Ganti atau Tidak? Ini Dia Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) 2021
Home / Bank / Ganti atau Tidak? Ini Dia Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) 2021

Ganti atau Tidak? Ini Dia Kode Bank Syariah Indonesia (BSI) 2021

/

Kode Bank Syariah Indonesia – Seperti sudah kita ketahui bahwa pada tanggal 1 Februari 2021, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah meresmikan merger antara BRI Syariah (BRIS), BNI Syariah (BNIS) dan Mandiri Syariah (BSM) menjadi BANK SYARIAH INDONESIA (BSI).

Pasca merger, banyak para nasabah ketiga bank tersebut yang menanyakan perihal kode bank. Apakah kode bank tersebut akan ganti ke yang baru atau tidak. Mengenai hal ini, myjourney.id akan memberikan informasi terkait kode Bank Syariah Indonesia.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya terkait produk dan layanan terbaru yang akan diberikan kepada nasabah ex BRIS, BNIS dan BSM, bahwa Bank Syariah Indonesia akan melakukan penyelesaian tahap proses pengalihan produk dan layanan lama ke yang baru.

Hal ini tentu harus benar-benar dilakukan dengan matang agar nantinya nasabah mengerti dan tidak kebingungan ketika melakukan transaksi. Kode bank sendiri merupakan salah satu elemen penting dalam hal transaksi, khususnya transfer ke beda bank.

Kode Bank Syariah Indonesia

Apa Itu Kode Bank

Perlu diketahui bahwa setiap bank tentunya memiliki kode bank, dimana kode bank tersebut ada 2 yakni kode bank transfer dan kode Swift. Untuk lebih jelas mengenai keduanya, simak penjelasan di bawah ini.

Kode Transfer Bank

Setiap pastinya memiliki kode bank, dimana kode bank ini memiliki 3 digit angka. Kode bank juga digunakan oleh setiap bank untuk proses identifikasi. Atau dengan kata lain kode tersebut merupakan identitas yang dibuat untuk membedakan bank satu dengan bank lainnya.

Selain untuk identitas, 3 digit angka tersebut juga berguna untuk menghindari dari kesalahan pada saat melakukan transaksi. Kode bank ini digunakan ketika melakukan transfer menggunakan layanan ATM, Internet Banking dan Mobile Banking.

Kode Swift

Sedangkan untuk KODE SWIFT, kode ini merupakan sebuah kode unik yang terdiri dari beberapa huruf dan wajib ada untuk melakukan transaksi transfer uang dari luar negeri ke dalam negeri, atau sebaliknya. Awalnya, kode SWIFT ini dibuat untuk menyiasati kerumitan yang terjadi di dalam pertukaran informasi perbankan di seluruh dunia.

Apakah BSI Akan Menggunakan Kode Bank Baru?

Apakah BSI Akan Menggunakan Kode Bank Baru

Berbicara mengenai kode bank, setelah resmi bergabung menjadi Bank Bank Syariah Indonesia. Masing-masing bank tersebut seperti BRIS, BNIS, dan BSM telah memiliki kode bank yang berbeda-beda, baik kode transfer dan juga kode swift. Untuk lebih jelasnya simak informasi lengkap mengenai kode Bank Syariah Indonesia berikut ini.

Kode Transfer Bank Syariah Indonesia

  • Kode Transfer BSI nasabah ex-BRI Syariah : 422
  • Kode Transfer BSI nasabah ex-Bank Syariah Mandiri : 451
  • Kode Transfer BSI nasabah ex-Bank BNI Syariah : 427

Kode Swift Bank Syariah Indonesia

  • Kode SWIFT Transfer BSI untuk nasabah ex-BRI Syariah : BRISDJA
  • Kode SWIFT Transfer BSI untuk nasabah ex-Bank Syariah Mandiri : BSMDIDJA
  • Kode SWIFT Transfer BSI untuk nasabah ex-Bank BNI Syariah : SYNIIDJA

Perlu diketahui juga bahwa kode transfer BSI dan kode Swift Bank Syariah Indonesia diatas masih belum fix, atau belum final. Karena seperti sebelumnya dijelaskan bahwasannya pihak BSI masih harus melengkapi proses pemindahan ke wadah yang baru.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai kode bank BSI yang dapat kalian simak diatas. Untuk kenyamanan transaksi, saat ini para nasabah ex bank-bank merger terkait masih dapat menggunakan produk dan layanan lama mereka.

Jika nantinya ada perubahan, pihak Bank Syariah Indonesia pastinya akan menginformasikan kepada para nasabah. Mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar