Home / Keuangan / √ Pinjaman KUR BRI Ditolak? Penyebab & Cara Mengatasi

√ Pinjaman KUR BRI Ditolak? Penyebab & Cara Mengatasi

/

Pinjaman KUR BRI Ditolak – Banyak masyarakat lebih memilih untuk mengajukan pinjaman produk KUR (Kredit Usaha Rakyat) di bandingkan dengan produk pinjaman lainnya. Hal ini dikarenakan bawah produk pinjaman KUR ini memiliki suku bunga yang sangat rendah.

Hampir setiap perusahaan perbankan menghadirkan produk pinjaman KUR, seperti Bank Mandiri, BNI, BCA, BRI dan lain sebagainya. Setiap KUR tersebut juga memiliki suku bunga yang sama. Nah, dari beberapa bank tersebut, KUR BRI menjadi pinjaman yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Berbicara mengenai KUR BRI, dalam hal pengajuan memang cukup mudah untuk disetujui. Namun dengan catatan, jika semua persyaratan yang kalian berikan sudah benar-benar lengkap dan lolos survey oleh mantri bank BRI. Dan bagi nasabah yang pengajuan PINJAMAN KUR BRI ditolak, ada beberapa faktor yang wajib kalian ketahui.

Diantaranya adalah kelengkapan dokumen, jaminan dan beberapa syarat lainnya. Lalu bagaiamana caranya mengatasi atau tips agar pengajuan KUR BRI disetujui? Daripada penasaran, langsung saja simak informasi lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi pinjaman KUR BRI ditolak berikut ini.

Pinjaman KUR BRI Ditolak? Penyebab & Cara Mengatasi

Pinjaman KUR BRI Ditolak

Penyebab Pengajuan Pinjaman KUR BRI Ditolak

Tidak semua pengajuan KUR BRI ini dapat langsung disetujui dengan mudah, pihak BRI juga selalu mempertimbangkan setiap nasabah yang mengajukan pinjaman tersebut dapat disetujui atau tidak. Biasanya pihak bank akan mengevaluasi setiap dokumen dan juga hal lainnya.

Nah bagi kalian yang mengajukan KUR BRI kemudian ditolak, kalian dapat mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan pengajuan kalian ditolak berikut ini.

1. Kelengkapan Dokumen

Penyebab pengajuan KUR BRI ditolak yang pertama adalah karena dokumen yang kalian lampirkan kurang lengkap. Seperti kita ketahui bahwa dokumen menjadi syarat wajib dan harus valid, mulai dari identitas serta dokumen penting lainnya.

Maka dari itu sebelum memutuskan mengajukan pinjaman, alangkah baiknya kalian mengecek terlebih dahulu apa semua persyaratan dokumen yang kalian miliki sudah lengkap. Semakin banyak dokumen pendukung, maka semakin besar pula kemungkinan pengajuan diterima.

2. Memiliki Riwayat Pinjaman yang Buruk

Jika kalian dirasa memiliki riwayat pinjaman yang buruk, lebih baik urungkan niat kalian untuk mengajukan pinjaman KUR BRI. Riwayat pinjaman yang buruk sangat berpengaruh dengan diterima atau tidaknya pengajuan kalian. Terkadang pihak BRI juga dapat langsung menolak pengajuan kalian pada waktu itu juga.

3. Memiliki Tunggakan atau Pinjaman Lain

Penyebab yang selanjutnya biasanya karena kalian memiliki tunggakan atau pinjaman di tempat lain. Ini sudah jelas menjadi pertimbangkan pihak bank BRI, karena mereka biasanya hanya ingin nasabah memiliki tanggunan pinjaman di bank BRI saja. Jika kalian memiliki tanggungan pinjaman di tempat lain, sebaiknya tutup pinjaman tersebut terlebih dahulu.

4. Tujuan Pengajuan KUR tidak Jelas

Pengajuan KUR BRI sebenarnya diperuntukkan untuk para pelaku UMKM yang pastinya memiliki bentuk usaha jelas. Pihak bank harus tahu betul tujuan pengajuan pinjaman itu untuk apa. Jika kalian tidak jelas dalam memberikan alasan tujuan pinjaman, maka pihak bank tidak bisa menerima pengajuan pinjaman kalian.

5. Tidak Memiliki Usaha

Tidak memiliki usaha yang jelas sudah pasti akan ditolak oleh pihak bank. Karena memiliki usaha yang nyata sudah menjadi salah satu persyaratan yang wajib.

6. Agunan Tidak Memenuhi Syarat

Dokumen jaminan atau agunan yang diminta oleh pihak bank biasanya berupa BPKB kendaraan bermotor, SPPT atau SHM. Jika kalian tidak melampirkan atau memberikan jaminan yang kurang memenuhi syarat, maka pihak bank akan menolak pengajuan pinjaman KUR BRI yang kalian ajukan.

7. Jumlah Pinjaman yang Diajukan Terlalu Besar

Setiap besaran pinjaman tentu memiliki batas maksimal. jika kalian mengajukan pinjaman yang melebih batas atau terlalu besar, pihak bank juga tidak bisa menerima pengajuan kalian. Untuk KUR BRI sendiri pinjaman maksimal adalah Rp 50 juta.

Tips Agar Pinjaman KUR BRI Diterima

Tips Agar Pinjaman KUR BRI Diterima

Agar pengajuan pinjaman dapat diterima oleh pihak bank, di bawah ini kalian dapat menyimak beberapa tips agar pengajuan pinjaman KUR BRI kalian tidak ditolak.

  • Pertama kalian dapat melengkapi persyaratan dokumen yang diperlukan.
  • Usahakan jika kalian tidak memiliki record pinjaman yang buruk.
  • Usahakan untuk tidak memiliki pinjaman di tempat lain ketika kalian memutuskan untuk mengajukan pinjaman di bank BRI.
  • Tujuan pengajuan harus jelas, yakni untuk mengembangkan usaha yang sedang kalian jalani saat ini.
  • Memiliki bentuk usaha yang jelas dan lancar dalam hal keuangan agar memudahkan petugas dalam proses survey.
  • Gunakan sertifikat tanah, rumah, SPPT atau jaminan lain yang resmi.
  • Ajukan besar pinjaman yang sesuai dengan nominal yang ada di brosur angsuran pinjaman KUR BRI.

Itulah penjelasan mengenai mengapa pinjaman KUR BRI ditolak dan bagaiaman cara mengatasinya. Mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat.

This div height required for enabling the sticky sidebar