√ KUR Bank BCA 2021 : Syarat, Bunga, Biaya & Tabel Angsuran
Home / Keuangan / √ KUR Bank BCA 2021 : Syarat, Bunga, Biaya & Tabel Angsuran

√ KUR Bank BCA 2021 : Syarat, Bunga, Biaya & Tabel Angsuran

/

KUR Bank BCA – KUR merupakan kependekan dari Kredit Usaha Rakyat. Dimana produk pinjaman ini dapat dimanfaatkan untuk menambah modal usaha atau investasi. KUR memang lebih diprioritaskan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar mereka dapat berkembang. Perlu diketahui juga bank penyalur KUR ini bukan hanya bank BUMN saja melainkan bank Swasta seperti BCA juga menyalurkan produk pinjaman usaha yang satu ini. Nah berbicara akan hal ini, myjourney.id akan memberikan informasi lengkap mengenai Kredit Usaha Rakyat dari Bank Central Asia (BCA).

Bagi para pelaku UMKM di Indonesia memang sangatlah banyak, mulai dari beragam usaha kecil hingga menengah bisa dikatakan menjadi penghasilan utama bagi mereka. Namun dengan adanya pandemi seperti sekarang ini, banyak para pelaku UMKM yang sangat membutuhkan modal tambahan agar usahanya tetap berjalan. Disini Bank BCA bisa dijadikan pilih utama untuk mengajukan KUR Bank BCA dengan plafon pinjaman hingga Rp 500 juta dan pastinya dengan suku bunga pinjaman yang cukup ringan.

Perlu diketahui bahwa KUR Bank BCA juga memiliki beberapa jenis, yakni KUR Super Mikro, KUR Mikro dan KUR Kecil. Dimana masing-masing jenis memiliki besaran plafon kredit yang berbeda-beda. Untuk besaran plafon KUR Super Mikro adalah Rp 10 juta, yang mana besaran plafon tersebut sama dengan KUR SUPER MIKRO BRI atau pun Mandiri. Sedangkan untuk besaran KUR Mikro adalah Rp 10 juta sampai Rp 50 juta. Lalu terakhir untuk besaran KUR Kecil adalah Rp 50 juta sampai maksimal Rp 500 juta.

Menariknya dari pinjaman KUR Bank BCA ini, nantinya debitur tidak akan dikenakan biaya admin dan provisi alias gratis. Pembayaran angsuran juga dapat dilakukan dengan mudah dengan sistem auto debit dari rekening tagihan. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai syarat dan cara pengajuan pinjaman Kredit Usaha Rakyat atau KUR Bank BCA yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

KUR Bank BCA

Apa Itu KUR Bank BCA?

KUR Bank BCA adalah fasilitas layanan kredit modal kerja dan investasi yang diberikan kepada debitur individu maupun kelompok usaha yang memiliki usah produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan dan belum cukup.

Keunggulan Kredit Usaha Rakyat Bank BCA

Keunggulan Kredit Usaha Rakyat Bank BCA

Membahas mengenai keunggulan, KUR Bank BCA ini memiliki beberapa keunggulan yang dapat kalian ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jaringan Luas

Seperti kita ketahui bahwa jaringan Bank BCA ini sudah tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Maka dari itu untuk dapat memperoleh fasilitas pinjaman KUR, nasabah dapat mengajukannya dengan mudah, baik melalui kantor cabang setempat atau via online.

2. Plafon Kredit Besar

Fasilitas pinjaman KUR BCA ini hadir dengan limit pinjaman yang besar, mulai dari Rp 10 juta hingga maksimal Rp 500 juta.

3. Suku Bunga Ringan

Suku bunga KUR ini sama dengan bank penyalur KUR lainnya, yakni 6% per tahun efektif. Selain memberikan bunga ringan, KUR BCA juga biasanya terdapat promo-promo menarik seperti gratis biaya admin dan biaya provisi.

4. Tenor Angsuran Panjang

Keunggulan terakhir adalah tenor angsuran yang fleksibel. Tenor angsuran KUR BCA bisa kalian pilih sesuai dengan kemampuan membayar, yakni 12 bulan hingga 36 bulan.

Jenis KUR Bank BCA

Jenis KUR Bank BCA

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa Bank BCA ini memiliki 3 jenis KUR yang dapat diajukan dengan mudah, diantaranya adalah:

1. KUR Super Mikro

KUR Super Mikro BCA hadir dengan limit pinjaman kecil yakni hanya Rp 10 juta dengan tenor angsuran hingga maksimal 33 bulan.

2. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan KUR yang bisa diajukan untuk modal usaha dan investasi bagi perorangan dan kelompok usaha dengan limit pinjaman maksimal Rp 50 juta. Tenor angsuran maksimal KUR Mikro sendiri adalah 36 bulan.

3. KUR Kecil

Dan terakhir adalah KUR Kecil. KUR ini memiliki limit pinjaman paling besar diantara yang lainnya, dimana kalian bisa mengajukan pinjaman hingga maksimal Rp 500 juta. Tenor angsuran yang diberikan pun sama dengan KUR Mikro, yakni 36 bulan.

Syarat Pengajuan KUR Bank BCA

Syarat Pengajuan KUR Bank BCA

Selanjutnya untuk soal persyaratan pengajuan, kalian dapat mengajukan KUR dengan menyiapkan beberapa persyaratan berikut ini.

Syarat Umum

  • Pemohon merupakan pelaku usaha produktif.
  • Usia minimal 21 tahun.
  • Usaha berjalan selama minimal 6 bulan.
  • Nilai pinjaman mulai Rp. 10.000.000 sampai Rp. 500.000.000.
  • Tidak ada fasilitas kredit produktif yang lain dari lembaga keuangan mana pun.

Syarat Dokumen

  • FC KTP/SIM.
  • FC Kartu keluarga.
  • FC buku rekening tabungan.
  • Menyertakan jaminan dibuktikan dalam salinan/copy aset berharga (rumah,sawah, kebun dan lainnya).
  • Melengkapi formulir pengajuan KUR BCA.

Cara Pengajuan KUR Bank BCA

Cara Pengajuan KUR Bank BCA

Setelah mengetahui semua informasi persyaratan diatas. Langkah berikutnya adalah melakukan pengajuan KUR. Prosedur pengajuan KUR dapat dilakukan melalui kantor cabang BCA setempat. Adapun langkah-langkahnya, simak di bawah ini.

  1. Kunjungi kantor bank BCA dengan membawa semua persyaratan.
  2. Lengkapi formulir pengajuan yang diberikan oleh customer service Bank BCA.
  3. Kemudian serahkan formulir tersebut beserta dengan dokumen persyaratan ke petugas untuk dilakukan pengecekan.
  4. Jika semua persyaratan dan formulir pengajuan telah terisi, calon debitur hanya perlu menunggu hingga ada petugas melakukan survey kerumah.
  5. Setelah itu calon debitur hanya tinggal menunggu kabar dari pihak Bank BCA untuk pengajuan tersebut apakah disetujui atau ditolak.

Proses pengajuan ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 7 hari. Prosedur pengajuan juga membutuhkan survey lokasi agunan apabila agunan berupa sertifikat tanah/rumah. Petugas bank juga akan melakukan survey ke rumah calon pemohon. Jika semua prosedur ini selesai, dan pinjaman disetujui, maka pihak bank akan menghubungi melalui telepon dan meminta kalian datang ke kantor untuk proses tanda tangan kontrak pinjaman serta pencairan dana.

Tabel Angsuran KUR Bank BCA

Tabel Angsuran KUR Bank BCA

Kesimpulan

Menarik kesimpulan diatas, KUR Bank BCA ini dapat diajukan dengan syarat mudah serta suku bunga ringan. Selain itu proses pengajuan juga bisa dikatakan cukup cepat, yakni kurang dari 7 hari. Kami sarankan untuk mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan serta pemilihan tenor yang dirasa kalian sanggup untuk membayar tagihan di setiap bulannya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai KUR Bank BCA yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar