√ KPR BSI Griya Hasanah 2021 : Persyaratan, Biaya & Tabel Angsuran
Home / Keuangan / √ KPR BSI Griya Hasanah 2021 : Persyaratan, Biaya & Tabel Angsuran

√ KPR BSI Griya Hasanah 2021 : Persyaratan, Biaya & Tabel Angsuran

/

KPR BSI Griya Hasanah – Bank Syariah Indonesia atau dikenal dengan nama Bank BSI merupakan merger dari 3 bank syariah ternama yakni BRIS (Bank Rakyat Indonesia Syariah), BNIS (Bank Negara Indonesia Syariah) dan juga BSM (Bank Syariah Mandiri). Bank Syariah Indonesia juga tentunya telah mengadopsi beberapa produk perbankan dari ketiga bank tersebut, mulai dari tabungan, deposito, pembiayaan, kartu kredit dan beberapa produk perbankan lainnya. Berbicara mengenai produk perbankan dari Bank BSI, pada pertemuan kali ini myjourney.id akan membahas mengenai KPR (Kredit Pemilikan Rumah) BSI.

Memiliki sebuah rumah idaman tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Akan tetapi banyak kendala yang terkadang membuat mereka mengurung kan niat untuk membangun sebuah rumah atau membelinya. Seperti kita ketahui bahwa di setiap tahun, harga properti khususnya rumah memang selalu mengalami kenaikan yang cukup pesat. Melihat berbagai masalah yang kerap dialami oleh masyarakat, hampir semua bank menyediakan produk pembiayaan kepemilikan rumah atau KPR, salah satunya adalah Bank Syariah Indonesia. Melalui produk KPR Griya Hasanah, BSI berharap bisa membantu mereka yang memiliki keterbatasan dana untuk memiliki sebuah rumah dengan cara cicilan.

Perlu diketahui juga bahwa KPR Griya Hasanah ini sebelumnya adalah milik dari Bank BNI Syariah. Karena saat ini BNI Syariah sudah melakukan merger, maka namanya berganti menjadi KPR BSI Griya Hasanah. Hampir sama dengan produk KPR Bank lain seperti KPR BTN PLATINUM SYARIAH, pembiayaan kepemilikan rumah dari bank BSI juga menggunakan akad dan prinsip secara Islami. Jadi, di dalam produk ini tidak terdapat suku bunga layaknya pembiayaan yang diberikan oleh bank konvensional pada umumnya. Suku bunga tersebut diganti dengan margin atau keuntungan yang telah disepakati antara kedua belah pihak. Atau secara akad, KPR BSI Griya Hasanah ini menggunakan akad Murabahah (jual-beli).

Setelah menyinggung sedikit mengenai KPR BSI Griya Hasanah, untuk cara pengajuan KPR BSI Hasanah ini dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, persyaratan pengajuan yang dibutuhkan juga cukup ringan. Untuk soal biaya dan lain-lain, KPR BSI juga membebankan beberapa biaya-biaya mulai dari biaya notaris, appraisal, administrasi dan uang muka sebesar 15% dari harga rumah yang akan dibeli. Baiklah daripada berlama-lama, langsung saja simak informasi terlengkap mengenai syarat dan cara pengajuan Kredit Pemilikan Rumah BSI Griya Hasanah yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

KPR BSI Griya Hasanah

Apa Itu KPR BSI Hasanah?

Buat kalian yang mungkin belum mengerti apa itu KPR BSI Hasanah, KPR ini merupakan fasilitas likuiditas pembiayaan untuk kepemilikan sebuah rumah atau biasa dikenal dengan FLPP dari Bank Syariah Indonesia. Pembiayaan ini dapat diajukan bagi semua nasabah Bank BSI. KPR BSI Griya Hasanah ini juga diklaim akan menjadi produk pembiayaan yang cukup sukses dan berharap dapat membantu nasabah yang ingin memiliki sebuah rumah dengan sistem pembayaran cicilan per bulan dengan margin dan jangka waktu sesuai akad.

Fitur KPR BSI Griya Hasanah

FITUR KPR BSI GRIYA HASANAH

Perlu diketahui juga bahwa KPR BSI Griya Hasanah ini memiliki fitur yang terbagi menjadi 2 kategori, yakni KPR BSI Hasanah dan KPR BSI Hasanah Take Over. Adapun mengenai penjelasan kedua fitur tersebut, kalian dapat simak berikut ini.

KPR BSI Hasanah

KPR BSI Griya Hasanah adalah jenis pembiayaan FLPP untuk melakukan pembelian rumah dengan berdasar perjanjian baru. Atau dengan kata lain, pembiayaan ini dapat dilakukan apabila kalian belum pernah mengajukan pinjaman KPR dari perbankan lain untuk tempat tinggal tersebut.

KPR BSI Hasanah Take Over

Fitur yang kedua adalah KPR BSI Griya Hasanah Take Over. Produk ini merupakan layanan dari bank BSI khusus untuk rumah yang telah menjalani angsuran dari perbankan lain. Dengan kata lain, nasabah ingin memindahkan kredit nya ke pihak Bank BSI.

Keunggulan KPR Bank Syariah Indonesia Griya Hasanah

Keunggulan KPR BSI GRIYA HASANAH

Lalu membahas mengenai keunggulan, hampir setiap produk pembiayaan yang dihadirkan oleh Bank Syariah Indonesia ini pastinya memiliki sejumlah keunggulan. Untuk keunggulan dari KPR BSI Griya Hasanah, kalian dapat simak berikut:

  • Proses pengajuan cepat.
  • Persyaratan mudah.
  • Tenor angsuran fleksibel hingga maksimal 30 tahun.
  • Margin keuntungan ringan.
  • Telah bekerjasama dengan lebih dari 3000 proyek pengembang perumahan di Indonesia.

Biaya KPR BSI Griya Hasanah

BIAYA KPR BSI GRIYA HASANAH

Kemudian untuk soal biaya dan lain-lain. KPR BSI ini membebankan beberapa biaya yang harus dibayarkan oleh para calon pemohon. Dimana informasi mengenai biaya tersebut, kalian dapat langsung simak tabel di bawah ini:

BiayaKeterangan
Uang Muka atau DP (Down Payment)15% plafon
Biaya Administrasi1% plafon
Biaya Appraisal*Pinjaman < 1,5 miliar : Gratis
*Pinjaman > 1,5 miliar : Rp. 1 – 2 juta
Biaya NotarisMenyesuaikan dengan harga rumah
Asuransi KebakaranDitentukan hasil appraisal
Asuransi JiwaMenyesuaikan usia pemohon

Sebagai informasi bahwa tabel biaya-biaya diatas kemungkinan akan kembali setelah berakhirnya program gratis biaya admin, appraisal dan biaya provisi yang kabarnya berakhir pada akhir tahun 2021 ini. Jadi untuk dapat melakukan pengajuan dengan bebas biaya tersebut, kalian bisa mengajukan KPR BSI di tahun ini.

Margin & Tenor Angsuran KPR BSI Griya Hasanah

Mengenai produk KPR dari Bank BSI yang satu ini, pihak BSI kabarnya akan menawarkan program pembiayaan tersebut dengan berbagai promo menarik. Diantaranya adalah dengan margin mulai dari 3,3% (effective per annum) pada satu tahun pertama, selanjutnya 10 persen (effective per annum) sampai akhir pembiayaan, dengan jangka waktu pembiayaan hingga maksimal 30 tahun. Dengan tenor angsuran yang sangat panjang, para calon pemohon tentunya akan mendapatkan besaran angsuran per bulan yang cukup ringan. Program ini dapat diakses di seluruh kantor Bank Syariah Indonesia.

Syarat KPR BSI Griya Hasanah

SYARAT KPR BSI GRIYA HASANAH

Kemudian berbicara mengenai persyaratan, untuk dapat mengajukan pembiayaan pemilikan rumah dari Bank BSI, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Baik itu persyaratan umum, persyaratan dokumen serta persyaratan dokumen tambahan. Mengenai informasi tersebut, kalian dapat simak berikut ini.

Persyaratan Umum

  • Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pembiayaan lunas.
  • Berpenghasilan tetap.
  • Masa kerja minimal 2 tahun.
  • Mengisi formulir dan melengkapi dokumen persyaratan.

Persyaratan Dokumen

  • Formulir KPR BSI Hasanah telah diisi serta ditandatangani pemohon.
  • FC KTP pemohon beserta pasangan (jika sudah menikah).
  • FC Kartu Keluarga (KK).
  • FC akte nikah/cerai.
  • FC rekening tabungan (3 bulan terakhir).
  • FC slip gaji/surat keterangan penghasilan.
  • FC rekening listrik.
  • FC dokumen hunian (properti) seperti : SHM/SHGB, IMB & denah.

Persyaratan Dokumen Tambahan

  • Wiraswasta : SIUP/TDP/Akte pendirian perusahaan.
  • Profesional : Surat izin praktik.
  • Take over : Salinan akta pembelian rumah dari notaris.

Cara Pengajuan KPR BSI Griya Hasanah

CARA PENGAJUAN KPR BSI GRIYA HASANAH

Setelah menyiapkan beberapa persyaratan diatas, maka langkah berikutnya adalah dengan melakukan permohonan KPR melalui kantor cabang BSI setempat. Adapun langkah-langkahnya dapat kalian simak di bawah ini.

  1. Pertama datang dan kunjungi kantor Bank Syariah Indonesia setempat dengan membawa berkas persyaratan yang diperlukan.
  2. Sesampainya di lokasi, temui petugas dan sampaikan bahwa kalian hendak mengajukan permohonan pembiayaan KPR.
  3. Petugas akan langsung membantu untuk melakukan proses pengajuan.
  4. Kalian akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan benar kemudian serahkan kepada petugas beserta berkas persyaratan.
  5. Nantinya pihak Bank akan melakukan proses evaluasi serta verifikasi data-data tersebut.

Pengajuan KPR Griya Hasanah di Bank BSI ini membutuhkan waktu kurang lebih 7 sampai 14 hari kerja setelah berkas masuk ke pihak bank. Jika pengajuan diterima, maka kalian akan dihubungi oleh pihak bank untuk menentukan proses tanda tangan kontrak pembiayaan dan lain sebagainya.

Tabel Angsuran KPR BSI Griya Hasanah

TABEL ANGSURAN KPR BSI GRIYA HASANAH 1

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai persyaratan, cara pengajuan, informasi biaya, akad dan keunggulan dari KPR BSI Griya yang dapat kalian simak diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar