Home / Bank / √ Kartu ATM BNI Tertelan : 10 Penyebab, Solusi & Biaya

√ Kartu ATM BNI Tertelan : 10 Penyebab, Solusi & Biaya

/

Kartu ATM BNI Tertelan – Sebelum adanya fasilitas digital perbankan yang dihadirkan oleh bank-bank di Indonesia,salah satunya adalah Bank BNI. Kartu ATM menjadi salah satu yang paling banyak digunakan oleh nasabah, walaupun tidak semua nasabah dapat menggunakan fasilitas kartu ATM tersebut. Berbicara mengenai kartu ATM BNI, penggunaan kartu ATM bisa dikatakan cukup mudah, hanya saja kalian harus benar-benar memperhatikan ketika selesai menggunakannya. Karena tidak jarang dari sekian banyak pengguna yang lupa mengambil ATM tersebut dan alhasil kartu tersebut tertelan oleh mesin.

Kemudian kartu ATM BNI yang sudah lama atau rusak juga kurang diperhatikan sehingga memungkinkan ATM tersebut juga tertelan pada saat digunakan. Nah membahas mengenai kartu ATM BNI, di pertemuan kali ini myjourney.id akan memberikan informasi terkait penyebab dan solusi serta biaya ganti kartu ATM BNI tertelan. Kasus seperti ini mungkin sudah cukup sering terjadi di kalangan nasabah. Banyak juga dari mereka yang terkadang panik ketika kartu ATM BNI miliknya tertelan oleh mesin ATM tersebut. Untuk cara mengatasi kasus seperti ini, kalian dapat langsung mengunjungi kantor cabang BNI setempat.

Penting diketahui juga bahwa ketika kalian mengalami masalah kartu ATM BNI tertelan, kalian diwajibkan untuk membuat surat kehilangan di Kantor Kepolisian. Dan siapkan juga biaya yang harus dibayarkan ketika mengurus kartu yang tertelan. Namun sebelum itu, mengetahui apa saja penyebab kartu ATM tertelan juga diperlukan agar nantinya kalian tidak mengalami masalah seperti ini. Selain lupa mengambil kartu ATM setelah transaksi, kartu ATM rusak atau sistem server offline juga menjadi beberapa penyebab yang membuat kartu ATM akan tertelan oleh mesin ATM tersebut.

Jika lokasi mesin ATM yang menelan kartu berada jauh, kalian tentu mau tidak mau harus mengganti kartu ATM tersebut. Nah ada juga syarat serta biaya yang diperlukan untuk MENGGANTI KARTU ATM kalian. Informasi terkait akan hal itu nanti akan kami sampaikan juga di pembahasan utama kali ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai penyebab dan solusi mengatasi kartu ATM BNI tertelan yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

Kartu ATM BNI Tertelan

Penyebab Kartu ATM BNI Tertelan

Seperti yang sudah kami singgung diatas bahwa kasus seperti ini memiliki beberapa penyebab. Jika kita mengetahui penyebabnya lebih dulu, kemungkinan terjadi ATM tertelan bisa kita meminimalisir. Baiklah lebih jelasnya simak penyebab kartu ATM BNI tertelan berikut ini.

1. Kartu ATM Rusak

Penyebab pertama adalah kartu ATM yang digunakan sudah lama dan rusak. Ini menjadi salah penyebab yang sering dialami oleh pengguna ATM bank BNI. Mereka terkadang lupa untuk mengecek apakah kartu tersebut masih layak digunakan atau tidak. Jadi jika terjadi masalah seperti ini, mereka harus mau menerima resiko karena kurang memperhatikan kondisi kartu tersebut.

2. Server BNI Error

Selain penyebab pertama tadi, mesin ATM atau sistem server dari Bank BNI error juga menjadi penyebab kartu tersebut tertelan. Untuk masalah ini bisa dikatakan murni kesalahan sistem, tidak ada campur tangan dari pihak kita sendiri, kalian bisa segera menghubungi pihak bank terkait agar masalah bisa segera teratasi.

3. Lupa Mengambil Kartu ATM Setelah Selesai Transaksi

Lupa mengambil kartu ATM setelah transaksi selesai juga bisa menjadi penyebab kartu ATM kalian tertelan oleh mesin. Banyak sekali kasus seperti ini yang dialami oleh nasabah Bank BNI. Padahal ada jeda waktu ketika kartu ATM keluar setelah selesai transaksi. Nah jika kartu tidak diambil maka besar kemungkinan mesin akan menelan kartu ATM tersebut.

4. Mesin ATM Bermasalah (Tindak Kejahatan/Skimming)

Penyebab terakhir ini yang cukup meresahkan, yakni karena adanya aktivitas atau tidak kejahatan dari pihak tidak bertanggung jawab. Dimana mereka akan menaruh alat yang dapat membuat ATM tersebut tertelan. Terkadang ada beberapa nasabah yang panik dan langsung meninggalkan mesin ATM, padahal disini kalian harus tetap tinggal di lokasi mesin agar terhindar dari kejahatan Skimming ini.

Solusi Kartu ATM BNI Tertelan

Solusi Kartu ATM BNI Tertelan

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, selanjutnya kami akan memberikan beberapa solusi untuk masalah ATM tertelan. Lebih jelasnya langsung saja simak berikut ini.

1. Usahakan Tidak Panik

Solusi pertama adalah usahakan untuk tidak panik jika terjadi masalah seperti ini. Kalian hanya perlu menunggu di lokasi tersebut untuk menghindari adanya tidak kejahatan. Jika lokasi tersebut terdapat antrean, kalian coba jelaskan kepada mereka bahwa mesin bermasalah.

2. Hubungi atau Datangi Kantor Bank Terdekat

Setelah itu kalian dapat hubungi CS Bank BNI atau jika lokasi mesin ATM berdekatan dengan kantor BNI, kalian bisa sampaikan masalah ini kepada Satpam. Nantinya Satpam akan membantu untuk mengatasi masalah tersebut. Usahakan juga untuk meminta bantuan kepada pihak bank untuk memblokir kartu ATM dan rekening sementara waktu.

3. Buat Surat Kehilangan di Kepolisian

Biasanya pihak Bank akan meminta lebih dulu kepada nasabah untuk mengurus surat kehilangan di Kantor Kepolisian. Kalian bisa langsung mengurus surat tersebut dan siapkan juga biaya yang nantinya harus dibayarkan untuk pembuatan surat tersebut.

4. Urus Proses Ganti Kartu ATM

Langkah terakhir, kalian bisa segera datangi kantor bank setempat dengan membawa persyaratan seperti surat kehilangan, buku rekening tabungan dan uang untuk biaya admin ganti kartu ATM di Bank BNI. Nantinya CS akan segera mengurus pembuatan ATM Baru.

Biaya Ganti Kartu ATM BNI Tertelan

Biaya Ganti Kartu ATM BNI Tertelan

Untuk perihal biaya, apabila lokasi mesin masih dekat dengan area Bank BNI, maka kalian tidak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Sedangkan jika lokasi mesin ATM cukup jauh, maka kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 untuk penggantian. Selain itu, kalian sudah pasti akan dikenakan biaya ketika membuat surat kehilangan di Kantor Polis.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai kartu ATM BNI tertelan. Sebenarnya jika kalian mengalami masalah tersebut, kalian tidak panik dan khawatir. Mintalah lebih dulu kepada pihak bank terkait untuk memblokir sementara agar terhindar dari tindak kejahatan. Kalian bisa membuat surat kehilangan lebih dulu di kantor kepolisian, setelah itu baru mengurus penggantian kartu di kantor bank setempat yang dekat dengan daerah kalian.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai penyebab dan cara mengatasi kartu ATM BNI tertelan. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar