√ Kartu Kredit Gagal Transaksi : 9 Alasan & Cara Mengatasi | Myjourney
Home / Keuangan / √ Kartu Kredit Gagal Transaksi : 9 Alasan & Cara Mengatasi

√ Kartu Kredit Gagal Transaksi : 9 Alasan & Cara Mengatasi

/

Kartu Kredit Gagal Transaksi – Memiliki sebuah fasilitas kartu kredit memang sangat memudahkan pengguna melakukan berbagai macam transaksi. Maka dari itu tak heran jika saat ini pengajuan pemilikan kartu kredit cukup meningkat di setiap tahunnya. Namun untuk penggunaan kartu kredit harus benar-benar bijak dalam menggunakannya, jika kalian tidak ingin merugi nantinya. Berbicara mengenai kartu kredit, saat ini kalian bisa memilih beberapa jenis kartu kredit terbaik yang dikeluarkan oleh bank-bank terbaik di Indonesia seperti, Mandiri, BRI, BNI, BCA, CIMB Niaga, Permata dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang memiliki kartu kredit, alangkah baiknya untuk selalu memperhatikan beberapa hal agar nantinya setiap transaksi yang dilakukan berjalan lancar dan jangan sampai kartu gagal transaksi karena pastinya akan sangat memalukan bukan? Nah untuk poin-poin tersebut adalah seperti selalu membayar iuran tahunan secara rutin, pembayaran tagihan tepat tidak melebihi batas tempo dan perhatikan masa aktif kartu kredit tersebut. Jika semua poin-poin tersebut telah kalian perhatikan, maka tidak akan mengalami kasus kartu kredit gagal transaksi atau ditolak.

Kartu kredit gagal transaksi atau ditolak ini mungkin pernah dialami oleh beberapa pengguna. Bagi pengguna KARTU KREDIT MANDIRI, BCA, BNI atau lainnya yang mungkin belum pernah mengalami kejadian seperti ini, kami akan memberikan beberapa alasan/penyebab mengapa kartu kredit gagal transaksi dan bagaimana cara mengatasi agar hal tersebut tidak terjadi. Terkadang masih ada beberapa pengguna yang kurang teliti dalam menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi pembayaran, dimana mereka juga kerap melakukan kesalahan sehingga tak sadar jika hal tersebut bisa dikatakan cukup fatal dan mengakibatkan kartu kredit yang digunakan menjadi bermasalah.

Untuk menghindari kartu kredit gagal atau ditolak, pertama harus mengetahui apa alasan mengapa kartu kredit tersebut ditolak, dan kedua adalah bagaimana cara mengatasi agar kartu kredit yang dimiliki bisa digunakan kembali. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai alasan dan cara mengatasi kartu kredit gagal transaksi yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

Kartu Kredit Gagal Transaksi

Alasan Kartu Kredit Gagal Transaksi

Seperti sudah kami singgung diatas bahwa ada beberapa alasan mengapa kartu kredit gagal yang dapat kalian ketahui. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja simak berikut ini.

1. Kartu Kredit Expired

Alasan mengapa transaksi kartu kredit bisa gagal adalah karena kartu tersebut telah expired. Ya, setiap kartu kredit sudah pasti memiliki masa aktif, dan bisa dilihat di kartu tersebut.

2. Terlambat Bayar Tagihan

Alasan berikutnya adalah karena terlambat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit. Jika sudah demikian, pihak biasanya akan memblokir kartu kredit sampai pengguna melunasi tagihan atau tunggakan di bulan-bulan sebelumnya.

3. Salah Memasukkan PIN Kartu Kredit

Nah untuk alasan berikutnya adalah karena pengguna salah memasukkan PIN kartu kredit. Seperti kita ketahui bahwa saat ini transaksi menggunakan kartu kredit sudah wajib menggunakan PIN. Ketika pengguna salah memasukkan PIN, maka otomatis transaksi kartu kredit ditolak.

4. Transaksi Over Limit

Penyebab kartu kredit ditolak yang keempat adalah karena transaksi melebihi limit kartu kredit. Setiap kartu tentunya memiliki limit yang terbatas, maka jika transaksi melebihi limit sudah dapat dipastikan transaksi tidak bisa diproses atau gagal.

5. Kewaspadaan Bank

Dan penyebab berikutnya adalah karena adanya kewaspadaan dari pihak bank. Merespon semakin maraknya penipuan kartu, banyak penerbit kartu kredit sangat memperhatikan pembelian-pembelian yang terjadi di luar pola tetap. Terlebih konsumen juga tidak dikenakan tanggung jawab untuk membayar transaksi yang terindikasi penipuan.

6. Iuran Tahunan Tidak Dibayar

Ingat betul bahwa kartu kredit memiliki sisa Rp 1 juta, sementara belanjaan kalian seharga Rp 750.000, tapi kenapa transaksi gagal? Perlu diingat-ingat kembali, apakah sudah membayar iuran tahunan sebesar Rp 300.000? Jika kartu sudah mendekati limit dan iuran tahunan dikenakan, kalian berisiko mengalami gagal transaksi karena dana tidak cukup.

7. Kesalahan Informasi Ketika Transaksi Online

Kartu kredit gagal transaksi berikutnya adalah karena adanya kesalahan informasi ketika melakukan transaksi online, karena biasanya diharuskan mengisi data-data.

8. Penonaktifan Kartu Tambahan

Penyebab berikutnya kenapa kartu kredit gagal transaksi adalah karena adanya perbuahan yang dilakukan oleh pemegang kartu primer. Jika menjadi pemegang kartu kredit tambahan dan kemudian pemilik kartu utama melakukan penonaktifan, maka otomatis kartu kredit kalian tidak dapat digunakan. Hal ini dikarenakan kartu kredit tambahan dapat digunakan selama pemilik kartu utama mengizinkan.

9. Ada Dana yang Ditahan

Dan terakhir adalah karena ada dana yang tertahan. Ketika kalian memesan kamar hotel, menyewa mobil atau mengisi bensin dengan kartu kredit, biasanya ada beberapa dana yang akan ditahan untuk menjadi kecukupan dana yang dimiliki sebagai pembayaran. Misalnya kalian hanya ingin mengisi bensin Rp 100 ribu, tetapi alat gesek elektronik secara otomatis menahan Rp 300 ribu pada kartu tersebut.

Jika limit kartu kredit tersisa Rp 150 ribu, transaksi bisa ditolak untuk pembelian bensin Rp 100 ribu. Maka, secara tidak sengaja telah dianggap melakukan pembelanjaan yang melebihi limit tersedia. Ketentuan waktu pengembalian masing-masing penerbitan juga berbeda-beda.

Cara Mengatasi Kartu Kredit Ditolak (Decline)

Cara Mengatasi Kartu Kredit Ditolak

Setelah mengetahui semua alasan mengapa kartu kredit gagal transaksi, maka berikutnya kalian dapat simak beberapa cara mengatasi agar kartu dapat digunakan seperti sedia kala berikut ini.

  • Jika kartu expired, kalian bisa menghubungi bank penerbit untuk menyelesaikan masalah ini. Harusnya kalian jeli dalam memperhatikan masa aktif kartu tersebut, kalian bisa menghubungi bank penerbit 1 bulan sebelum masa aktif berakhir. Walaupun demikian, biasanya 1 minggu sebelum masa berakhir, pihak bank sudah mengirimkan kartu pengganti untuk nasabah nya.
  • Lunasi semua tunggakan yang kalian miliki agar kartu kredit bisa digunakan kembali. Kalian bisa menghubungi Customer Care untuk melunasi semua tagihan kalian. Usahakan untuk tidak melakukan telat bayar karena hal ini bisa memperburuk riwayat kredit yang kalian miliki.
  • Apabila gagal transaksi dikarenakan kesalahan memasukkan PIN, kalian bisa mencoba memasukkan PIN sekali lagi dan jangan sampai salah sebanyak 3 kali berturut-turut karena bisa menyebabkan kartu terblokir.
  • Usahakan untuk memperhatikan pengeluaran belanjaan kalian, jangan sampai melebihi limit kartu kredit jika tidak ingin transaksi gagal.
  • Lakukan pembayaran iuran tahunan secara rutin jangan sampai telat.
  • Untuk proses transaksi melalui online, pastikan kalian mengisi data dengan benar, karena sekecil apapun kesalahan yang dilakukan bisa membuat kartu kredit ditolak.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, dapat dilihat bahwa ada banyak sekali penyebab mengapa transaksi kartu kredit bisa gagal. Nah untuk mengatasi hal ini, kalian memang harus benar-benar memperhatikan beberapa hal diatas agar transaksi dapat berjalan lancar tanpa mengalami kegagalan. Dan paling penting adalah teliti.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai alasan dan cara mengatasi kartu kredit gagal transaksi yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja informasi lengkap yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar