Home / Keuangan / 7 Manfaat Menabung untuk Masa Depan yang Wajib Diketahui

7 Manfaat Menabung untuk Masa Depan yang Wajib Diketahui

/

Manfaat Menabung untuk Masa Depan – Setiap orang tua memang selalu mengajarkan kepada anak-anaknya untuk menyisihkan uang jajan mereka dan ditabung di celengan atau di bank. Hal ini tentu akan memiliki manfaat yang sangat baik di masa depan.

Sedari kecil jika kita sudah diajarkan untuk menabung, tentu di masa depan kita dapat merasakan manfaat dari menabung ini. Selain itu dalam menabung kita juga dapat mempelajari beberapa hal, seperti salah satunya adalah disiplin dan juga bersabar.

Disiplin dalam menabung disini dapat diartikan, jika kita selalu rajin menyisihkan uang untuk ditabung, tentu kita akan secara otomatis menyisihkan uang jajan kita untuk ditabung. Walaupun uang tersebut mungkin bukanlah memiliki nominal yang besar.

Namun peribahasa sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit memang sangat masuk akal. Nah disini dapat kita ambil hikmah dari perbihasa tersebut. Selain itu juga masih banyak sekali manfaat menabung untuk masa depan yang dapat kita peroleh nantinya. Lebih jelasnya langsung saja kita simak pembahasan mengenai manfaat menabung yang kami siapkan berikut:

Manfaat Menabung untuk Masa Depan yang Wajib Diketahui

Manfaat Menabung untuk Masa Depan 1

 

Manfaat Menabung untuk Masa Depan

Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh ketika kita menabung. Dengan menyisihkan uang jajan kita, kita akan menjadi lebih disiplin, mandiri serta belajar bersabar ketika ingin membeli sesuatu. Lebih jelasnya mengenai manfaat menabung diantarnya adalah sebagai berikut:

Belajar Mengatur Keuangan

Belajar untuk mengatur keuangan adalah manfaat menabung yang dapat kita peroleh. Kita dapat mengatur setiap keuanganm yang kita miliki, seperti dengan membagi-bagi uang tersebut untuk hal apa saja. Menabung juga tidak harus sekian, namun mungkin lebih dengan sebisanya saja.

Jika kalian memiliki uang saku Rp 10.000, kalian dapat menyisakan Rp 5.000 untuk ditabung atau Rp 3.000 untuk ditabung. Tidak harus setengah dari uang jajan kalian, akan tetapi lain halnya jika kalian mungkin menginginkan membeli sesuatu, maka mau tidak mau kalian harus benar-benar irit dalam hal pengeluaran, dan lebih baik anggarkan untuk ditabung lebih banyak.

Belajar Hidup Hemat

Manfaat menabung untuk masa depan yang kedua adalah kita dapat belajar hidu berhemat. Walaupun mungkin kita tidak sedang memiliki planning membeli barang atau lainnya, kalian juga masih tetap bisa menabung. Uang hasil tabungan juga tidak akan ada ruginya.

Jika kalian menyisihkan uang tabungan, tentu disini sudah pasti kalian dapat hidup berhemat, karena jika separuh uang kalian ditabung kalian masih memiliki uang. Namun lain halnya jika kalian tidak menyisihkan uang untuk ditabung mungkin kalian tidak memiliki uang karena sudah habis dipakai semua.

Belajar Menepati Janji

Nah disini juga penting kalian ketahui, berusaha menepati janji disini adalah dimana kita dapat membuat perjanjian dengan diri kita sendiri bahwa setiap hari kalian harus menabung separuh dari uang saku kalian. Maka disini kalian harus benar-benar belajar menepati janji tersebut.

Nah manfaat ini tentu akan kalian dapat di kemudian hari. Karena menabung adalah salah satu kegiatan positif yang sangat baik dan dianjurkan.

Memiliki Dana Cadangan

Kita juga akan memiliki dana cadangan. Terkadang kita suka lupa bahwa kita memiliki tabungan, nah disini tentu dapat dikatakan sebagai dana cadangan tak terduga. Uang hasil tabungan juga dapat kita gunakan sewaktu-waktu jika dalam keadaan genting atau gawat darurat seperti untuk membeli obat atau hal-hal lain yang dikira sangat penting.

Kalian bisa bayangkan jika pada saat gawat dan harus mengeluarkan uang yang lumayan, tapi kalian tidak memiliki tabungan.Tentu akan sangat bingung bukan? Maka dari itu menabung dari dini itu sangatlah bermanfaat dikemudian hari.

Belajar Mandiri

Manfaat menabung untuk masa depan yang selanjutnya adalah dengan kita belajar mandiri. Terkadang sewaktu kecil kita dapat meminta apa-apa kepad orang tua kita tanpa memikirkan apakah orang tua kita menyanggupinya. Nah dengan menabung, kita dapat membeli suatu barang dengan menggunakan uang hasil tabungan kita tanpa harus meminta kepada orang tua kita. Disini juga menjadi salah satu manfaat yang sangat baik, yakni belajar mandiri.

Belajar Bersabar

Dan selanjutnya adalah dengan belajar bersabar. Ketika kita ingin membeli barang yang mungkin sangat kalian inginkan, akan tetapi tabungan kita belum cukup untuk membelinya. Maka kalian harus dapat bersabar menunggu tabungan penuh atau cukup barulah kalian membeli barang tersebut. Jika berhasil terbeli tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bukan? Terlebih kalian membeli dengan hasil tabungan kalian sendiri tanpa meminta orang tua.

Mencegah Dari Berhutang

Terakhir adalah dapat mencegah kita dari perbuatan berhutang. Ketika kita tidak memiliki tabungan, kita sudah pasti dapat dipastikan meminjam uang kepada teman, tetangga atau mungkin kerabat lainnya. Namun lain halnya dengan kalian memiliki tabungan, kalian hanya perlu mengambil uang tabungan kalian tanpa perlu berhutang.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai manfaat menabung untuk masa depan yang dapat kalian simak diatas. Menabung merupakan salah satu kegiatan yang sangat baik dan memiliki manfaat yang besar. Maka dari itu ajarkan anak-anak atau adik-adik kalian untuk menabung sejak dini. Jangan lupa baca artikel lain mengenai cara mengatur keuangan rumah tangga dipostingan sebelumnya. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar