Home / Keuangan / 13 Perbedaan Kartu Kredit Visa dan MasterCard 2020

13 Perbedaan Kartu Kredit Visa dan MasterCard 2020

/

Perbedaan Kartu Kredit Visa dan MasterCard – Kartu kredit memiliki banyak sekali jenis, diantaranya adalah Visa dan MasterCard. Apakah kalian sudah mengetahui perbedaan diantara keduanya? Nah bagi yang belum tahu, kami akan membahasnya pada pertemuan kali ini.

Kita ketahui bahwa saat ini pengguna kartu kredit terus meningkat di setiap tahunnya, hal ini tentu bukan tanpa alasan karena kartu kredit memiliki banyak sekali kemudahan dan keuntungan yang dapat dinikmati oleh penggunanya.

Salah satunya adalah kita dapat dengan mudah membeli sebuah barang dengan cara dicicil tanpa adanya bunga. Selain itu untuk tarik tunai juga dapat kita lakukan dengan mudah. Selain memiliki sisi kelebihan, kartu kredit juga memiliki sisi kekurangannya.

Diantaranya adalah sering kali pengguna tidak kontrol dengan penggunaannya sehingga menjadi masalah finansial di kemudian hari karena keteledoran dalam penggunaan kartu kredit. Maka dari itu kita harus lebih bijak dalam penggunaanya.

Perbedaan Kartu Kredit Visa dan MasterCard

Perbedaan Kartu Kredit Visa dan MasterCard

Kembali ke pembahasan utama mengenai perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard, langsung saja kita simak ulasan mendalam yang telah kami siapkan berikut ini.

Apa Itu Kartu Kredit Visa dan MasterCard

Sebelum kalian menjatuhkan pilihan mengenai kartu kredit apa yang nantinya akan kalian gunakan, alangkah baiknya untuk mengetahui perbedaan antara kartu kredit Visa dan MasterCard.

Perlu kalian ketahui bahwa keduanya adalah perusahaan yang menerbitkan termasuk tujuannya dalam membuat alat transaksi elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia saat ini. Lebih jelasnya berikut deskripsi kedua perusahaan tersebut:

Visa

Visa merupakan sebuah perusahaan teknologi global yang bertujuan untuk meningkatkan kehidupan dan perekonomian di seluruh dunia. Dengan produk, pengetahuan, pengalaman dan pemikiran yang berbeda untuk membawa perubahan yang lebih baik dan positif.

Visa International Service Association (VISA.INC) berlokasi di Foster City, California. Perusahaan ini terus mengembangkan kerja samanya dengan berbagai pedangan di seluruh dunia demi kemudahan para nasabahnya.

MasterCard

MasterCard Worldwide, penerbit MasterCard ini berlokasi di Purchase, New York. Memiliki banyak produk yang inovatif, perusahaan ini bertujuan untuk mengubah cara hidup masyarakan dengan transaksin elektronik dengan teknologi yang canggih.

Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Kartu Kredit MasterCard

Kedua perusahaan tersebut adalah provider kartu kredit yang bekerjasama dengan banyak merchant di seluruh dunia demi kemudahan transaksi elektronik nasabahnya. Setelah mengetahui asal usulnya, kalian juga sebaiknya mengetahui perbedaan keduanya. Berikut perbedaan antara kartu kredit Visa dan MasterCard:

Perusahaan

Perbedaan yang pertama adalah mengenai perusahaan yang menerbitkannya. Dimana Visa merupakan produk dari VISA.INC, sedangkan MasterCard adalah produk dari MasterCard Worldwide.

Jangkau Wilayah

Intinya produk kartu kredit berlogo Visa dan MasterCard ini dapat digunakan pada merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan provider tersebut.

Masing-masing provider memiliki cakupan wilayah masing-masing, dimnana Visa umumnya lebih banyak digunakan di wilayah Asia. Sedangan MasterCard banyak digunakandi wilayah Eropa dan Amerika.

Fitur dan Benefit

Jenis dan juga fitur dari keduanya memang serupa, namun masih ada beberapa perbedaan kecil antara manfaat dari keduanya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kartu kredit terbitan Visa dan MasterCard yang jauh berbeda, atau dengan kata lain bukanlah kartu kredit Classic, Gold dan Platinum.

1. Visa Signature

Kartu kredit ini diperuntukan bagi pengusaha dan profesional ternaman. Syarat pengajuan kartu kredit ini pun cukup sulit karena mencakup penilaian kelayakan harta seperti deposiot, tabungan, investasi, rekening koran dan lainnya. Adapun manfaat dan keuntungannya adalah sebagai berikut:

  • Limit sangat besar (mulai dari Rp 100 juta hingga tak terbatas)
  • Fasilitas lengkap (misal: airport lounge facility, travel assist, hingga keanggotaan golf club)

2. Visa Infinite

Ini juga merupakan kartu kredit eksklusif yang tidak dapat dimiliki secara umum karena salah satu syarat pengajuannya adalah memiliki aset senilai US$100 ribu atau setara dengan Rp 1 milyar.

Disamping itu kalian juga harus terdaftar sebagai nasabah dengan status premium yang memiliki rekening, deposito atau investasi dari bank penerbit kartu. Adapaun manfaat dan keuntungannya adalah:

  • Limit kartu besar (mulai dari Rp50 juta hingga tak terbatas)
  • Fasilitas lengkap (misal: asuransi perjalanan, travel assist, akses jet pribadi hingga special priority pass)

3. World MasterCard

Kartu kredit ini memiliki fitur serupa dengan Visa Infinite. Selain itu syarat pengajuannya juga hampir sama, akan tetapi untuk menghindari biaya tahunan, kalian wajib bertransaksi lebih dari Rp 75 juta dalam setahun. Adapun manfaat dan keuntungannya adalah:

  • Dapat diterima di mayoritas negara di dunia.
  • Fasilitas kemudahan dalam melakukan reservasi di airport, dan lainnya. Kartu ini juga memberikan layanan Identity Theft Resolution Service, yaitu layanan untuk melindungi identitas pemilik.

4. World Elite MasterCard

Merupakan kartu dengan tingkatan tertinggi terbitan MasterCard. Kartu ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan hidup jet set yang senang bepergian (traveling) ke seluruh dunia. Manfaat dan keuntungannya adalah:

  • Kemudahan dalam berbagai aspek (misal: reservasi hotel berkelas tinggi, di airport, restoran mewah, dan lainnya).
  • Fitur Identity Theft Resolution Service, yaitu layanan untuk melindungi identitas pemilik.

Keamanan dan Perlindungan

Transaksi online memang memiliki resiko yang cukup besar, maka dari itu penting bagi provider kartu kredit untuk selalu memberikan perlindungan untuk para nasabahnya demi mengantisipasi segala bentuk penipuan dan penyalahgunaan.

Dari segi keamanan, keduanya menerapkan sistem yang berbeda, yakni sebagai berikut:

  • VISA sendiri menawarkan sistem keamanan nasabah berupa pin statis atau One Time Password (OTP) ke dalam jendela “Verified by VISA”. Pin statis atau OTP ini akan dikirimkan pada saat pemilik kartu kredit hendak melakukan transaksi ke nomor telepon genggam yang pemilik daftarkan.
  • Sedangkan MasterCard menawarkan proteksi nasabah berupa Secure Code. Secure Code ini merupakan kode pin tambahan yang harus dimasukkan pengguna ketika bertransaksi secara online. Pin tersebut dapat dibuat sendiri secara online sehingga tidak perlu repot-repot ke bank.

Biaya dan Lain-lain

Dan perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard yang terakhir adalah biaya. Salah satu biaya yang sudah pasti muncul ketika bertransaksi adalah biaya transaksi. Biaya ini tentu berbeda-beda, jelasnya mari kita simak berikut ini:

  • Jika kalian bertransaksi di luar negeri, maka kartu kredit Visa akan mengenakan biaya sebesar 1% dari total transaksi kalian.
  • MasterCard memiliki biaya yang berbeda-beda, yaitu berkisar 0,2% hingga 1% tergantung dari lokasi transaksi dilakukan.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai perbedaan antara kartu kredit berlogo Visa dan MasterCard yang dapat kalian pahami dengan seksama. Bijaklah dalam penggunaan kartu kredit agar nantinya tidak mengalami hal-hal yang merugikan diri kita.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara menghitung bunga kartu kredit yang telah myjourney.id sampaikan di postingan sebelumnya.

This div height required for enabling the sticky sidebar