Home / Keuangan / 4 Prinsip Dasar Keuangan Syariah yang Harus Anda Tahu

4 Prinsip Dasar Keuangan Syariah yang Harus Anda Tahu

/

Prinsip Dasar Keuangan Syariah – Menjadi nasabah bank tentu saja kita akan menjadi prioritas bagi bank tersebut karena hal ini akan memberikan nilai yang baik para peringkat bank tersebut jika mereka berhasil memberikan layanan terbaik mereka pada setiap nasabah. Nah dari banyaknya jenis bank di Indonesia, tentu saja kalian sudah mengenal dong yang namanya Bank Syariah? atau bahkan anda adalah nasabah dari salah satu bank jenis Syariah yang ada di Indonesia?

Jika anda merupakan nasabah Bank Syariah, apakah anda juga sudah mengetahui apa itu prinsip dasar keuangan syariah? Biasanya sebelum anda di nobatnya menjadi nasabah bank Syariah tersebut, pada customer service akan memberikan pengarahan dan penjelasan tentang apa-apa saja yang harus anda ketahui dari bank Syariah tersebut. Namun terkadang kita sering lupa dan bahkan mengabaikannya dalam proses pendaftaran menjadi nasabah tersebut.

Maka dari itu bagi anda yang mungkin sudah tahu atau bahkan lupa dengan prinsip dasar keuangan syariah. Mungkin informasi yang akan kami bagikan ini akan mengingatkan dan memberikan anda wawasan tambahan terkait hal tersebut. Jadi ketika anda menikmati setiap layanan dan juga menikmati manfaat dari bank Syariah yang anda gunakan tersebut akan lebih puas karena anda telah mengetahui prinsip dasar keuangan Syariah itu seperti apa.

Seperti informasi yang kami peroleh, sebenarnya keuangan Syariah ini pada dasarnya selalu menganut pada sistem yang pelaksanaanya berdasarkan hukum Islam (Syariah). Sehingga hal-hal yang dianggap tidak baik dan tidak pantas sesuai ajaran agama Islam tentu saja akan di hilangkan dari bank Syariah ini. Hal tersebut tentu saja untuk memberikan sebuah menfaat yang lebih baik dan lebih berharga bagi setiap nasabah bank Syarian tersebut.

Prinsip Dasar Keuangan Syariah

Prinsip Dasar Keuangan Syariah
Prinsip Dasar Keuangan Syariah

Bahkan sebagai implementasi dari kaidah dasar muamallah yang ada sekarang ini, ada juga beberapa prinsip dasar yang menjadi pedoman utama agar aktivitas dalam ranah keuangan syariah tersebut sesuai dengan prinsip dasar yang di anutnya. Lalu apa saja sih prinsip dasar keuangan Syariah itu? untuk lebih jelasnya anda dapat melihat pemaparannya berikut ini.

1. Didasari dengan Good Governance

Dalam prinsip darar keuangan Syariah yang paling utama dan paling penting adalah adanya transparasi dalam kegiatan keuangan tersebut. Dengan adanya sistem transparasi tentu saja pihak bank syariah pun akan melihat dan mengetahui kemana arah uang yang dimiliki tersebut digunakan.

Selain dari pihak bank, adanya sistem transparasi ini otomatis juga akan memberikan dampak yang cukup positif terhadap nasabah karena mereka akan tahu uang yang mereka tabungkan di gelontorkan kemana dan dimana. Bahkan kita sebagai nasabah pun juga lebih pasti dan tidak ada istilah was-was dengan penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak Bank.

2. Didasari Aktivitas Nyata (Real Activities)

Sementara itu prinsip dasar keuangan Syariah juga di dasari pada aktivitas nyata atau lebih sering di ucapkan dengan istilah Real Activities. Adanya dasar atau prinsip ini tentu saja ada kaitannya dengan keterkaitan antara sektor ekonomi rill dan sektor keuangan yang merupakan salah satu ciri utama dari sistem keuangan bank Syariah.

Mengacu pada prinsip atau ciri tersebut, tentu saja uang murni atau uang real hanya berperan sebagai komoditi dan tidak akan bisa di manfaatkan sebagai komoditas oleh siapapun baik itu pihak bank ataupun pihak nasabah. Dengan begitu otomatis setiap ketidakjelasan akan selalu di hindari oleh kedua belah pihak. Bahkan dalam setiap transaksi yang dilakukan harus di dasari dengan adanya underlying assset yang kuat, terukur, dan jelas.

3. Berpegang Tinggi pada Etika (Ethical)

Salah satu prinsip dasar keuangan syariah yang tidak kalah pentingnya adalah adanya landasan terhadap Etika atau Ethical. Yang dimana nilai dan etika sendiri sangat di tekankan pada sistem kerja dari lembaga keuangan Syariah ini. Hal ini bertujuan untuk memperjelas bahwa sistem keuangan syariah ini sangat melarang keras seluruh kegiatan ekonomi yang tidak berpegan tinggi pada etika alias tidak berkeadilan.

4. Didasari Kerja Sama (Partnership)

Dan yang terakhir menjadi prinsip dasar keuangan syariah adalah didasari adanya sistem kerjasama atau Partnership. Dengan menjunjung tinggi rasa persaudaraan dan kerja sama yang kuat terutama untuk pihak-pihak yang berakad baik itu pihak bank ataupun pihak nasabah itu sendiri tentu saja akan sangat berdampak positif terhadap keberlangsungan yang mereka lakukan.

Adapun salah satu cara yang paling sering digunakan dalam prinsip dasar keuangan syariah ini adalah dengan menyediakan akad yang akan memungkinkan berbagai belah pihak yang akan melakukan kerjasama yang dimana inti dari akad tersebut adalah untuk membagi adil seluruh keuntungan yang didapat. Jadi didalam keuangan syariah tidak ada istilah untuk sekian persen dan sekian persen semuanya di bagi samarata yakni 50:50.

Itu dia beberapa prinsip dasar keuangan syariah yang mungkin perlu untuk anda ketahui agar kedepannya bagi anda yang ingin menjadi bagian dari keuangan syariah tahu betul tentang apa dan bagaimana keuangan syariah itu di kelola. Nah mungkin setelah anda mengetahui hal-hal diatas anda juga perlu membaca artikel tentang Cara Daftar Payoneer Gratis Dapat $25 yang masih terkait dengan sistem keuangan. Semoga informasi yang kami sampaikan diatas bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih.

This div height required for enabling the sticky sidebar