Home / Featured / √ Lupa PIN Kartu Kredit BNI ? 4 Cara Mudah Mengatasi

√ Lupa PIN Kartu Kredit BNI ? 4 Cara Mudah Mengatasi

/

Lupa PIN Kartu Kredit BNI – Transaksi kartu kredit BNI saat ini diwajibkan untuk menggunakan PIN ketika digunakan untuk bertransaksi. Dimana kewajiban pengguna PIN kartu kredit ini dimulai per 1 Juli 2020 kemarin. Sebelumnya prosedur transaksi menggunakan kartu kredit adalah menggunakan tanda tangan. Akan tetapi cara tersebut dinilai memiliki keamanan yang kurang sehingga diganti dengan PIN yang dinilai memiliki sistem keamanan terbaik.

Berbicara mengenai PIN, fitur PIN ini tentunya harus benar-benar dijaga dan diingat baik-baik karena memiliki peranan penting, terlebih ketika hendak melakukan pembayaran menggunakan Kartu Kredit BNI. Jangan sampai juga PIN tersebut jatuh ke tangan orang lain yang tidak bertanggung jawab. Walaupun dianjurkan untuk selalu menyimpan kerahasiaan PIN baik-baik, masih ada beberapa pemilik Kartu Cicilan yang terkadang lupa PIN kartu kredit BNI tersebut.

Lupa PIN juga tentunya bisa berdampak buruk bagi si pemilik, dimana ini juga biasanya menjadi faktor utama mengapa KARTU KREDIT GAGAL TRANSAKSI. Lalu bagaimana jika lupa PIN Kartu Kredit BNI? Apakah ada cara untuk mengatasi agar kartu kredit tersebut bisa digunakan kembali? Tenang, kalian tidak perlu khawatir akan hal ini. Bahwasanya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi lupa PIN Kartu Kredit BNI kalian.

Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit BNI ini dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Kalian bisa menggunakan layanan SMS atau dengan menghubungi Call Center Bank BNI. Baiklah daripada penasaran seperti apa cara mengatasi lupa PIN Kartu Kredit BNI, di bawah ini telah myjourney.id siapkan informasi lengkap yang tentunya dapat langsung kalian simak berikut ini.

Lupa PIN Kartu Kredit BNI

Apa Itu PIN Kartu Kredit BNI?

Sebelum berlanjut ke pembahasan lainnya, alangkah baiknya jika kalian mengetahui lebih dulu apa itu PIN Kartu Kredit. PIN (Personal Identification Number) merupakan kode unik 6 digit yang nantinya digunakan sebagai kode verifikasi ketika menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Fitur PIN kartu kredit BNI juga memiliki sistem keamanan terbaik, maka dari itu semua pemilik kartu kredit telah diwajibkan melakukan aktivasi PIN kartu kredit mereka.

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit BNI

Untuk mengatasi masalah lupa PIN Kartu Kredit, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Pertama melalui layanan SMS dan kedua melalui Call Center Bank BNI. Lebih jelasnya langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

1. Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Melalui SMS

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Melalui SMS

Cara mengatasi masalah lupa PIN melalui layanan SMS ini memiliki beberapa ketentuan yang harus dipahami terlebih dahulu. Adapun ketentuan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengiriman SMS wajib melalui nomor terdaftar di sistem BNI.
  • Format SMS harus menggunakan tanggal lahir pemilik kartu utama (ddmmyyyy).
  • Nomor kartu dalam format SMS harus sesuai (utama atau tambahan).
  • Mengirim & menerima SMS lupa PIN akan dikenakan tarif.
  • Tarif mengirim akan disesuaikan dengan operator HP masing-masing pengguna.
  • Tarif balasan dikenakan sebesar Rp 550 per SMS.

Agar kalian bisa memahami dengan lebih mudah, di bawah simak baik-baik langkah-langkah mengatasi lupa pin berikut ini:

  1. Buka Menu SMS
  2. Ketik SMS dengan format RPIN(spasi)Nomor Kartu BNI Utama/Tambahan(spasi)Tanggal lahir
  3. Contoh RPIN 4646496322500718 01011991 -> Tanggal lahir 1 Januari 1991
  4. Kirim format SMS tersebut ke nomor 3346
  5. Nantinya akan muncul balasan bahwa Permintaan PIN berhasil.

Penting diketahui bahwa PIN kartu kredit ini berisi 6 digit PIN. Jika sudah berhasil, kalian sudah bisa menggunakan kartu kredit kalian kembali. Dan ingat simpan baik-baik kerahasiaan PIN jangan sampai di ketahui pihak lain.

2. Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Melalui Call Center

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Melalui Call Center

Selain menggunakan cara diatas, kalian juga bisa meminta bantuan Call Center BNI. Call Center bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk bertanya dan menyampaikan keluhan saja, kalian juga bisa meminta bantuan untuk mengatasi masalah lupa pin. Nomor yang bisa dihubungi adalah 1500046 atau 68888.

Perlu diingat bahwa kalian harus memiliki pulsa dalam jumlah yang cukup, minimal Rp 25.000 sebelum menghubungi Call Center. Setelah terhubung, sampaikan saja bahwa kalian ingin meminta PIN karena lupa PIN lama. Berikutnya ikuti saja arahan dari pihak Call Center sampai mendapatkan PIN sementara kartu kredit BNI.

Tips Agar Tidak Lupa PIN Kartu Kredit BNI

Tips Agar Tidak Lupa PIN Kartu Kredit BNI

Untuk menjaga kerahasiaan PIN, kalian bisa mengikuti beberapa tips aman agar kalian tidak lupa PIN kartu kredit tersebut. Tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Simpan informasi PIN ini di tempat yang rahasia atau dinilai aman.
  • Teliti pada saat memasukkan PIN, karena jika salah 3 kali berturut-turut maka bisa-bisa kartu kredit kalian diblokir sementara waktu.
  • Jangan sampai PIN diketahui oleh pihak lain.

Kesimpulan

Mengatasi lupa PIN memang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Akan tetapi menjaga kerahasiaan PIN adalah hal paling utama. Jangan sampai salah ketika memasukkan PIN ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai lupa PIN kartu kredit BNI serta beberapa cara untuk mengatasi masalah lupa PIN. Mungkin hanya ini saja yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar