Home / Keuangan / √ KPR Sejahtera FLPP Bank Jatim 2021 : Syarat, Bunga & Keunggulan

√ KPR Sejahtera FLPP Bank Jatim 2021 : Syarat, Bunga & Keunggulan

/

KPR Sejahtera FLPP Bank Jatim – Kredit Pemilikan Rumah atau KPR adalah salah satu fasilitas kredit yang hampir dimiliki oleh setiap perbankan di Indonesia, baik BUMN maupun BUMD. Seperti kita ketahui juga bahwa rumah adalah salah satu bagian penting dalam kehidupan atau bisa dikatakan menjadi kebutuhan utama bagi setiap pasangan.

Namun harga properti khususnya rumah memang selalu mengalami kenaikan di setiap tahunnya, sehingga tak heran jika banyak masyarakat yang memutuskan untuk menunda membeli rumah karena keterbatasan dana. Dengan adanya produk kredit pemilikan rumah ini, kalian sudah tidak perlu khawatir tidak bisa memiliki rumah impian.

Terlebih lagi saat ini ini pemerintah telah bekerjasama dengan bank-bank di Indonesia untuk menghadirkan produk KPR Bersubsidi atau dikenal juga dengan Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera FLPP. KPR Sejahtera FLPP ini disalurkan oleh beberapa bank BUMN dan BUMD seperti Bank BPD Jateng, BPD Kaltim, BPD JATIM dan lain sebagainya.

Nah disini kami akan memberikan informasi mengenai KPR Sejahtera FLPP BPD Jatim. KPR ini diperuntukkan bagi para masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang berada di wilayah cakupan Bank Jatim. Baiklah daripada penasaran mengenai apa saja informasi lengkapnya, langsung saja simak persyaratan dan cara pengajuan KPR Sejahtera FLPP Bank Jatim berikut ini.

KPR Sejahtera FLPP Bank Jatim

Apa Itu KPR Sejahtera FLPP?

Sebelum berlanjut ke pembahasan lain, alangkah baiknya jika kalian semua mengetahui lebih dulu apa itu KPR FLPP Sejahtera Bank Jatim. KPR ini merupakan fasilitas kredit dengan dukungan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang dihadirkan oleh Bank Jatim untuk para Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam rangka pemilikan Rumah Sejahtera yang dibeli dari Badan Hukum atau orang perseorangan yang bekerjasama dengan Badan Hukum.

Keunggulan KPR Sejahtera FLPP Bank Jatim

Mengenai keunggulan, KPR Bersubsidi dari Bank Jatim ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
  • Suku bunga bersaing.
  • Uang Muka rendah hanya 1%.
  • Tenor Angsuran fleksibel.
  • Persyaratan mudah.
  • Proses pengajuan cepat.

Uang Muka, Bunga & Biaya

Berbicara mengenai uang muka, bunga dan biaya. Pertama kami akan membahas mengenai besaran uang muka, dimana KPR Bank Jatim FLPP Sejahtera ini bisa diajukan dengan memberikan uang muka hanya 1% dari harga jual rumah yang diinginkan. Sedangkan untuk suku bunga, seperti jenis KPR bank lain seperti KPR SUBSIDI BANK KALTIMTARA, KPR SUBSIDI BANK KALSEL dan lainnya, Bank Jatim memberikan bunga sebesar 5% pa efektif rate bersifat tetap selama jangka waktu kredit dengan perhitungan bunga anuitas.

Lalu untuk soal biaya-biaya yang terdapat di dalam Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera FLPP, pihak bank Jatim sendiri tidak memberikan informasi resmi terkait akan hal ini. Maka dari itu kami sarankan untuk menghubungi atau mendatangi langsung kantor cabang Bank Jatim setempat untuk mendapatkan kejelasan terkait apa saja biaya-biaya yang terdapat di dalam KPR Bank Jatim satu ini.

Plafon Kredit & Tenor Angsuran

Dan mengenai plafon kredit, penting diketahui bahwa plafon kredit pemilikan rumah dari Bank Jatim ini adalah paling banyak sebesar harga jual rumah sejahtera yang dikurangi dengan minimum uang muka 1% dikurangi subsidi bantuan uang muka (SBUM) dari Pemerintah. Sedangkan untuk tenor angsuran, tidak diketahui pasti namun seperti pada umumnya biasanya tenor angsuran KPR ini diatas 15 tahun.

Daftar Harga Rumah KPR FLPP Sejahtera Bank Jatim

DAFTAR HARGA RUMAH KPR FLPP SEJAHTERA BANK JATIM

Bank Jatim telah menjalin kerjasama dengan banyak developer ternama di beberapa wilayah seperti Jawa, Jabodetabek, Kepulauan Riau dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk soal daftar harga rumah susun dan tapak per wilayah juga memiliki harga berbeda-beda. Lebih jelasnya simak berikut ini.

  • Jawa (kecuali Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan bekasi) Rp 150.500.000
  • Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) Rp 168.000.000
  • Kepulauan Riau (Batam) Rp 156.500.000
  • Rumah Susun yang dapat dibeli maksimal seharga Rp 284.400.000

Syarat Pengajuan KPR Sejahtera FLPP Bank Jatim

SYARAT PENGAJUAN KPR SEJAHTERA FLPP BANK JATIM

Berikutnya adalah mengenai informasi persyaratan. Syarat yang diperlukan untuk pengajuan disini adalah syarat umum dan juga syarat dokumen. Sebelum memutuskan melakukan pengajuan, alangkah baiknya jika kalian mengetahui lebih dulu dokumen apa saja yang diperlukan berikut ini.

Syarat Umum

  • Belum memiliki rumah dan menerima subsidi pemilikan rumah
  • Memiliki KTP dan NPWP
  • Bagi PNS / TNI / POLRI yang pindah domisili karena keperluan dinas dikecualikan dari ketentuan belum memiliki rumah

Syarat Dokumen

  • Pas foto ukuran 4 x 6
  • FC KTP & Kartu Keluarga
  • FC NPWP
  • FC (SPT) Tahunan PPh Orang Pribadi atau surat pernyataan penghasilan diketahui: Pimpinan instansi tempat bekerja untuk masyarakat berpenghasilan tetap, Kepala Desa/Lurah untuk masyarakat berpenghasilan tidak tetap
  • Surat keterangan penghasilan dari instansi tempat bekerja / slip gaji untuk masyarakat berpenghasilan tetap
  • Surat Keterangan belum memiliki rumah dari RT/RW setempat / Instansi tempat bekerja atau Surat Keterangan Sewa / kwitansi sewa rumah
  • Syarat lainnya sesuai ketentuan Bank Jatim

Cara Pengajuan KPR Sejahtera FLPP Bank Jatim

CARA PENGAJUAN KPR SEJAHTERA FLPP BANK JATIM

Kemudian mengenai tata cara pengajuan. Sebelumnya ketahui dulu bahwa pengajuan KPR Sejahtera FLPP Bank Jatim ini bisa dilakukan melalui kantor cabang dan juga aplikasi SiKasep. Kedua cara tersebut dapat dipilih sesuai dengan keinginan, hanya saja kami lebih merekomendasikan untuk melakukan pengajuan di kantor cabang Bank Jatim. Seperti apa langkah-langkahnya, langsung saja simak berikut ini.

  1. Langkah pertama datang dan kunjungi kantor cabang Bank Jatim setempat dengan dokumen persyaratan lengkap.
  2. Kemudian setibanya di lokasi, ambil nomor antrean dan tunggu sampai nomor antrean dipanggil oleh CS.
  3. Setelah dipanggil, kalian bisa menemui CS dan sampaikan bahwa kalian ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah FLPP Sejahtera bersubsidi dari Bank Jatim.
  4. Nantinya CS akan menjelaskan secara detail mengenai produk KPR ini. Jika dirasa sudah paham, CS akan meminta untuk mengisi formulir pengajuan.
  5. Serahkan formulir tersebut beserta dengan dokumen persyaratan kepada CS untuk dilakukan evaluasi.
  6. Sampai disini kalian bisa kembali ke rumah dan tunggu kabar dari pihak bank.

Jika proses pengajuan diterima, pihak bank akan segera menghubungi melalui nomor telepon kalian yang tertulis di formulir pengajuan. Disini selain memberikan informasi persetujuan, pihak bank juga akan meminta kalian untuk datang ke kantor guna menyelesaikan administrasi, tanda tangan kontrak kredit dan beberapa akad penting lainnya.

Tabel Angsuran KPR Bersubsidi Bank Jatim

TABEL ANGSURAN KPR BERSUBSIDI BANK JATIM

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami sangat merekomendasikan fasilitas kredit KPR FLPP Sejahtera dari Bank Jatim satu ini. Disamping mematok suku bunga ringan, pemilihan rumah juga bisa mengikuti keinginan dari calon debitur itu sendiri. Bukan hanya itu saja, uang muka yang dibebankan juga cukup ringan yaitu hanya 1% saja.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai syarat dan cara pengajuan KPR Sejahtera FLPP Bank Jatim. Mungkin hanya ini saja yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar