Home / Investasi / 13 Keuntungan Investasi Emas yang Harus Kamu Tahu

13 Keuntungan Investasi Emas yang Harus Kamu Tahu

/

Keuntungan Investasi Emas – Ada banyak sekali orang yang menganggap bahwa melakukan invesatasi dana dalam bentuk emas tidak bisa memberikan dampak positif bagi mereka. Namun sebenarnya hal tersebut salah, mengingat jika di lihat dari banyak sisi, kita akan bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan jika melalukan invesatasi emas.

Salah satunya adalah bisa menjadi salah satu bentuk jaminan dan juga dapat di cairkan dalam waktu cepat. Dua hal tersebut merupakan sedikit dari keuntungan investasi emas yang akan bisa anda dapatkan apabila melakukan investasi ini dengan baik dan benar. Kenapa sebagian kecil? karena pada dasarnya selain dua hal tersebut masih ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Dan bagi anda yang mungkin baru mulai menjalankan investasi emas ini, tentu akan akan ada beberapa kesulitan karena memang masih kurangnya pengetahuan. Namun hal tersebut tidak perlu anda khawatirkan karena saat ini anda bisa invesatasi emas di Tokopedia yang mana prosesnya terbilang sangatlah mudah.

Dilain sisi jika di telaah lebih dalam, sebenarnya banyak anggapan yang salah bila menganggap bahwa invesatasi emas ini salah. Kenapa, karena jika di lihat dari inflasi harga emas yang ada saat ini bisa dikatakan terus meningkat. Maka dari itu menggelontorkan dana yang anda miliki untuk investasi emas dalam jangka panjang sangatlah banyak keuntungannya.

Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Kamu Tahu

Keuntungan Investasi Emas
Keuntungan Investasi Emas

Maka dari itu seperti terlihat pada judul artikel diatas, pada kesempatan kali ini akan kami bagikan beberapa manfaat dan keuntungan investasi emas yang mungkin perlu untuk anda ketahui agar anda tidak salah kaprah ketika menganggap investasi emas ini tidak menguntungkan. Oleh karena itu silahkan lihat daftarnya berikut ini.

1. Invesatsi yang Bebas Pajak

Salah satu keuntungan investasi emas yang mungkin tidak banyak orang ketahui adalah tidak adanya pengenaan pajak atas penjualan yang anda lakukan. Dengan begitu, tentu saja seluruh hasil dari penjualan emas yang kalian lakukan seluruhnya masuk ke kantong kita. Namun perlu di ingat bahwa saat melakukan pembelian emas baik perhiasan ataupun emas antam anda akan di kenakan Pajak  Penambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh).

2. Sangat Mudah Dicairkan

Selain keuntungan yang kami tulis diatas, anda pun juga akan memperoleh keuntungan lain yakni berupa mudahnya pencairan dana emas yang anda invesatsikan tersebut. Dan ini merupakan jenis keuntungan yang menurut kami sangat menarik karena tidak semua instrumen investasi bisa mencairkan dana secepat mencairkan dana invesatsi emas.

3. Bisa Dilakukan Secara Online

Seperti diatas kami sampaikan, kini juga proses investasi emas ini dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan layanan online seperti lewat Tokopedia ataupun media online lain yang menyediakan layanan tabungan atau invesatasi emas.

4. Risiko Kerugian yang Sangat Kecil

Keuntungan investasi emas yang selanjutnya adalah memiliki nilai kerugian yang sangat kecil seperti sudah kami jelaskan pada artikel mengenai investsai menguntungkan untuk masa depan dengan modal kecil. Hal ini tentu saja disebabkan karena Emas sendiri dikenal dengan volatilitas harga yang cukup statis dalam jangka pendek. Sehingga risiko yang akan anda dapatkan pun terbilang cukup kecil.

5. Minim Biaya Perawatan dan Mudah Disimpan

Hal lain yang bisa dibilang menjadi salah satu keuntungan investasi emas adalah mudahnya penyimpanan dan juga minimnya biaya perawatan yang harus anda keluarkan. Karena pada dasarnya emas sendiri tidak harus selalu di rawat namun yang terpenting adalah menempatkannya pada tempat yang aman.

6. Jenis Invesatasi yang Bisa Dimulai dengan Nilai Kecil

Nah ini menjadi keuntungan investasi emas yang paling menarik untuk dibahas. Kenapa karena untuk jenis invesatsi ini kita akan dapat memulainya dengan nilai kecil sekalipun. Bahkan seperti kami jelaskan diartikel sebelumnya, kita dapat melakukan investasi dengan modal sebesar Rp 500 rupiah saja loh.

7. Emas Dapat Melindungi Kekayaan

Perlu di ketahui bahwa emas juga bisa di jadikan sebagai pelindung kekayaan yang anda miliki. Kenapa karena nilai tukar yang akan anda dapatkan baik itu dalam jangka pendek ataupun panjang tidak akan jauh dari harga beli awalnya. Berbeda jika anda melakukan invesatasi dalam bentuk kendaraan yang mana semakin lama nilai tukarnya akan semakin menurun.

8. Harga Emas yang Selalu Cenderung Meningkat

Meski peningkatan harga emas yang bisa dibilang cukup pelan, akan tetapi investasi dana dalam bentuk emas ini memiliki prospek yang amat sangat menjanjikan. Dengan demikian, ketika terjadi krisis ekonomi maka keuntungan yang akan anda dapatkan dari invesatsi emas ini akan sangat besar.

9. Menjadi Penyelamat Investasi Saham

Bila anda merupakan seorang investor saham, maka hal yang paling penting untuk anda lakukan adalah mendiversifikasi portofolio investasimu. Dan salah satu diversifikasi yang paling tepat adalah emas. Hal ini dilakukan agar ketika harga saham sedang dibawah, anda tidak terlalu merugi karena invesatsi emas yang anda miliki ini tidak terlalu terpengaruh.

10. Bisa Dijadikan Sebagai Jaminan

Keuntungan investasi emas yang selanjutnya adalah bisa anda jadikan sebagai jaminan ketika kamu sedang membutuhkan uang secara mendadak dan anda tidak ingin menjual aset atau mencairkan investasi anda. Karena anda bisa mengajukan pinjaman uang dengan memberikan jaminan emas tersebut.

11. Tidak Mengalami Perubahan Kualitas

Kemudian hal yang paling menarik selanjutnya dalam investasi emas ini adalah tidak adanya perubahan kualitas pada emas yang anda investasikan, berbeda dengan instrumen investasi lain yang ada.

12. Memiliki Banyak Sekali Pilihan

Hal menarik lain yang juga tidak kalah asiknya dalam berinvestasi emas ini adalah kalian tidak hanya akan bisa berinvestasi emas batangan semata. Melainkan anda juga bisa melakukan peningkatan ke level yang lebih tinggi lagi yakni investasi emas di pasar dengan jangka komiditi.

13. Bisa Diubah Bentuknya Sesuai Keinginan

Seperti kita ketahui emas merupakan logam mulian yang bisa kita bentuk sesuai dengan keinginan kita. Jadi salah satu keuntungan investasi emas yang akan anda dapatkan adalah bisa membentuk emas tersebut ke dalam barang yang anda inginkan. Baik itu dalam bentuk perhiasan, peralatan rumah tangga ataupun sekedar hiasan dinding semata.

Itulah beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan ketika mengalokasikan dana yang anda miliki untuk investasi emas. Bagaimana menarik bukan? jika anda tertarik mungkin anda harus memulainya sekarang sebelum harga emas semakin meningkat kedepannya. Dan semoga informasi diatas bisa menarik untuk anda baca.

This div height required for enabling the sticky sidebar