Home / Asuransi / 8 Manfaat Asuransi Rumah yang Wajib untuk Diketahui

8 Manfaat Asuransi Rumah yang Wajib untuk Diketahui

/

Manfaat Asuransi Rumah – Asuransi terkadang penting untuk kita ketahui, dimana asuransi ini merupakan salah satu produk keuangan yang paling laris di kalangan masyarakat. Disamping dapat dimanfaatkan untuk memberi proteksi atau jaminan kesehatan dan jiwa, asuransi juga dapat menjamin kekayaan secara menyeluruh, termasuk rumah.

Caranya adalah dengan membeli asuransi rumah. Walaupun pembelian produk asuransi rumah ini dapat menambah pengeluaran di setiap bulannya, akan tetapi biaya yang dikeluarkan tidak seberapa jika dibandingkan dengan manfaat asurasin rumah yang nantinya akan kita dapatkan selama premi berjalan.

Rumah memang menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan, maka dari itu alangkah baiknya jika kita mengasuransikan rumah kita agar lebih aman. Selain itu dengan asuransi juga kita dapat menjag harga rumah kita jika suatu saat mungkin rumah tersebut akan dijual.

Berbicara mengenai asuransi rumah, disini kami akan membahas mengenai manfaat asuransi rumah yang wajib untuk diketahui. Ada beberapa manfaat yang akan kita bahas pada pertemuan kali ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak pembahasan terlengkap yang sudah kami siapkan berikut ini.

Manfaat Asuransi Rumah yang Wajib untuk Diketahui

Manfaat Asuransi Rumah

Manfaat Asuransi Rumah

Ada beberapa manfaat asuransi rumah yang dapat kalian ketahui pada pembahasan kali ini. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu berikut ini:

Tidak Rugi Akibat Adanya Bencana Alam

Terkadang kita tidak tahu kapan terjadi bencana alam, seperti angin puting beliung, banjir, gempa bumi dan lainnnya. Bencana alam terjadi secara mendadak tanpa kita sadari dan tentu akan menyebabkan sejumlah kerusakan pada rumah. Namun kalian tidak perlu takut karena dengan mengasuransikan rumah, setidaknya sebagian biaya perbaikan rumah akan ditanggulangi oleh perusahaan asuransi.

Contohnya biaya mengecat rumah yang terkelupas akbiat rendaman air ketika banjir, mengganti pagar karena terbawa arus air, atau membeli peralatan bersih-bersih jika air masuk ke dalam rumah. Sementara untuk sisa biaya perbaikan menjadi tanggung jawab kita sendiri sebagai pemilik rumah.

Memiliki Proteksi Ketika Rumah Kemalingan

Tingkat keamanan di setiap lingkungan sudah pasti berbeda-beda, terlebih jika kita tinggal di wilayah yang rawan terjadi tindakan pencurian atau perampokan. Dengan mengasuransikan rumah kita, tentu kita akan sedikit lebih aman karna rumah sudah diasuransikan.

Kalian dapat melaporkan hal ini kepada pihak asuransi dengan menyertakan laporan dan bukti nama-nama barang yang hilang untuk memudahkan kalian saat mengajukan biaya ganti rugi atas peristiwa kemalingan tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa pengajuan atas kemalingan juga tidak serta merta dikabulkan, namun akan diselidiki terlebih dahulu. Pastikan laporan yang kalian buat akurat dan terpercaya agar pihak asuransi yakin bahwa rumah kalian benar-benar kemalingan.

Asuransi dapat DigunakanSebagai Syarat Mengajukan Pinjaman

Bagi kalian yang mungkin ingin mengajukan pinjaman di bank-bank atau lembaga yang memberikan pinjaman modal usaha, biasanya pihak-pihak tersebut meminta beberapa persyaratan jaminan yang salah satunya adalah asuransi rumah.

Nah dengan asuransi rumah ini dana pinjaman dapat segera dicairkan jika sudah sesuai dengan syarat dan ketentuannya. Asuransi rumah secara tidak langsung dapat menjadi jaminan jika pinjaman tidak dibayarkan secara tepat waktu. Sehingga proses terjadinya kredit macet dapat diminimalisir sekecil mungkin dan tidak merugikan pihak pemberi pinjaman.

Nilai Rumah Tetap Terjaga

Apabila dibandingkan dengan aset lainnya, rumah merupakan salah satu aset paling menguntungkan karena memiliki nilai jual yang tinggi. Maka wajar sekali jika kalian rela merogoh kocel yang besar untuk membangun atau membeli sebuah rumah dan membeli produk asuransi untuk menjamin nilai rumah secara menyeluruh.

Jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam atau kerusuhan yang mengakibatkan rumah rusak, kalian tidak perlu mengkhawatirkan nilai jual rumah kalian. Dengan asuransi ini, nilai jual rumah tetap tinggi karena pihak asuransi bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Aman dari Tuntutan Hukum

Kalian bisa membayangkan jika rumah kalian kebakaran dan ada korban terluka, mau tidak mau kalian harus bertanggung jawab atas seluruh biaya pengobatan korban. Untungnya jika rumah kalian diasuransikan, maka biaya ini akan menjadi tanggun jawab pihak asuransi juga.

Jika biaya pertanggungan terlambat dibayarkan kepada korban, setidaknya pihak asuransi sendiri yang akan meluruskan masalah ini. Sehingga kalian sebagai nasabah akan terbebas dari segala tuntutan hukum.

Melindungi Isi Bangunan

Manfaat asuransi rumah yang selanjutnya adalah melindung isi bangunan. Jika rumah terkena dampak bencana alam atau apapun yang menyebabkan isi rumah rusak atau hilang, maka pihak asuransi siap menalangi sebagaian kerugiannya.

Meringankan Pengeluaran

Dan yang terakhir adalah meringankan biaya pengeluaran. Pihak asuransi akan membantu untuk mengatasi masalah biaya, jadi kalian tidak akan mengeluarkan biaya full 100% karena akan dibantu oleh pihak asuransi. Bukan hanya satu kali saja, namun perusahaan asuransi siap bertanggung jawab atas kerugian kalian hingga berulang-ulang. Untuk jumlah penanggulangan kerugian tergantung pada premi bulanan serta kebijakan perusahaan asuransi tersebut.

Nah itulah beberapa manfaat asuransi rumah yang dapat kalian peroleh. Disamping itu kalian juga wajib memilah dan memilih perusahaan asuransi yang akan kalian gunakan agar segala sesuatu dapat diurus dengan mudah dan lancar.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai asuransi pendidikan anak terbaik yang telah myjourney.id sampaikan di postingan sebelumnya.

This div height required for enabling the sticky sidebar