Home / Keuangan / Jadwal BSU Bank BRI 2021 (Cara Cek, Syarat dan Prosedur Pencairan)

Jadwal BSU Bank BRI 2021 (Cara Cek, Syarat dan Prosedur Pencairan)

/
/
/

Jadwal BSU Bank BRI – Kapan dana BSU cair? Ini mungkin merupakan pertanyaan yang sering muncul di kalangan masyarakat, khususnya mereka yang sudah termasuk daftar penerima Bantuan Subsidi Upah pekerja. Nah disini kalian akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, karena kami akan membahas secara lengkap mengenai jadwal BSU Bank BRI, cara cek serta syarat dan prosedur pencarian dana tersebut.

BSU atau Bantuan Subsidi Upah ini diberikan kepada para pekerja di seluruh Indonesia. Hanya saja mereka yang mendapatkan hanya pekerja yang merupakan Warga Negara Indonesia, untuk pekerja asing yang ada di Indonesia tidak akan mendapatkan bantuan ini. Saat ini BSU tahap 1, 2 dan 3 telah selesai dicairkan ke para penerima. Berarti tinggal tahap 4 dan 5 yang kabarnya akan dicairkan paling cepat akhir bulan September dan paling lambat di akhir bulan Oktober.

Mengenai informasi kapan pencairan BSU ke pemilik rekening Bank BRI ini tentu tidak dapat dipastikan kapan tanggalnya. Karena menurut Kemnaker sendiri, pencairan dana bantuan BSU ini akan diberikan secara bertahap. Jadi bagi mereka para penerima bantuan yang sudah terdaftar hanya bisa menunggu atau mengecek secara berkala di rekening BRI mereka. Jadwal BSU Bank BRI ini tentu sama dengan JADWAL BSU BANK MANDIRI yang sebelumnya sudah kami bahas.

Hal ini mengingat Mandiri dan BRI merupakan bagian dari bank HIMBARA yang dipercaya sebagai penyalur BSU ke para penerima. Selain bank HIMBARA, pencairan dana juga dilakukan ke penerima yang memiliki rekening bank swasta seperti BCA dan CIMB Niaga. Baiklah daripada berlama-lama, langsung saja kita simak informasi lengkap terkait jadwal BSU Bank BRI, cara cek penerima dan syarat serta prosedur pencairan dana BSU ke rekening Bank BRI yang telah kami siapkan berikut ini.

Jadwal BSU Bank BRI

Apa Itu BSU?

Seperti biasa di pembahasan kali ini kami akan membahas lebih dulu mengenai apa itu BSU. Mungkin masih ada beberapa yang belum mengetahui apa itu BSU, BSU atau dikenal juga dengan Bantuan Subsidi Upah adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada mereka para pekerja/pegawai yang diharapkan dapat melindungi, mempertahankan serta meningkatkan kemampuan ekonomi para pekerja/buruh dalam penanganan dampak Covid-19.

READ  6 Cara Isi Saldo Flip Lewat Mandiri Online 2021 : Biaya & Minimal Isi

Cara Cek Daftar Penerima BSU Bank BRI

Cara Cek Daftar Penerima BSU Bank BRI

Nah seperti sudah kami singgung diatas bahwa untuk mengetahui bahwa kalian sudah terdaftar dan ter konfirmasi sebagai penerima BSU, kalian bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Ada 3 cara cek yang dapat kalian lakukan, pertama adalah melalui website BPJS Ketenagakerjaan, aplikasi BPJSTKU dan terakhir melalui website resmi Kemnaker. Adapun cara cek daftar penerima BSU Bank BRI adalah sebagai berikut.

1. Cek Penerima BSU Lewat Website BPJS Ketenagakerjaan

  • Buka laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Lalu isi data NIK, nama lengkap,dan tanggal lahir
  • Setelah menceklis, lalu klik Lanjutkan
  • Akan muncul keterangan lolos verifikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan oleh Kemnaker

2. Cek Penerima BSU Lewat Aplikasi BPJSTKU

  • Install Aplikasi BPJSTKU
  • Kemudian registrasi dengan email, dan cantumkan Nomor KPJ, NIK, tanggal lahir, dan Nama lengkap
  • Setelah itu lakukan login
  • Pilih kartu digital
  • Info mengenai ke pesertaan BPJS Anda pun akan muncul

3. Cek Penerima BSU Lewat Website Kemnaker

  • Buka website bsu.kemnaker.go.id. Setelah itu, buatlah akun di situs tersebut.
  • Isi semua kolom formulir dengan informasi yang dibutuhkan, lalu masukkan kode OTP yang didapat dari pesan teks di nomor terdaftar.
  • Setelah konfirmasi data-data pendaftaran dan email, silahkan kembali masuk ke akun kalian.
  • Silahkan lengkapi profil dengan biodata lengkap, termasuk status pernikahan, foto profil, dan lain sebagainya.
  • Setelah selesai, tunggu pemberitahuan mengenai masuk atau tidaknya kalian ke dalam daftar penerima subsidi gaji dari pemerintah ini.
  • Jika masuk, akan muncul notifikasi “Calon penerima BSU”, namun jika tidak, pemberitahuan yang muncul adalah “Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2021.”
  • Pekerja yang menerima BSU akan kembali mendapatkan notifikasi penyaluran yang bisa dicek pada situs Kemnaker tersebut.
  • Gunakan akun yang telah dibuat untuk masuk, kemudian tunggu notifikasi yang berbunyi “Dana BSU 2021 ter salurkan.”

Jadwal BSU Bank BRI

Jadwal Pencairan BSU Bank BRI

Sampailah kita di pembahasan utama kali ini, yakni mengenai jadwal BSU Bank BRI. Jadwal pencairan dana bantuan BSU tahap 5 dari pemerintah ini kabarnya akan diberikan kepada penerima secara bertahap. Menurut Ida Fauziah selalu Menaker, dana bantuan akan diberikan secepatnya akhir bulan September dan paling lambat akhir bulan Oktober. Beliau juga mengatakan bahwa penyaluran BSU Tahap ke-5 dengan data calon penerima BSU yang telah diserahkan ke pihak terkait kepada Kemnaker adalah 7.748.630 calon penerima.

READ  34 Pajak Honda CRV Semua Tahun Terbaru & Terlengkap 2021

Setelah melewati proses pemadanan data, BSU saat ini telah disalurkan sebanyak 4.911.200 orang penerima. Bantuan tersebut juga diberikan kepada karyawan yang memiliki rekening bank swasta seperti BCA dan CIMB Niaga dan Bank HIMBARA, BNI, BTN, BRI Mandiri dan BSI. Bagi mereka yang memiliki rekening bank swasta, dan belum mendapatkan uang Rp 1.000.000, mereka bisa melapor ke pihak BPJS Ketenagakerjaan atau Kemnaker.

Syarat & Prosedur Pencairan BSU di Bank BRI

Syarat Prosedur Pencairan BSU di Bank BRI

Penting diketahui juga bahwa untuk mendapatkan bantuan BSU dari pemerintah ini, ada beberapa syarat dan kriteria yang wajib dipenuhi. Adapun syarat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan NIK
  • Peserta yang masih aktif pada BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021
  • Memiliki upah paling besar Rp 3.5 juta
  • Bekerja di wilayah PPKM level 3 dan 4, serta bekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali pendidikan dan kesehatan.

Lalu mengenai prosedur pencairan, kami sampaikan sekali lagi bahwa pencairan dana BSU ini berbeda dengan CARA MENCAIRKAN BANTUAN UMKM yang sebelumnya sudah kami bahas. Disini kalian hanya perlu mengecek nomor rekening Bank BRI secara berkala. Karena disini tidak ada jadwal pasti kapan pencairan BSU dilakukan, namun pastinya dana tersebut akan selesai ditransfer ke rekening penerima paling lambat akhir bulan Oktober tahun 2021.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai jadwal BSU Bank BRI. Penting diketahui bahwa mereka yang sudah terdaftar serta ter konfirmasi sebagai penerima, dapat dipastikan dana tersebut akan masuk ke nomor rekening Bank BRI yang digunakan. Jika sampai batas waktu belum mendapatkan dana tersebut, kalian bisa mencoba untuk menghubungi atau mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di daerah kalian.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai jadwal pencairan BSU ke Bank BRI. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar