Home / Keuangan / 4 Perbedaan Tabungan dan Deposito yang Perlu Diketahui

4 Perbedaan Tabungan dan Deposito yang Perlu Diketahui

/

Perbedaan Tabungan dan Deposito – Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Deposito dan juga Tabungan. Tabungan dan Deposito ini memiliki perbedaan yang sangat jauh sehingga kalian dapat melihatnya dari beberapa sisi, sebagai contoh adalah dengan melihat dari sisi fungsi, kegunaan dan juga karakteristik yang ada di keduanya. Maka dari itu disini kita akan mengupas tuntas mengenai perbedaan tabungan dan deposito yang perlu diketahui.

Dari segi pengertian mungkin kita dapat mengetahui bahwa Tabungan ini memiliki arti suatu simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan dengan syarat tertentu yang telah disepakati, namun tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro dan alat lain yang persamakan dengan hal itu. Tujuan menabung di bank juga untuk menyisihkan sebagian hasil pendapatan kita untuk dikumpulkan sebagai cadangan di lain waktu atau masa depan dan juga sebagai alat untuk melakukan transaksi bisnis atau usaha individu/kelompok.

Tabungan juga dapat ditarik dengan melalui slip penarikan di bank, kartu atm, formulir transfer, internet banking, mobile banking, sms banking dan lainnya. Nah sedangkan untuk deposito sendiri adalah salah satu produk bank sejenis jasa tabungan yang biasa ditawarkan kepada masyarakat. Dan dana dalam deposito juga dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan persyaratan tertentu. Pada umumnya deposito juga memiliki jangka waktu tertentu untuk soal penarikan.

Deposito juga dapat dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang biasa 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Jika deposito dicairkan sebelum jatuh tempo maka nasabah akan terkena pinalti. Deposito juga akan diperpanjang secara otomatis setelah jatuh tempo hingga pemilik mencairkan depositonya. Bunga juga dapat diambil setelah jatuh tempo atau dapat dimasukan kembali ke pokok deposito pada periode berikutnya. Baiklah untuk lebih lengkapnya langsung saja kita simak pembahasan utama mengenai perbedaan tabungan dan deposito yang wajib diketahui berikut ini.

Perbedaan Tabungan dan Deposito yang Perlu Diketahui

Perbedaan Tabungan dan Deposito yang Perlu Diketahui
Perbedaan Tabungan dan Deposito yang Perlu Diketahui

1. Bunga Deposito Lebih Tinggi Dibandingkan Tabungan

Perbedaan Tabungan dan Deposito yang pertama adalah dimana bunga deposito dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan. Keuntungan dari memasukkan dana ke deposito adalah nasabah akan mendapatkan bunga berkisar 5% hingga 7% dari jumlah dana. Sedangkan untuk bunga tabungan hanya berkisar 0,5% sampai 3%. Dengan bunga yang lebih besar maka perkembangan uang nasabah akan otomatis lebih cepat.

2. Fleksibilitas Penarikan Uang

Seperti yang kita ketahui bahwa kalian dapat dengan mudah mengambil dana di tabungan kapanpun dan dimanapun dengan melalui mesin ATM. Namun hal ini tidak berlaku dengan deposito karena kita harus mengikuti tenor waktu yang telah disepakati, seperti yang sudah dibahas diatas bahwa biasanya pengambilan dana deposito memiliki tenor 1 bulan hingga 12 bulan. Jika pengambilan belum jatuh tempo maka nasabah akan terkena pinalti. Dengan kata lain jika kita memiliki deposito maka kita dapat mengatur keuangan dengan lebih baik.

3. Deposito untuk investasi dan Tabungan untuk Menabung

Bunga deposito yang lebih tinggi dari tabungan menjadikan deposito menjadi produk investasi yang paling minim resiko. Akan tetapi bunga yang didapat juga lebih kecil dibandingkan dengan produk investasi lainnya. Bagi kalian yang masih awam dalam urusan investasi, kalian dapat menjadi deposito sebagai awal belajar berinvestasi. Lain halnya dengan deposito, tabungan bukan untuk berinvestasi namun hanya untuk sekedar menabung dan menyimpan uang untuk masa depan. Tabungan juga dapat diambil sewaktu-waktu dalam keadaan darurat.

4. Bilyet dan Buku Tabungan

Apabila kalian membuka rekening tabungan, maka kalian akan memegang buku tabungan dan kartu atm sebagai bukti bahwa kalian memiliki tabungan di bank tersebut. Lain halnya dengan deposito, dimana kalian hanya akan mendapatkan bilyet deposito yang menandakan bahwa kalian selaku pemilik dari dana yang ada di deposito tersebut.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan deposito dan tabungan yang wajib diketahui. Perbedaan diatas sangatlah jauh, maka kalian dapat mendapatkan pengetahuan mengenai deposito dan tabungan. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan deposito dan tabungan, semoga baermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

This div height required for enabling the sticky sidebar