Jadwal BSU Bank Mandiri 2022 (Cara Cek, Syarat & Prosedur Pencairan)

Advertisements

Jadwal BSU Bank Mandiri – Pandemi Covid-19 memang menjadi salah satu pandemi yang sangat memiliki dampak buruk bagi perekonomian warga masyarakat di Indonesia. Banyak sekali para pekerja lepas/buruh maupun pegawai yang terkena dampaknya sehingga pemasukan mereka berkurang cukup drastis. Melihat akan hal ini, pemerintah Indonesia tentunya tidak tinggal diam, dimana pihak pemerintah juga turut membantu perekonomian warga agar terus bisa survive menjalani kehidupan sehari-hari dengan memberikan bantuan, baik uang tunai maupun sembako.

Bantuan tersebut juga bermacam-macam seperti BLT, BST, BSU, BANTUAN UMKM bagi pelaku usaha mikro dan masih ada beberapa jenis bantuan lainnya. Membahas mengenai bantuan, di pertemuan kali ini myjourney.id akan memberikan informasi terkait Bantuan Subsidi Upah atau BSU bagi para pekerja/buruh. Penting diketahui bahwa BSU ini diberikan secara bertahap di tahun ini, yakni tahap 1, 2, 3, 4 dan 5. Besaran bantuan BSU yang diberikan adalah sebesar Rp 1.000.000 yang dapat dicarikan melalui rekening Bank HIMBARA dan juga bank swasta.

Pencairan tersebut akan diberikan selama 2 bulan, jadi di bulan pertama dan kedua, para penerima BSU akan mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 500.000. Membahas mengenai BSU, di topik utama pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai jadwal BSU Bank Mandiri. Pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh beberapa orang, penting diketahui bahwa untuk jadwal BSU Bank Mandiri ini kabarnya akan dikirimkan ke rekening Bank Mandiri penerima mulai dari bulan September hingga Oktober.

Jadwal pasti kapan pencairan BSU bisa dicairkan ke pemilik rekening Bank Mandiri tidak di informasikan dengan jelas baik oleh Kemnaker maupun pihak Bank Mandiri. Maka dari itu para pekerja/buruh bisa selalu mengecek apakah dana BSU sudah masuk ke rekening Bank Mandiri atau belum. Baiklah daripada penasaran terkait pembahasan mengenai jadwal BSU Bank Mandiri kapan cair, kalian dapat simak informasi lengkap yang telah kami siapkan di bawah ini.

Jadwal BSU Bank Mandir

Apa Itu BSU?

Sebelum kita ke pembahasan utama mengenai jadwal BSU Bank Mandiri, alangkah baiknya jika kalian mengetahui lebih dulu apa itu BSU. BSU adalah bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah untuk melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja/buruh dalam penanganan dampak Covid-19.

Jadwal BSU Bank Mandiri

Jadwal Pencairan BSU Bank Mandiri

Mengenai informasi jadwal pencairan BSU Bank Mandiri, seperti sudah dijelaskan diatas bahwa jadwal pencairan bantuan subsidi upah ini diberikan secara bertahap, dimana saat ini sudah mencapai tahap 3, 4 dan 5. Kabarnya para penerima BSU sudah bisa mencairkan bantuan tersebut di bulan September hingga Oktober. Nah jadwal pasti pencarian dana bantuan ini tidak di informasikan secara jelas, jadi pihak Kemnaker maupun bank terkait yang bekerjasama juga tidak memberikan informasi kapan pastinya dana tersebut bisa masuk ke rekening penerima.

Perlu diketahui juga bahwa dana BSU bisa cair ke penerima apabila data pekerja sudah di verifikasi oleh Kemnaker. Setelah data telah selesai di verifikasi, Kemnaker akan mengubah status calon penerima BSU menjadi ditetapkan. Pekerja dapat melihat atau mengecek status dan notifikasi terbaru di akun kemnaker.go.id. Kemudian jika pekerja sudah ditetapkan sebagai penerima BSU tahap 3, 4 dan 5, nantinya pihak bank akan berkoordinasi dengan pihak perusahaan untuk pembukaan rekening HIMBARA.

