√ KUR Bank BJB 2021 : Syarat, Suku Bunga & Tabel Angsuran | Myjourney
Home / Keuangan / √ KUR Bank BJB 2021 : Syarat, Suku Bunga & Tabel Angsuran

√ KUR Bank BJB 2021 : Syarat, Suku Bunga & Tabel Angsuran

/

KUR Bank BJB – Pemerintah memberikan kepercayaan kepada beberapa bank-bank di Indonesia untuk menyalurkan fasilitas layanan kredit usaha rakyat atau dikenal juga dengan nama KUR untuk para pelaku UMKM. Produk KUR ini juga dimiliki oleh Bank seperti BRI, Mandiri, BNI, BCA, Bank Jatim, Bank Jateng, Bank BJB dan beberapa bank lainnya. Nah membahas mengenai KUR, myjourney.id akan memberikan informasi lengkap mengenai produk Kredit Usaha Rakyat milik Bank BJB.

KUR Bank BJB adalah fasilitas kredit yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha perorangan maupun badan usaha pada skala mikro, kecil dan menengah. Pinjaman ini juga meliputi semua sektor ekonomi produktif dengan jenis usaha produksi, perdagangan/jasa dengan usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan. KUR Bank BJB juga tersedia beberapa jenis, yakni KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil dan terakhir adalah KUR TKI.

Mengenai tujuan pinjaman KUR BJB, pinjaman ini dapat digunakan untuk beberapa keperluan seperti modal kerja, untuk investasi dan juga penempatan TKI. Besaran plafon pinjaman juga tergantung dari jenis KUR tersebut. Untuk KUR Super Mikro adalah Rp 10 juta, lalu KUR Mikro maksimal Rp 50 juta, KUR Kecil maksimal Rp 500 juta sedangkan KUR TKI sebesar Rp 25 juta (sesuai cost structure dengan jumlah paling banyak).

Bagi para pelaku UMKM yang berada di wilayah provinsi Jawa Barat, pengajuan KUR saat ini dapat dilakukan dengan mudah karena Bank BJB hampir tersebar luas di seluruh wilayah Jawa Barat. Namun sebelum itu, kalian bisa mencari informasi lebih dulu mengenai persyaratan yang dibutuhkan dan bagaimana prosedur pengajuan KUR. Baiklah daripada berlama-lama lebih baik langsung saja simak informasi lengkap mengenai KUR Bank BJB yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

KUR Bank BJB

Jenis & Plafon Kredit KUR Bank BJB

Seperti sudah kami singgung diatas bahwa Bank BJB ini menghadirkan beberapa produk KUR yang bisa diajukan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja, investasi maupun penempatan TKI. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan di bawah.

1. KUR Super Mikro

KUR Super Mikro saat ini hampir disalurkan oleh beberapa bank, seperti KUR SUPER MIKRO BRI, KUR SUPER MIKRO MANDIRI dan tak terkecuali Bank BJB. KUR Super Mikro ini bisa diajukan oleh mereka yang terkena dampak pandemi Covid-19 saat ini. Besaran plafon kredit yang diberikan juga lebih rendah dibandingkan dengan KUR Kecil maupun KUR Mikro, yakni hanya Rp 10 juta dengan tenor angsuran mulai dari 9 bulan hingga 33 bulan.

2. KUR Mikro

Kemudian ada KUR Mikro yang merupakan salah satu KUR yang diberikan kepada perorangan dan badan usaha dengan limit pinjaman mulai dari Rp 10 juta hingga maksimal Rp 50 juta. Tenor angsuran yang diberikan juga cukup panjang, yakni 3 tahun (modal kerja) dan 5 tahun (investasi).

3. KUR Kecil

Berikutnya ada KUR Kecil. Dimana KUR ini hadir dengan limit pinjaman mulai dari Rp 50 juta dan maksimal Rp 500 juta. Adapun tenor pinjaman KUR Kecil maksimal 5 tahun.

4. KUR TKI

Dan terakhir adalah KUR TKI. Limit pinjaman KUR TKI ini hanya sebesar 5 juta dengan tenor angsuran pendek, yakni hanya 1 tahun. Nantinya dana pinjaman tersebut dapat digunakan untuk penempatan kerja di luar negeri bagi para TKI serta biaya pengurusan keberangkatan.

