Home / Pajak / Pengertian Pajak Mobil : Biaya, Cek, Hitung & Bayar

Pengertian Pajak Mobil : Biaya, Cek, Hitung & Bayar

/

Pengertian Pajak Mobil – Pajak merupakan pungutan wajib yang berasal dari rakyat untuk negara. Dimana setiap rupiah uang pajak yang dibayar oleh rakyat akan masuk ke dalam pendapatan negara.

Pajak sendiri digunakan untuk membiayai keperluan belanja pemerintah pusat ataupun daerah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu jenis pajak yang menyumbang pendapatan negara yang besar adalah pajak kendaraan bermotor.

Dimana pajak kendaraan bermotor meliputi pajak mobil dan pajak motor. Nantinya uang pajak mobil akan dipergunakan lagi oleh pemerintah untuk membangun infrastruktur, membuat dan merawat jalan umum ataupun jalan tol.

Dari pengertian pajak diatas bisa disimpulkan bahwa pajak memang sangat penting dan wajib untuk dibayarkan. Tanpa pajak maka negara akan kesulitan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Pengertian Pajak Mobil dari Biaya, Cek, Hitung dan Bayar

Pengertian Pajak Mobil Biaya Cek Hitung Bayar

Salah satu pajak kendaraan yang penting untuk diketahui adalah pajak mobil. Buat kamu yang punya kendaraan roda empat, maka wajib untuk mengetahui pengertian pajak mobil dibawah ini.

Apa Itu Pajak Mobil

Pajak mobil adalah pajak atas kepemilikan dan atau penguasaan kendaraan bermotor. Pada pajak mobil dikenal juga dengan pajak progresif kendaraan bermotor, dimana pajak tersebut merupakan tarif pemungutan pajak dengan persentase yang diambil dari jumlah kendaraan yang dimiliki pada satu nama.

Untuk Apa Pajak Mobil

Banyak orang yang bertanya untuk apa pajak mobil harus diperhatikan dan dibayar. Pajak kendaraan roda empat ini akan digunakan oleh pemerintah untuk kebutuhan pertahanan dan keamanan negara serta membangun infrastruktur jalan.

Kapan Pajak Mobil Harus Dibayar

Undang-Undang RI No. 28 Tahun 2009 menjelaskan secara detail bahwa pajak mobil atau pajak kendaraan bermotor wajib dibayarkan selama 1 tahun sekali. Jika pemilik mobil melewati batas pembayaran pajak, maka mereka akan dikenai denda pajak mobil yang nilainya tentu saja akan lebih mahal dibandingkan membayar pajak mobil secara tepat waktu.

Jenis Pajak Mobil

1. Pajak Tahunan

Jenis pajak tahunan adalah pajak yang biasa dilakukan untuk pengesahan STNK. Dimana kamu dapat membayar pajak tahunan secara online ataupun langsung ke kantor Samsat.

2. Pajak Lima Tahunan

Jenis pajak lima tahunan adalah pajak yang dilakukan lima tahun sekali yang sekaligus mengganti STNK dan pelat mobil. Untuk membayar pajak lima tahunan bisa dilakukan secara online ataupun offline.

Daftar Biaya Pajak Mobil

Perlu diketahui bahwa setiap jenis dan tipe mobil memiliki nilai pajak kendaraan yang berbeda-beda. Sehingga untuk memudahkan kamu mengetahui biaya pajak mobil, maka kamu harus tahu rincian biaya pajak mobil dibawah ini.

1. Tarif Pajak

  • Kepemilikan mobil oleh orang pribadi sebesar 2% dan meningkat 0,5% untuk setiap penambahan kendaraan motor atau yang dikenal tarif pajak progresif.
  • Kepemilikan kendaraan bermotor dari badan tarif pajak 2%.
  • Kepemilikan kendaraan bermotor alat berat dibebankan tarif 0,20%.
  • Kepemilikan kendaraan bermotor TNI/POLRI, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah 0,50%.
  • Kepemilikan kendaraan bermotor oleh sosial keagamaan dan keagamaan serta lembaga sosial sebesar 0,5%.

2. Biaya Lain

  • Denda pajak kendaraan bermotor dari denda PKB 25% per tahunnya.
  • Denda pajak SWDKLLJ sebesar Rp 100.000.
  • Biaya administrasi jika ganti pelat nomor 5 tahun sekali ataupun balik nama untuk kendaraan lama sedangkan kendaraan baru tidak dikenai biaya tersebut.
  • Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan atau SWDKLLJ sebesar Rp 143.000.
  • PKB besarannya 1,5% dari nilai jual kendaraan dan akan turun tiap tahun mengikuti pengurangan nilai jual mobil tersebut
  • BBN KB atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor besarnya 10% dari harga kendaraan baru sedangkan bekas sebesar 2/3 dari pajak kendaraan bermotor atau PKB.

Cara Cek Pajak Mobil

Sekarang masyarakat bisa dengan mudah untuk mengecek pajak mobil mereka lewat online bisa di Laptop ataupun HP Android. Kamu tinggal kunjungi website dibawah ini yang sesuai dengan daerah dimana STNK mobil kamu disahkan.

Cara Hitung Pajak Mobil

1. Menghitung Pajak Mobil 1 Tahunan

Setiap tahun pemilik mobil harus membayar pajak mobil tahunan dimana untuk perhitungannya adalah PKB + SWDKLLJ + Biaya Administrasi. Untuk PKB sendiri menghitungnya dari 2% nilai jual mobil, lalu untuk biaya SWDKLLJ sebesar Rp 143.000 dan biaya administrasi pengesahan STNK sebesar Rp 50.000.

2. Menghitung Pajak Mobil 5 Tahunan

Berbeda dengan pajak 1 tahunan, untuk menghitung pajak mobil 5 tahunan menggunakan rumus sebagai berikut PKB + SWDKLLJ + Biaya Pengesahan STNK + Biaya Administrasi TNKB + Biaya Penerbitan STNK + Biaya Lain. Untuk rincian jumlah besaran biayanya bisa simak dibawah ini :

  • TNKB : Rp. 100.000
  • Biaya Penerbitan STNK : Rp. 200.000
  • Biaya Pengesahan STNK : Rp. 50.000

Biaya diata belum termasuk dengan biaya denda mobil yang sebesar 25% per tahun jika kamu telat membayar pajak mobil. Jadi pastikan untuk membayar pajak mobil kamu tepat waktu.

Cara Bayar Pajak Mobil

Sebelumnya Myjourney.id sudah memberitahukan cara bayar pajak mobil online. Jika kamu ingin lebih mudah membayar pajak maka ikuti langkah yang lewat online, namun jika ingin menggunakan cara yang offline dan harus ke ATM maka bisa ikuti cara dibawah ini.

1. Bayar Pajak Mobil Lewat ATM

  • Silahkan kunjungi mesin ATM terdekat
  • Lalu pilih menu “Bayar” dan pilih “Menu Lainnya
  • Pada menu lainnya kamu cari menu “Pajak/Penerimaan Negara
  • Setelah itu kamu pilih menu “e-Samsat
  • Kemudian kamu masukkan nomor polisi dan ikuti petunjuk dari mesin ATM
  • Klik bayar PKB dan simpan struk pembayaran yang keluar dari mesin ATM.

2. Bayar Pajak Mobil Lewat Kantor Samsat

  • Kunjungi kantor samsat terdekat
  • Lalu ambil dan mengisi formulir pembayaran pajak mobil yang biasanya ditaruh dekat dengan loket Samsat
  • Lalu setelah diisi baru serahkan formulir tersebut ke petugas Samsat, tinggal anda menunggu dipanggil.

Itulah informasi mengenai pengertian pajak mobil lengkap yang bisa kami sampaikan untuk kamu. Semoga informasi diatas bisa memberikan edukasi tentang pentingnya membayar pajak mobil secara tepat waktu.

This div height required for enabling the sticky sidebar