Cara Cek Penerima BSU Bank Mandiri

Cara Cek Penerima BSU Bank Mandiri

Untuk mengetahui apakah kalian sudah masuk dalam daftar penerima BSU, kalian bisa mengecek melalui laman BPJS Ketenagakerjaan ataupun melalui aplikasi BPJSTKU. Adapun langkah-langkah cek penerima BSU bisa kalian simak di bawah ini.

1. Cara Cek Penerima BSU Lewat Website BPJS Ketenagakerjaan

  • Buka https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Kemudian isi data NIK, nama lengkap,dan tanggal lahir
  • Setelah menceklis, lalu klik Lanjutkan
  • Akan muncul keterangan lolos verifikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan oleh Kemnaker.

2. Cara Cek Penerima BSU Lewat Aplikasi BPJSTKU

  • Install Aplikasi BPJSTKU
  • Kemudian registrasi dengan email, dan cantumkan Nomor KPJ, NIK, tanggal lahir, dan Nama lengkap
  • Setelah itu lakukan login
  • Pilih kartu digital
  • Info mengenai ke pesertaan BPJS Anda pun akan muncul

Syarat & Cara Pencairan BSU Bank Mandiri

Syarat Cara Pencairan BSU Bank Mandiri

Setelah kita mengetahui pasti informasi jadwal BSU Bank Mandiri kapan cair. Berikutnya kita akan membahas mengenai informasi syarat dan cara pencairan dana BSU lewat rekening Bank Mandiri. Penting diketahui bahwa ada beberapa syarat untuk bisa mendapatkan dana BSU ini, diantaranya adalah:

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan NIK
  • Peserta yang masih aktif pada BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021
  • Memiliki upah paling besar Rp 3.5 juta
  • Bekerja di wilayah PPKM level 3 dan 4, serta bekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali pendidikan dan kesehatan.

Untuk soal pencairan dana BSU lewat rekening Bank Mandiri, dana ini akan langsung ditransfer ke rekening penerima secara bertahap. Bagi kalian yang mungkin memiliki rekening Bank HIMBARA namun bermasalah pada saat bank akan mentransfer, mulai dari REKENING DORMANT, rekening tidak valid, rekening sudah ditutup atau dibekukan. Penerima bisa melakukan pembukaan rekening baru secara kolektif.

Cara untuk mengetahui bahwa telah dibukakan rekening kolektif adalah dengan mengakses laman bsu.kemnaker.go.id. Setelah membuat akun, kalian bisa masuk ke menu profil, nantinya akan didapatkan status penetapan calon, penerima bantuan sampai pencairan bantuan. Disamping itu, akan muncul juga informasi rekening baru yang dibuatkan secara kolektif.

Untuk mengetahui rekening baru tersebut, penerima bisa menghubungi pihak HRD untuk mengetahui jadwal aktivasi rekening baru. Dana BSU bisa digunakan setelah rekening sudah diaktivasi paling lambat 15 Desember 2021. Nah apabila belum diaktivasi, maka dana akan kembali ke kas negara.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai jadwal BSU Bank Mandiri. Kami sendiri juga memberikan informasi lain seperti cara cek penerima, syarat dan juga cara pencairan dana BSU tersebut. Kami sampaikan sekali lagi terkait jadwal pencarian BSU lewat rekening Bank Mandiri ini adalah per September sampai paling lambat akhir Oktober. Maka dari itu kalian bisa cek secara berkala ke rekening yang terdaftar.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai jadwal BSU Bank Mandiri. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Advertisements

Farah

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Ternam di Indonesia. Yang Sekarang Sedang Melanjutkan Program S1 Ekonomi di Perguruan Negri di Jakarta. Selain Menulis di Myjourney.id, Saya Juga Menulis di Beberapa Forum Ternama.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.