Syarat Pengajuan KUR Bank BJB

Syarat Pengajuan KUR Bank BJB

Setelah mengetahui informasi diatas, berikutnya kami akan memberikan informasi mengenai persyaratan pengajuan. KUR Bank BJB dapat diajukan oleh perorangan dan juga badan usaha. Nah, syarat yang diperlukan juga pastinya berbeda-beda, simak berikut ini.

Syarat Perorangan

  • Pas photo calon debitur & pasangan (bagi yang sudah menikah)
  • FC E-KTP calon debitur & pasangan (bagi yang sudah menikah) yang masih berlaku
  • FC Kartu Keluarga
  • FC Nikah/ Surat Cerai/Surat Kematian (Jika Ada)
  • FC NPWP (untuk plafond diatas 50 juta)
  • Tidak sedang dibiayai oleh Kredit Program lain dan kredit produktif lainnya di Bank /bank lain/lembaga keuangan lainnya selain S-SRG
  • Istri/suami peserta KUR yang tercatat, baik itu perorangan, anggota kelompok tidak dapat dibiayai oleh KUR
  • Memiliki NIB/SKU/Surat Keterangan yang dipersamakan yang diterbitkan oleh pejabat yang berwenang
  • Persyaratan lainnya yang diperlukan oleh bank
  • Dokumen kepemilikan Agunan (asli) beserta kelengkapan/dokumen pendukungnya

Syarat Badan Usaha

  • Akta Pendirian dan perubahannya
  • Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga atau anggaran dasar lainnya yang dipersamakan dengan hal tersebut
  • E-KTP Pengurus Badan Usaha
  • E-KTP Penjamin (jika agunan bukan atas nama badan usaha)
  • E-KTP Pasangan Penjamin (jika agunan bukan atas nama badan usaha)
  • NPWP atas nama badan usaha
  • Seluruh ijin atau legalitas usaha yang dimiliki masih berlaku
  • Hasil Rapat Anggota Tahunan (minimal 2 periode terakhir) serta penetapan susunan pengurus yang telah di legalisasi oleh instansi yang berwenang (khusus bagi koperasi)
  • SK MenHUM & HAM RI beserta perubahannya (khusus PT)
  • Hasil RUPS terakhir (khusus PT)
  • Dokumen pembayaran pajak usaha berikut SPT Tahunan dan rekening listrik, telepon dan air, untuk tempat usaha (minimal bulan terakhir)
  • Laporan keuangan tahunan minimal 2 tahun terakhir dan laporan keuangan periode terakhir
  • Persyaratan lainnya yang diperlukan oleh bank
  • Dokumen kepemilikan Agunan (asli) beserta kelengkapan/dokumen pendukungnya

Cara Pengajuan KUR Bank BJB

Cara Pengajuan KUR Bank BJB

Adapun mengenai cara pengajuan KUR Bank BJB, kalian nantinya bisa mengajukan langsung melalui kantor BJB setempat dengan membawa semua berkas persyaratan seperti kami sebutkan diatas. Sesampainya di kantor, temui petugas dan sampaikan bahwa kalian ingin mengajukan KUR. Kalian akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan KUR. Setelah selesai diisi, serahkan kepada petugas beserta dokumen persyaratan. Nantinya pihak bank akan melakukan evaluasi terlebih dahulu mengenai formulir dan syarat tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa prosedur pengajuan ini juga akan membutuhkan survey lapangan dari pihak bank untuk memastikan kebenaran semua berkas yang diberikan. Apabila pengajuan diterima, maka pihak bank akan segera menghubungi untuk meminta kalian datang ke kantor guna melakukan tanda tangan kontrak kredit dan pencairan dana pinjaman. Biasanya proses pengajuan ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 7 hari kerja setelah berkas masuk ke pihak bank BJB.

Tabel Angsuran KUR Bank BJB

Tabel Angsuran KUR Bank BJB

Kesimpulan

Setelah memberikan penjelasan diatas, kami menarik kesimpulan bahwa KUR menjadi salah satu produk pinjaman modal usaha yang paling direkomendasikan. Selain memberikan bunga ringan sebesar 6% per tahun, KUR Bank BJB juga tidak membebankan biaya admin maupun provisi. Lalu tenor angsuran juga cukup fleksibel, yakni mulai dari 9 bulan hingga 60 bulan yang dapat dipilih sesuai kemampuan calon debitur.

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai syarat dan pengajuan KUR Bank Jawa Barat (BJB). Mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar