada langkah diatsa untuk di validasi kesesuaiannya.

Nah itulah kiranya proses cara E Klaim BPJS Ketenagakerjaan baik itu cara daftarnya dan juga cara kliamnya. Dengan menggunakan metode diatas tentu saja pada saat proses mendatangi kantor cabang BPJS anda tidak perlu menunggu terlalu lama sehingga proses klaim pun akan segera terselesaikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar