Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan ? Ini Penyebab dan Solusinya

Advertisements

Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan – Kartu ATM BRI adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh pihak perbankan kepada para nasabahnya. Dimana mereka nantinya bisa mendapatkan kemudahan ketika melakukan transaksi keuangan seperti tarik tunai, transfer, pembayaran, pembelian melalui mesin ATM. Walaupun saat ini nasabah sudah banyak yang menggunakan aplikasi Mobile Banking dan Internet Banking, namun bagi sebagian lagi, kartu ATM masih tetap menjadi pilihan utama mereka.

Ada juga beberapa nasabah yang mungkin menjadikan M Banking prioritas utama mereka dalam hal transaksi, karena kartu ATM BRI tersebut kerap mengalami masalah seperti kartu ATM BRI tidak bisa digunakan. Ada beberapa penyebab yang mungkin menjadikan kartu ATM BRI tersebut tidak dapat digunakan. Nah mengenai poin itu, disini myjourney.id akan menjelaskan secara detail mengenai apa yang menjadi penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan dan juga bagaimana cara mengatasinya.

Kartu ATM BRI tidak bisa digunakan juga bisa mencakup beberapa hal, seperti tarik tunai Kartu ATM BRI gagal, kartu ATM BRI tidak bisa transfer dan lain sebagainya. Membahas sedikit mengenai penyebab tersebut, penting diketahui bahwa adanya masalah tersebut bisa saja berasal dari mesin ATM, bukan dari kartu ATM BRI yang dipakai oleh kalian. Karena mesin ATM error atau adanya kerusakan pada bagian slot kartu ATM sehingga ATM tidak masuk atau bahkan bisa saja tertelan oleh mesin tersebut.

Kemudian untuk soal cara mengatasi Kartu ATM BRI tidak bisa digunakan, disini kalian bisa langsung saja mengunjungi kantor Bank BRI setempat. Apakah ada cara lain selain itu? Kami rasa tidak ada, dengan mendatangi kantor BRI, kalian akan lebih mudah menemukan solusi dari pihak bank. Baiklah, untuk pembahasan lengkapnya lebih baik langsung saja simak informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi kartu ATM BRI tidak dapat digunakan yang telah myjourney.id siapkan di bawah ini.

Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan

Penyebab Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan

Di awal pembahasan, kami akan memberikan informasi terkait apa saja yang menjadi penyebab mengapa kartu ATM BRI tidak dapat digunakan untuk transaksi. Ada beberapa poin yang akan kami jelaskan di bawah ini, daripada penasaran langsung saja simak berikut ini.

1. Kartu ATM BRI Disable

Penyebab pertama biasanya dikarenakan kartu ATM BRI Disable. Jika sudah demikian, dapat dipastikan bahwa kalian tidak akan bisa menggunakan kartu ATM tersebut untuk transaksi. Biasanya ada beberapa penyebab kenapa ATM BRI Disable, yang paling umum adalah karena adanya tindak mencurigakan atau skimming yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Maka dari itu pihak bank akan langsung melakukan disable untuk menjaga keamanan akun nasabahnya.

2. Mesin ATM Offline

Penyebab selanjutnya dikarenakan mesin ATM Offline atau dalam perbaikan. Seperti sudah kami singgung diatas bahwa bukan hanya berasal dari kartu ATM saja, mesin ATM rusak juga bisa menjadi penyebab kartu ATM tidak dapat digunakan untuk transaksi.

3. Saldo Dibawah Minimum

Lalu saldo di bawah minimum juga bisa menjadi penyebab kartu ATM tidak bisa digunakan. Sudah pasti, biasanya penarikan bisa dilakukan apabila saldo minimum Rp 50.000. Jika penarikan dilakukan melebihi saldo minimum, maka transaksi tidak dapat dilakukan pastinya.

4. Kartu ATM Belum Menggunakan Chip

Penyebab kartu ATM BRI tidak bisa di gunakan berikutnya adalah pengguna belum melakukan upgrade Kartu ATM BRI ke Chip. Seperti kita ketahui bahwa saat ini setiap Kartu ATM/Debit dan juga Kartu Kredit diwajibkan untuk menggunakan kartu berbasis Chip. Jika ada nasabah yang belum menggantinya, maka mereka tidak dapat lagi menggunakan kartu ATM tersebut.

5. Salah Memasukkan PIN ATM

Lalu terakhir bisa juga dikarenakan salah memasukkan PIN. PIN menjadi akses utama untuk memulai transaksi di mesin ATM. Jika salah memasukkan PIN 3 kali berturut-turut, maka kartu ATM akan diblokir dan kalian sudah tidak bisa menggunakannya kembali sebelum mengurus ke kantor untuk diaktifkan kembali.

Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan

Kemudian untuk cara mengatasinya, disini kami lebih menyarankan untuk mendatangi kantor cabang BRI setempat. Sampaikan kepada Petugas Bank BRI bahwa kalian tidak bisa menggunakan kartu ATM BRI untuk transaksi. Nantinya pihak bank akan menjelaskan kenapa kartu tersebut tidak bisa digunakan. Nah untuk perihal biaya, kalian bisa mengetahui apabila masalah yang dialami sudah disampaikan oleh petugas. Biaya tersebut juga mungkin hanya berkisar antara Rp 15.000 sampai Rp 50.000. Jadi kami sarankan untuk membawa uang sebagai jaga-jaga jika nanti ada biaya admin yang harus dibayarkan.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai kartu ATM tidak bisa digunakan. Disini kami bisa menarik kesimpulan bahwasanya kartu ATM tidak dapat digunakan untuk transaksi biasanya dikarenakan mesin ATM sedang dalam perbaikan. Untuk penyebab lain seperti kami sebutkan diatas kemungkinan hanya berapa persen saja. Kemudian untuk solusinya, kami menyarankan untuk mendatangi kantor cabang BRI setempat langsung, tidak perlu menghubungi call center atau metode lainnya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai penyebab dan solusi kartu ATM BRI tidak bisa digunakan. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Advertisements

Farah

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Ternam di Indonesia. Yang Sekarang Sedang Melanjutkan Program S1 Ekonomi di Perguruan Negri di Jakarta. Selain Menulis di Myjourney.id, Saya Juga Menulis di Beberapa Forum Ternama.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.