Home / Keuangan / √ Pinjaman KUR BRI 2020 : Terbaik & Terbaru

√ Pinjaman KUR BRI 2020 : Terbaik & Terbaru

/

Pinjaman KUR BRI – Kredit Usaha Rakyar (KUR) merupakan program dari pemerintah yang sudah berjalan beberapa tahun belakangkan ini. Program tersebut menjadi solusi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memajukan usaha sedang dirintis.

Program KUR telah di ikuti oleh beberapa Bank ternama di Indonesia, termasuk Bank BRI yang mana salah satu perusahaan milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Pihak Bank BRI mengatakan semenjak wabah virus Covid 19, pengajuan KUR mengalami peningkatan cukup tinggi.

Menjadi Bank dengan nilai aset terbesar di Indonesia, Bank BRI menawarkan beberapa jenis KUR yang bisa calon debitur ajukan. KUR Super Mikro Bank BRI menjadi produk dengan minat cukup tinggi, karena syaratnya ringan, suku bunga 0% (hingga Desember) yang menariknya lagi tanpa agunan.

Perlu anda ketahui, KUR BANK BRI memiliki beberapa keunggulan yang membuat para pelaku UMKM lebih memilih produk KUR dari Bank BRI. Jika ingin mengetahui lebih jelas dan detailnya, mari simak saja pembahasan dari Myjourney seperti berikut ini.

Daftar Pinjaman KUR BRI Terbaik dan Terbaru

Daftar Pinjaman KUR BRI Terbaik dan Terbaru

Kurang lebih ada 4 produk KUR Bank BRI bisa anda pilih, masing-masing memiliki keuntungannya. Jika penasaran dan ingin tahu lebih mendalam, langsung saja simak dibawah ini.

1. KUR Mikro Bank BRI

KUR Mikro Bank BRI 1

Hadirnya program Kredit Usaha Rakyat atau KUR memang menjadi solusi bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). KUR Mikro Bank BRI bisa menjadi solusi paling tepat bagi anda semua, untuk mengetahui detail KUR Mikro BRI bisa simak ulasan berikut.

Keuntungan

Terdapat cukup banyak keuntungan jika anda mengajukan KUR Mikro Bank BRI, selain bisa mengembangkan usaha yang sedang dirintis, anda juga bisa mendapat keuntungan lain seperti berikut.

  • Jangka waktu panjang
  • Plafon kredit sampai 50 juta rupiah
  • Suku bunga hanya 6% efektif pertahun
  • Bebas biaya administrasi dan provis
  • Jangka waktu hinga 4 tahun bagi kredit modal kerja (KMK)
  • Kredit Investasi(KI) memiliki plafon hingga 5 (lima) tahun

Suku Bunga

Tidak hanya memberikan kemudahan bagi setiap calon debitur saja, KUR Mikro Bank BRI menawarkan suku bunga sebesar 6% efektif pertahun. Jika dihitung-hitung setiap bulan, calon debitur akan dikenakan suku bunga sebesar 0.5%.

Maksimal Plafon kredit

Jika anda ada keniatan untuk mengajukan KUR Mikro Bank BRI, alangkah baiknya mengetahui plafon kredit terlebih dahulu. Karena setiap produk KUR dari Bank BRI memiliki plafon yang berbeda-beda.

Pihak Bank BRI sudah menetapkan besaran plafon kredit KUR Mikro Bank BRI dengan minimal pinjaman sebesar 10 juta rupiah. Sedangkan maksimal plafon kredit mencapai 50 juta rupiah.

Jangka Waktu

Jenis KUR satu ini terdiri dari dua produk, pertama kredit modal kerja (KMK) yang mana memiliki plafon hingga 3 (tiga) tahun. Sedangkan produk Kredit Investasi(KI) memiliki plafon hingga 5 (lima) tahun. Setiap calon debitur bisa memilih plafon sesuai dengan kemampuan atau juga bisa anda hitung dari pendapatan bersih perbulan berapa.

Contoh saja anda memiliki penghasilan bersih 1 bulan 3 juta rupiah, maka anda pilih angsuran dibawah 1 juta rupiah. Anda bisa ambil plafon 36 bulan atau juga bisa yang 24, karena selisihnya tidak terlalu banyak. Besaran angsuran bisa dilihat dari tabel KUR BRI atau simulasi Bank BRI.

Syarat

  • Individu (perorangan) yang sudah menjalankan usaha produktif dan layak
  • Usaha sudah berjalan miniman 6 bulan
  • Tidak memiliki kredit dari perbankan lain kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB dan Kartu Kredit

2. KUR Kecil Bank BRI

KUR Kecil Bank BRI

Selain KUR Mikro Bank BRI, ada juga produk KUR Kecil Bank BRI. Meski keduanya memiliki fungsi yang sama, namun terdapat perbedaan dari segi plafon kredit, suku bunga dan jangka waktu pinjaman.

Keuntungan

Setiap produk KUR dari Bank BRI pastinya sama-sama memiliki kentungan, seperti halnya dengan KUR Kecil Bank BRI seperti dibawah ini.

  • Jangka waktu pinjaman panjang
  • Plafon kredit sampai Rp. 50 – Rp. 500 juta rupiah
  • Suku bunga hanya 6% efektif pertahun
  • Jangka waktu pinjaman hinga 4 tahun bagi kredit modal kerja (KMK)
  • Kredit Investasi (KI) memiliki plafon hingga 5 (lima) tahun
  • Bebas biaya administrasi dan provis

Suku Bunga

Tak heran jika banyak pelaku usaha UMKM lebih tertarik memilih Bank BRI bila dibandingkan dengan beberapa perbankan yang ikut serta program Kredit Usah Rakyat (KUR). Hal ini disebabkan suku bunga yang ditetapkan sebesar 6% efektif pertahun.

Jika dihitung-hitung suku bunga setiap bulannya, debitur dikenakan suku bunga 0.5% setiap bulannya. Bisa anda bandingkan saja dengan perbankan lainnya, pastinya lebih besar dari Bank BRI.

Maksimal Plafon kredit

Mengenai besaran plafon kredit KUR Kecil Bank BRI memiliki selisih cukup tinggi, jika KUR Mikro maksimalnya Rp. 50 juta rupiah, sedangkan KUR Kecil Bank BRI minimalnya Rp. 50 juta rupiah.

Lalu berapa maksimal plafon kredit KUR Kecill Bank BRI? Pihak dari Bank BRI telah menetapkan maksimal plafon kredit sebesar Rp. 500 juta rupiah. Besaran angka tersebut, nantinya akan disesuaikan dengan agunan dengan nilai tertentu sesuai dengan ketentuan dari pihak Bank itu sendiri.

Jangka Waktu

Seperti sudah kami sampaikan diatas, jika jangka waktu dari semua produk KUR yang ditawarkan oleh Bank BRI sama. Tinggal debitur tentukan saja sesuai dengan kemampuan angsuran per bulan seberapa besar.

Untuk jangka kredit modal kerja (KMK) yang mana memiliki plafon hingga 3 (tiga) tahun. Sedangkan produk Kredit Investasi(KI) memiliki plafon hingga 5 (lima) tahun.

Syarat

  • Sudah memiliki usaha produktif dan layak
  • Tidak memiliki kredit dari perbankan lain kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB dan Kartu Kredit
  • Usaha sudah berjalan miniman 6 bulan
  • Memiliki Surat Ijin Usaha Perorangan Mikro dan kecil (IUMK) atau Surat ijin lainnya
  • Agunan sesuai dengan peraturan Bank

3. KUR TKI Bank BRI

KUR TKI Bank BRI

KUR TKI Bank BRI merupakan pinjaman yang diberikan kepada debitur yang akan berangkat kerja ke negara yang sudah ditempatkan. Adapun beberapa ketentuan seperti syarat debitur dan syarat dokumen harus dilengkapi.

Keuntungan

Sudah pasti menguntungkan bagi debitur yang akan berangkat ke beberapa negara seperti Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan dan Malaysia. Berikut ini beberapa keuntungan lainnya.

  • Maksimal pinjaman Rp. 25 juta
  • Suku bunga rendah
  • Jangka waktu pinjaman panjang
  • Syarat ringan
  • Proses mudah dan cepat

Suku Bunga

Meski ini ditujukan kepada calon debitur yang akan berangkat kerja ke beberapa negara yang sudah dipilih. Dari pihak Bank BRI sudah menetapkan besaran suku bunga pertahun sama seperti produk KUR Bank BRI lainnya.

KUR TKI Bank BRI setiap bulannya dikenakan suku bunga sebesar 0.5%, jika dihitung selama satu tahun maka suku bunganya sebesar 6% efektif setahun.

Maksimal Plafon kredit

Merupakan program kredit bagi debitur yang akan bekerja menjadi TKI, maka maksimal plafon kredit tidak seperti produk KUR Bank BRI lainnya. Maksimal plafon kredit sebesar Rp. 25 juta rupiah.

Kenapa maksimal plafon kredit pada produk KUR TKI lebih kecil? Bank BRI mengacu ke pemerintah dimana penetapan besaran pinjaman KUR TKI.

Jangka Waktu

Lalu berbicara jangka waktu pinjaman produk KUR TKI, pihak dari Bank BRI sendiri memberi jangka waktu sampai 3 tahun atau menyesuaikan kontrak kerja debitur. Calon debitur juga bisa memilih jangka waktu pinjaman sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

Misalnya kredit ingin cepat selesai, maka bisa pilih jangka waktu pinjaman 1 tahun atau 2 tahun. Namun semua itu kembali lagi ke debitur, apakah sanggup dengan besaran angsuran yang sudah ditetapkan.

Syarat

  • Perorangan (Individu) calon TKI yang mau berangkat dan bekerja ke negara penempatan
  • Identitas diri berupa KTP dan Kartu Keluarga (Persyaratan administrasi)
  • Perjanjian kerja dengan pengguna jasa (Persyaratan administrasi)
  • Perjanjian penempatan (Persyaratan administrasi)
  • Paspor
  • Visa
  • Persyaratan lain sesuai dengan ketentuan

4. KUR Super Mikro Bank BRI

PS Myjourney

Terakhir adalah KUR Super Mikro Bank BRI, program terbaru ini dinilai sangat membantu bagi debitur yang baru menjalankan usaha dan membutuhkan modal. KUR Super Mikro bisa dikatakan lebih ringan, karena limit hanya 10 juta rupiah saja, lalu persyaratannya tidak seperti Kur lainnya.

Keuntungan

KUR Super Mikro sangat cocok bagi anda yang baru menjalankan usaha di tengah pandemi seperti sekarang ini. Selain proses pinjaman mudah, syarat gampang. KUR Super Mikro memiliki beberapa keuntungan lain seperti berikut ini.

  • Suku Bunga 0%
  • Proses mudah
  • Pengusaha baru bisa mengajukan kredit meski usaha baru berjalan
  • Jangka waktu pinjaman panjang Plafon kredit kecil

Suku Bunga

Merupakan program baru dari pemerintah, daya minat porduk KUR satu ini sangat tinggi. Selain persyaratan lebih ringan, untuk besaran suku bunga 0% karena sudah ditanggung oleh pemerintah.

Hanya saja suku bunga tersebut hanya berjalan hingga akhir tahun 2020, ditahun berikutnya debitur akan dikenakan suku bunga sesuai dengan ketetapan dari pihak Bank BRI.

Maksimal Plafon kredit

Sampai saat ini memang belum ada keputusan pasti dari pihak Bank maupun juga pemerintah, namu yang pasti maksimal plafon kredit sebesar Rp. 10 juta per debitur. Sedangkan minimal plafon kredit belum bisa dipastikan seberapa besar nominalnya.

Menjadi pinjaman tanpa agunan, KUR Super Mikro bisa menjadi alternatif bagi semua nasabah Bank BRI yang ingin usahanya tetap berjalan dan semakin maju. Hanya saja maksimal plafon KUR Super Mikro sangat kecil.

Jangka Waktu

Sedangkan jangka waktu pinjaman KUR Super Mikro Bank BRI kemungkian besar 1 sampai 3 tahun sama seperti lainnya. Setiap debitur bisa pilih jangka waktu pinjaman sesuai dengan kemampuan.

Agar keuangan tetap berjalan, setiap debitur harus pintar-pintar memutar otak. Misalnya saja ambil jangka waktu pinjaman yang panjang, dengan demikian uang yang masuk bisa untuk bayar angsuran dan bisa menambah modal.

Syarat

  • Memiliki usaha sedang berjalan
  • Usaha berjalan tidak harus 6 bulan dengan syarat ikuti program pendampingan
  • Tergabung dalam kelompok usaha
  • Memiliki anggota keluarga yang memiliki usaha
  • Untuk pegawai PHK memiliki usaha berjalan 3 bulan dengan pelatihan selama 3 bulan
  • Dapat kurang dari 3 bulan usaha sedang berjalan

FAQ

Apa Itu KUR Bank BRI?

KUR BRI adalah pinjaman khusus untuk pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usaha sedang dirintis

Berapa Besar Suku Bunga Perbulannya?

Bank BRI menetapkan suku bunga sebesar 0.5 per bulannya atau 6% pertahun

Berapa Lama Proses Pengajuan KUR BRI?

Tergantung pihak Bank masing-masing cabang

Seperti itulah informasi dapat Myjourney.id sampaikan kepada anda semua mengenai daftar pinjaman KUR dari Bank BRI. Semoga saja informasi seperti diatas bisa membantu dan menjadi referensi untuk pengajuan pinjaman KUR Bank BRI

This div height required for enabling the sticky sidebar