Home / Keuangan / √ Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri : 10 Penyebab & Cara Mengatasi

√ Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri : 10 Penyebab & Cara Mengatasi

/

Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri – Saat ini produk tabungan atau simpanan bank menjadi salah satu yang paling banyak dimiliki oleh setiap orang. Dimana dengan menabung atau menyimpan uang di bank, uang kita pastinya akan lebih aman dari tindak kejahatan. Namun berbicara mengenai kejahatan digital, saat ini banyak oknum kejahatan digital yang kerap melakukan aksinya dengan membobol saldo ATM nasabah. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi para pemilik saldo di ATM BRI atau ATM bank lainnya. Nah pada pembahasan kali ini myjourney.id akan memberikan beberapa informasi lengkap mengenai penyebab saldo ATM BRI berkurang dan bagaimana cara mengatasinya.

Saldo ATM BRI berkurang ini sebenarnya hampir minim terjadi, namun bukan berarti tidak pernah terjadi kasus seperti ini. Ada beberapa nasabah BRI yang melaporkan bahwa mereka kerap mendapatkan pesan penarikan tunai lewat SMS dengan nominal penarikan Rp 16 juta sehari. Bagi mereka yang panik mengalami kejadian seperti, mereka tentunya akan memilih untuk segera mendatangi kantor cabang BRI setempat dan meminta petugas bank untuk memblokir rekening nya untuk sementara waktu. Pihak BRI juga memberikan arahan khusus kepada para penerima sms penipuan yang berisi bahwa telah terjadi penarikan saldo di rekening dengan nominal sekian untuk tetap tenang menyikapinya.

Langkah pertama kalian dapat lebih dulu melakukan CEK SALDO REKENING BRI untuk memastikan apakah saldo benar-benar berkurang atau tidak. Apabila saldo tersebut benar-benar berkurang, maka kalian dapat langsung segera melaporkan hal ini ke pihak bank dan baru kemudian ke pihak yang berwajib. Terkadang saldo ATM BRI berkurang sendiri dikarenakan adanya kesalahan sistem. Maka dari itu pihak BRI akan senantiasa melakukan upgrade sistem pengamanan terhadap transaksi e-banking, jadi sebagai nasabah BRI kalian tidak perlu khawatir lagi akan terjadinya kasus saldo ATM BRI berkurang sendiri.

Perlu diketahui juga bahwa saldo ATM berkurang sendiri sebesar Rp 500 atau berkurang senilai Rp 2.500, Rp 6.500 atau nominal lainnya. Pengurangan saldo tersebut biasanya dikarenakan adanya potongan biaya admin ATM per bulan. Selain itu masih ada beberapa penyebab saldo ATM BRI berkurang sendiri yang akan kami bahas secara tuntas pada pertemuan kali ini. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi lengkap mengenai saldo ATM BRI berkurang yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri

Penyebab Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri

Kasus saldo ATM BRI berkurang sebenarnya juga kerap terjadi kepada nasabah bank lain seperti nasabah bank BCA, Mandiri, BNI, dan bank lainnya. Ada kalanya saldo rekening bank mereka tiba-tiba berkurang sendiri secara misterius. Padahal merek tidak merasa melakukan penarikan di rekening mereka. Nah, berikut ini beberapa penyebab saldo ATM BRI berkurang sendiri.

1. Saldo Berkurang Karena Potongan Biaya Transfer

Penyebab saldo ATM BRI berkurang sendiri biasanya dikarenakan ada potongan dari biaya transfer ATM BRI yang dilakukan oleh kalian. Biaya transfer biasanya berlaku jika kalian melakukan transfer ATM BRI ke bank BCA atau bank lain. Besaran BIAYA TRANSFER ATM BRI KE BCA tersebut biasanya Rp 6.500 per transaksi. Jika kalian mengalami hal seperti ini, kalian tidak perlu khawatir.

2. Saldo Berkurang Karena Potongan Biaya Admin Bulanan

Penyebab saldo ATM berkurang sendiri yang kedua adalah dikarenakan adanya pemotongan biaya admin bulanan. Bagi nasabah bank BRI tentunya sudah mengetahui akan hal ini. Dimana setiap PEMBUKAAN REKENING TABUNGAN BRI, petugas tentunya akan menjelaskan mengenai biaya admin bulanan setiap rekening BRI. Potongan biaya admin tersebut juga berbeda-beda di setiap jenis rekening.

3. Saldo Berkurang Karena Auto debit Pinjaman

Jika kalian mungkin pernah mendaftarkan nomor rekening BRI kalian di aplikasi pinjaman online untuk pembayaran auto debit, besar kemungkinan di setiap bulan aplikasi pinjaman online tersebut akan memotong saldo secara otomatis jika sudah masuk jatuh tempo pembayaran. Kalian juga tidak perlu khawatir akan hal ini, karena ini sudah menjadi ketentuan pembayaran dengan sistem auto debit. Untuk memastikan nya, kalian juga dapat mengecek MUTASI REKENING BRI.

4. Saldo Berkurang Karena Transfer Terjadwal

Perlu diketahui bahwa transfer ter jadwal merupakan fitur yang tersedia di internet banking dan juga mobile banking BRI. Dengan memanfaatkan fitur ini, kalian dapat melakukan transfer ke rekening lain sesuai nominal dan tanggal yang telah diatur. Transfer ter jadwal ini menerapkan sistem auto debit, maka dari itu kalian harus memastikan dana di rekening sumber pendebitan harus tersedia, jika tidak maka dapat menyebabkan saldo rekening menjadi berkurang atau minus.

5. Saldo Berkurang Karena Penggunaan Notifkasi SMS Banking

Penyebab saldo ATM BRI berkurang sendiri yang selanjutnya adalah karena kalian telah mengaktifkan notifikasi SMS Banking. Potongan saldo yang dibebankan biasanya hanya Rp 500. Dimana biaya tersebut akan dikenakan untuk setiap sms yang kalian terima. Jika kalian keberatan dengan biaya notifikasi tersebut, kalian bisa meminta petugas bank untuk menonaktifkan sms notifikasi tersebut.

6. Kasus Skimming

Penyebab saldo ATM BRI berkurang yang terakhir adalah dikarenakan adanya kasus skimming. Skimming sendiri merupakan suatu tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang ada pada strip magnetik kartu kredit maupun debit secara ilegal. Nah jika ada kasus seperti ini, kalian bisa langsung melaporkan ke pihak bank dan setelah pihak bank melakukan investigasi, barulah pihak bank akan membantu melaporkan tindakan ini ke kepolisian.

Cara Mengatasi Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri

Cara Mengatasi Saldo ATM BRI Berkurang Sendiri

Untuk menghindari saldo ATM BRI berkurang sendiri, kalian bisa mengetahui beberapa cara atau tips berikut ini agar saldo di ATM kalian tetap aman dan tidak berkurang karena tindakan kejahatan skimming atau lainnya.

1. Jangan Pernah Informasi PIN ATM

Jangan pernah sekalipun untuk memberikan informasi PIN ATM kalian kepada siapapun tak terkecuali kepada petugas bank BRI. Jika PIN telah diketahui oleh seseorang maka akan sangat fatal.

2. Lakukan Tarik Tunai di ATM Sesuai Prosedur Keamanan

Ketika kalian melakukan tarik tunai di ATM, lakukan penarikan sesuai dengan prosedur keamanan. Seperti halnya dengan menutupi jari pada saat memasukkan PIN. Karena biasanya kasus seperti skimming ini dilakukan dengan cara mengintai melalui kamera CCTV yang terdapat di dalam ruangan mesin ATM.

3. Ganti PIN ATM secara Berkala

Lakukan penggantian PIN secara berkala. Cara ini berfungsi untuk menjaga kerahasiaan PIN dari orang tidak dikenal.

4. Blokir ATM Apabila ada Transaksi Mencurigakan

Dan jika ATM kalian tertelan atau terjadi transaksi yang mencurigakan, kalian dapat langsung segera melakukan pemblokiran ATM. Hubungi call center BRI atau langsung datang ke kantor dan laporkan kepada petugas bank bahwa telah terjadi transaksi mencurigakan. Biasanya petugas akan langsung melakukan blokir kartu ATM tersebut untuk sementara waktu.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai penyebab saldo ATM BRI berkurang sendiri dan juga cara mengatasinya. Untuk menjaga agar tidak terjadi tindak kejahatan skimming yang cukup marak terjadi saat ini, kalian bisa melakukan beberapa tips agar transaksi aman yang telah kami sampaikan diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar