Home / Keuangan / √ KUR Bank BSI 2021 : Syarat, Keunggulan, Pengajuan & Tabel Angsuran

√ KUR Bank BSI 2021 : Syarat, Keunggulan, Pengajuan & Tabel Angsuran

/

KUR Bank BSI – Bank Syariah Indonesia menjadi salah satu bank syariah terbaru yang menghadirkan beragam produk perbankan unggulan mulai dari simpanan, deposito, giro, kartu kredit, pinjaman dan beberapa lagi yang lainnya. Nah pada pertemuan kali ini myjourney.id akan membahas mengenai produk pinjaman dari bank BSI, yakni Kredit Usaha Rakyat atau lebih dikenal dengan KUR. Setelah resmi merger dan menjadi Bank BSI, pemerintah juga memberikan kepercayaan kepada Bank BSI untuk menyalurkan produk KUR ini kepada para pelaku UMKM di Indonesia.

Seperti diketahui bahwa produk KUR ini merupakan salah satu program dari pemerintah untuk memajukan usaha mikro kecil menengah di Indonesia. Disamping memberikan plafon pinjaman besar untuk memenuhi kebutuhan modal usaha, produk KUR juga memberikan tingkat suku bunga yang sangat rendah dibandingkan dengan fasilitas pinjaman lainnya, yakni hanya 6%. Suku bunga ini turun 1% setelah di tahun sebelumnya adalah 7%. Dengan ini, para pelaku UMKM yang mengajukan pinjaman tentu akan sangat senang karena besaran angsuran sudah pasti lebih ringan.

Besaran suku bunga ini juga sebenarnya telah di atur oleh pemerintah, jadi setiap bank penyalur KUR seperti KUR BRI, KUR MANDIRI, dan bank lainnya wajib memberikan suku bunga dengan besaran yang telah ditentukan. Perlu diketahui juga bahwa KUR Bank BSI ini juga memiliki beberapa jenis produk, yakni KUR Mikro dan juga KUR Kecil/Retail. Masing-masing produk tersebut hadir dengan besaran plafon yang berbeda, dimana untuk KUR Mikro ini memiliki plafon pinjaman maksimal Rp 200 juta, sedangkan KUR Retail memiliki plafon maksimal hingga Rp 500 juta.

Adapun untuk tenor angsuran, Bank BSI memberikan tenor angsuran fleksibel kepada nasabah yang mengajukan KUR, yakni maksimal 36 bulan untuk KUR Mikro dan 60 bulan untuk KUR Kecil/Retail. Baiklah, daripada penasaran mengenai apa saja yang ada di dalam produk KUR Bank BSI ini. Di bawah ini dapat langsung kalian simak informasi terlengkap mengenai syarat, bunga, keunggulan, cara pengajuan serta tabel angsuran Kredit Usaha Rakyat Bank Syariah Indonesia yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

KUR Bank BSI

Keunggulan KUR Bank BSI

Pada pembahasan pertama kami akan memberikan informasi mengenai apa saja keunggulan yang dimiliki oleh produk KUR Bank BSI satu ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Plafon Besar

KUR Bank Syariah memberikan plafon besar, yakni Rp 200 juta untuk KUR Mikro dan Rp 500 juta KUR Retail/Kecil.

2. Suku Bunga Ringan

Suku bunga ringan, hanya 6% per tahun efektif. Besaran suku bunga ini sama dengan beberapa bank penyalur KUR lainnya, baik bank konvensional maupun bank syariah.

3. Tenor Panjang

Tenor angsuran yang diberikan juga panjang, maksimal 60 bulan atau 5 tahun. Nantinya calon debitur dapat memilih tenor sesuai dengan kemampuan membayar angsuran per bulannya.

4. Proses Pengajuan Mudah & Cepat

Pengajuan KUR ini sangatlah cepat, bisa dilakukan kurang dari 7 hari setelah berkas-berkas persyaratan masuk ke pihak bank.

5. Persyaratan Mudah

Syarat yang diperlukan juga mudah, dengan agunan yang bisa berupa sertifikat tanah, rumah, BPKB kendaraan bermotor dan beberapa dokumen agunan penting lainnya.

6. Cara Pembayaran Mudah

Sistem pembayaran angsuran bisa dilakukan dengan menggunakan sistem autodebit dari rekening tagihan calon debitur.

Jenis KUR Bank Syariah Indonesia

Jenis KUR Bank Syariah Indonesia

Fasilitas pinjaman untuk pelaku UMKM Bank BSI ini memiliki 2 jenis, yakni KUR Mikro dan KUR Kecil/Retail. Dimana masing-masing produk hanya dibedakan dari besaran plafon dan juga tenor angsuran. Untuk dana pinjaman KUR ini juga bisa digunakan untuk keperluan modal usaha dan juga investasi.

Jenis KUR BSIPlafon PinjamanTenor Angsuran
KUR MikroMaksimal Rp 200 JutaMaksimal 5 tahun
KUR Retail/KecilMaksimal Rp 500 JutaModal Kerja : 4 tahun
Investasi : 5 tahun

Syarat Pengajuan KUR Bank BSI

Syarat Pengajuan KUR Bank BSI

Informasi persyaratan memang menjadi tujuan pertama ketika hendak melakukan pengajuan pinjaman bank. Karena syarat adalah hal paling utama, maka dari itu kalian wajib mengetahui apa saja persyaratan yang diperlukan agar bisa mengajukan pinjaman KUR Bank BSI. Adapun syarat yang diperlukan adalah sebagai berikut:

Syarat Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia minimal 21 tahun atau telah menikah.
  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan.
  • Sektor usaha dari industri pengolahan, perdagangan dan jasa.
  • Memiliki riwayat kredit yang lancar.

Syarat Dokumen

  • FC KTP suami & istri
  • FC Kartu Keluarga
  • FC Surat Nikah (jika sudah menikah)
  • FC Surat Keterangan Usaha
  • FC Agunan (BPKB / SHM)
  • FC Buku Tabungan 3 Bulan Terakhir
  • FC Bukti Sewa Tempat Usaha
  • FC NPWP (jika pembiayaan diatas Rp 50 juta)
  • FC Pembayaran PBB 1 Tahun Terakhir
  • FC Usaha / Faktur Belanja Barang
  • Pas photo suami dan istri ukuran 4×6

Cara Pengajuan KUR Bank Bank Syariah Indonesia

Cara Pengajuan KUR Bank Bank Syariah Indonesia

Adapun untuk cara pengajuan KUR Bank BSI, kalian bisa melakukan pengajuan langsung dengan mendatangi kantor cabang BSI setempat. Jangan lupa juga untuk membawa semua berkas persyaratan seperti yang telah kami sebutkan diatas. Untuk prosedur pengajuan, kalian bisa simak di bawah ini.

  • Kunjungi kantor cabang BSI setempat dan bawa semua berkas persyaratan yang diperlukan.
  • Lalu temui petugas dan sampaikan bahwa kalian hendak mengajukan KUR BSI.
  • Petugas akan meminta kalian untuk mengisi formulir pengajuan.
  • Setelah formulir pengajuan diisi, serahkan kepada petugas beserta syarat dokumen pengajuan.
  • Petugas akan melakukan evaluasi dan verifikasi formulir dan berkas pengajuan kalian.
  • Sampai disini kalian bisa kembali ke rumah dan tunggu informasi dari pihak bank terkait pengajuan.

Proses pengajuan KUR BSI ini membutuhkan survey jaminan dan juga survey ke lokasi rumah kalian atau tempat usaha kalian. Proses survey ini menjadi prosedur akhir pengajuan dan bahan pertimbangan paten dari pihak bank. Jika pengajuan diterima, kalian akan diminta untuk datang ke kantor guna menyelesaikan proses akhir pengajuan, yakni tanda tangan kontrak kredit serta pencairan dana pinjaman.

Tabel Angsuran KUR Bank BSI

Di bawah ini dapat kalian simak informasi mengenai tabel angsuran untuk produk KUR Bank Syariah Indonesia, untuk KUR Mikro maupun Kecil/Retail.

Tabel KUR Mikro Bank BSI

Tabel KUR Mikro Bank BSI

Tabel KUR Kecil Bank BSI

Tabel KUR Kecil Bank BSI

Kesimpulan

Menarik kesimpulan diatas, pengajuan KUR Bank BSI ini dapat dilakukan dengan mudah dan proses cepat yang kurang dari 7 hari. Usahakan juga untuk selalu memberikan jawaban yang pasti pada saat proses survey berlangsung karena ini menjadi poin penting dalam hal pengajuan.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai syarat dan cara pengajuan KUR Bank BSI yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja pembahasan yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar