Home / Keuangan / 30 Syarat KUR Mandiri, Cara Pengajuan, Bunga & Biaya

30 Syarat KUR Mandiri, Cara Pengajuan, Bunga & Biaya

/

Syarat KUR Mandiri – Bank Mandiri adalah salah satu bank BUMN terbesar yang ada di Indonesia. Bank Mandiri memiliki banyak sekali produk layanan yang dapat dinikmati oleh para nasabahnya, mulai dari tabungan, deposito, kartu kredit, pinjaman/pembiayaan dan lain sebagainya.

Untuk pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai layanan produk pinjaman/pembiayaan milik Mandiri. Jenis pinjaman yang paling populer sampai saat ini adalah KUR (Kredit Usaha Rakyat). Hal ini dikarenakan produk KUR memang dikenal memiliki syarat dan cara pengajuan yang mudah.

Seperti kita ketahui juga bahwa bukan hanya Bank Mandiri saja yang memiliki produk pembiayaan KUR, melainkan ada beberapa bank lain seperti KUR BRI, KUR BNI SYARIAH dan masih ada beberapa bank lainnya. Kredit Usaha Rakyat milik Mandiri juga hadir dengan bunga yang ringan.

Bunga tersebut hanya 6% efektif per tahun atau 0,2% per bulan. KUR Mandiri juga dibedakan menjadi 4 jenis, yakni KUR Mikro, Ritel, TKI dan Khusus. Setiap jenis KUR tersebut juga memiliki syarat yang berbeda-beda. Lebih jelasnya mari kita simak ulasan lengkap mengenai syarat KUR Mandiri berikut ini.

Syarat KUR Mandiri, Cara Pengajuan, Bunga & Biaya

Syarat KUR Mandiri

Jenis Produk KUR Mandiri

Ada beberapa jenis KUR Mandiri yang dapat kalian ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. KUR Mikro

KUR Mikro hadir dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 25 juta per debitur dan jangka waktu maksimal 2 tahun.

2. KUR Ritel

KUR Ritel hadir dengan limit kredit di atas Rp 25 juta sampai maksimal Rp 200 juta per debitur. KUR Ritel juga memiliki jangka waktu maksimal pinjaman maksimal 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.

3. KUR Penempatan TKI

KUR Penempatan TKI hadir dengan limit kredit di atas Rp 25 juta per debitur dengan jangka waktu pinjaman disesuaikan dengan masa kontrak kerja atau maksimal 12 bulan.

4. KUR Khusus

Dan yang terakhir adalah KUR Khusus. KUR ini memiliki limit kredit di atas Rp 25 juta sampai Rp 500 juta yang diberikan kepada kelompok yang dikelola secara bersama dalam bentuk cluster dengan menggunakan Mitra Usaha untuk komoditas perkebunan rakyat, peternakan rakyat serta perikanan rakyat.

Suku Bunga, Biaya Administrasi & Lain-Lain

Suku Bunga/APR6% efektif per tahun atau setara 0,2% per bulan
Biaya ProsesRp 500.000
Biaya AdministrasiSesuai syarat dan ketentuan yang berlaku
Biaya AsuransiSesuai syarat dan ketentuan yang berlaku
Biaya ProvisiSesuai syarat dan ketentuan yang berlaku
Biaya MateraiRp 6.000
Biaya Pelunasan AwalSesuai syarat dan ketentuan yang berlaku
Biaya KeterlambatanSesuai syarat dan ketentuan yang berlaku

Persyaratan KUR Mandiri

Persyaratan Dokumen KUR Mandiri

Untuk syarat pengajuan, setiap jenis KUR memiliki beberapa persyaratan yang berbeda. Untuk informasi lebih jelasnya, kalian dapat simak berikut ini:

Persyaratan KUR Mikro dan KUR Ritel

  • Calon debitur/debitur tidak memiliki kartu kredit.
  • Calon debitur penerima KUR Mikro dan Kecil dapat sedang menerima KUR pada penyalur yang sama, kredit kepemilkan rumah, kredit/leasing kendaraan bermotor, kartu kredit dan resi gudang dengan kolektibilitas lancar.
  • Calon debitur/debitur masih memiliki baik kredit produktif atau kredit program di luar KUR namun yang bersangkutan telah melunasinya, maka diperlukan Surat Keterangan Lunas/Roya dengan lampiran cetakan rekening Koran dari Bank sebelumnya.
  • Tidak masuk dalam daftar hitam nasional penarik cek dan/atau bilyet giro kosong.
  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah dengan dibuktikan adanya KTP atau akta kelahiran, KK atau Surat Nikah dari instansi yang berwenang. Dan usia pada saat kredit lunas maksimal 60 tahun.
  • Memiliki usaha produktif yang layak dan telah berjalan selama 6 bulan.

Persyaratan KUR Penempatan TKI

  • Usia minimal 21 tahun dan dibuktikan dengan KTP atau Akta kelahiran dari instansi yang berwenang.
  • Calon TKI dimungkinkan berusia 18 tahun harus menyerahkan Surat Ijin dari Suami/Istri/Orang tua/ wali untuk bekerja di luar negeri.
  • Berdasarkan IDI – Bank Indonesia, calon debitur tidak memiliki kartu kredit atau memiliki kredit dengan kolektibilitas seluruhnya lancar dan tidak masuk dalam daftar hitam nasional penarik cek atau bilyet giro kosong.
  • Memiliki perjanjian kerja minimal 2 tahun dengan pengguna bagi TKI yang ditempatkan oleh PPTKIS, Pemerintah atau TKI yang bekerja secara perseorangan.

Cara Pengajuan KUR Mandiri Agar Diterima

Cara Pengajuan KUR Mandiri Agar Diterima

Setelah kalian mengetahi syarat KUR Mandiri diatas, langkah selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai cara pengajuan KUR Mandiri berikut ini.

1. Pertama kalian dapat mendatangi kantor unit layanan bank Mandiri terdekat di daerah kalian.

2. Kemudian temui petugas bank Mandiri dan tanyakan mengenai apa saja persyaratan, jenis dan informasi lain seputar KUR Mandiri.

3. Setelah petugas menjelaskan mengenai KUR Mandiri dengan lengkap dan jelas, kalian dapat memberikan persyaratan yang diperlukan kepad petugas.

4. Kalian nantinya diminta untuk mengisi formulir pengajuan KUR Mandiri.

5. Petugas juga akan menganalisis terlebih dahulu mengenai persyaratan yang kalian berikan. Untuk KUR Mikro dan Ritel biasanya petugas akan langsung melakukan survey ke lapangan.

6. Proses survey ini nantinya dapat menjadi pertimbangan oleh pihak bank apakah pengajuan kalian diterima atau tidaknya.

7. Apabila pengajuan diterima, pihak bank akan langsung menghubungi kalian melalui telepon.

8. Proses pencairan dana dan penandatangan kontrak nantinya dapat dilakukan di kantor bank tempat kalian mengajukan KUR Mandiri.

Tabel Angsuran KUR Mandiri

Tabel Angsuran KUR Mandiri

Kelebihan KUR Mandiri

  • Proses pengajuan KUR Mandiri dinilai mudah dan cepat
  • Jaminan/Agunan mendapatkan kredit berupa objek yang nantinya dibiayai
  • Bebas jaminan untuk KUR Mikro dan juga TKI
  • Suku bunga ringan dan efektif hanya 6% per tahun

Kekurangan KUR Mandiri

  • Proses pengajuan KUR Mandiri membutuhkan proses survey terlebih dahulu
  • Nilai kredit barang yang dijadikan agunana minimal 70% dan maksimal 100% dari nilai limit kredit

Seputar Pertanyaan KUR Mandiri

Apa Itu KUR Mandiri?

Adalah program pemerintah dalam bentuk kredit atau pembiayaan yang diberikan melalui Bank Mandiri kepada Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi UMKM.

Apa saja jenis produk KUR Mandiri?

KUR Mikro, KUR Ritel, KUR TKI dan KUR Khusus.

Berapa limit pinjaman KUR Mandiri?

Mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 500 juta.

Berapa tenor maksimal pinjaman KUR Mandiri?

12 bulan sampai 5 tahun tergantung jenis pinjaman yang dipilih.

Apakah KUR Mandiri perlu jaminan?

Ada beberapa jenis KUR yang wajib menggunakan jaminan, dan ada yang tidak memerlukan jaminan. Akan tetapi dengan adanya jaminan biasanya peluang untuk pengajuan disetujui akan lebih besar.

Berapa bunga KUR Mandiri?

6% efektif per tahun atau setara dengan 0,2% per bulan

Itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai KUR Mandiri mulai dari syarat pengajuan, cara, limit, bunga dan biaya yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar