Home / Pajak / 17 Syarat Pengambilan BPKB di Adira 2021 : Motor & Mobil

17 Syarat Pengambilan BPKB di Adira 2021 : Motor & Mobil

/

Syarat Pengambilan BPKB di Adira – Pembelian kendaraan bermotor memang selalu meningkat di setiap tahunnya, baik pembelian motor maupun mobil. Terkadang pembelian secara cash maupun kredit, hampir sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk melakukan pembelian kendaraan bermotor secara kredit. Hal ini dikarenakan selain banyak promo tanpa DP serta angsuran yang dinilai lebih meringankan di setiap bulannya.

Dibandingkan dengan pembelian secara cash, biasanya cara ini hanya dilakukan oleh mereka yang berada di kalangan atas yang memiliki cukup banyak uang. Berbicara mengenai pembelian kendaraan bermotor secara kredit, kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu perusahaan leasing terbaik di Indonesia, yaitu Adira Finance. Adira memang dikenal menjadi salah satu perusahaan leasing yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk pembelian mobil atau motor.

Walaupun kita tahu bahwa masih banyak perusahaan leasing terkemuka lainnya seperti NSC FINANCE, WOM, FIF dan lainnya yang bisa dipilih. Namun Adira Finance memiliki kelebihan lain dalam hal ini, dimana mereka selalu memberikan kemudahan kepada setiap konsumennya, seperti halnya pembayaran angsuran hingga pengambilan BPKB ketika kredit konsumen telah lunas. Nah di pembahasan kali ini myjourney.id akan memberikan informasi lengkap mengenai syarat pengambilan BPKB di Adira Finance.

Penting diketahui bahwasanya syarat pengambilan BPKB di Adira ini bisa dilakukan langsung oleh pribadi atau oleh orang lain dengan menggunakan surat kuasa. Lalu bagaimana prosedur pengambilannya? Apakah harus dilakukan di kantor Adira? Nah untuk penjelasan tersebut, lebih baik langsung saja simak informasi lengkap mengenai syarat pengambilan BPKB di Adira Finance yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

READ  10 Pajak Mobil Mewah di Indonesia Terbaru 2021
Syarat Pengambilan BPKB di Adira

Syarat Pengambilan BPKB di Adira Finance

Pengambilan BPKB biasanya dilakukan ketika angsuran sudah lunas atau bisa juga dilakukan bebarengan ketika melakukan pelunasan angsuran. Pengambilan bisa dilakukan langsung melalui kantor cabang Adira Finance terdekat di daerah kalian. Sebelum melakukan pengambilan BPKB, alangkah baiknya jika kalian mengetahui apa saja syarat diperlukan dalam hal ini. Nah pengambilan BPKB juga bisa dilakukan sendiri atau orang lain dengan menggunakan atau tanpa surat kuasa. Lebih jelasnya simak syarat pengambilan BPKB di Adira berikut ini.

1. Syarat Pengambilan BPKB di Adira Oleh Pemohon Kredit

  • Bukti pembayaran terakhir yang menunjukan bahwa nasabah telah melunasi semua kewajiban di Adira
  • Kartu Identitas (KTP) nasabah asli dan masih berlaku
  • Surat keterangan pindah alamat dari kelurahan jika alamat KTP saat ini berbeda dengan alamat KTP saat pengajuan kredit.

2. Syarat Pengambilan BPKB di Adira Selain Pemohon Kredit dengan Surat Kuasa

  • Kartu Identitas (KTP) asli & masih berlaku atas nama nasabah (pemberi kuasa) & penerima kuasa
  • Bukti pembayaran terakhir yang menunjukan bahwa nasabah telah melunasi semua kewajiban di Adira
  • Surat kuasa bermaterai asli yang berisi identitas pemohon kredit (pemberi kuasa), penerima kuasa dan identitas kendaraan. (contoh surat kuasa bisa dilihat di file form surat kuasa pengambilan BPKB yang di tandatangani)
  • Surat keterangan pindah alamat dari kelurahan jika alamat KTP saat ini berbeda dengan alamat KTP saat pengajuan kredit
  • Tanda tangan pemberi kuasa pada surat kuasa harus sama dengan tanda tangan KTP asli

3. Syarat Pengambilan BPKB di Adira Selain Pemohon Kredit Tanpa Surat Kuasa

  • Bukti kwitansi pelunasan asli.
  • Pengambilan BPKB wajib di sertai dengan KTP asli pihak pengambil sekaligus dokumen yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara debitur dengan pihak pengambil, contoh kartu keluarga atau surat nikah.
  • Surat untuk pengambilan BPKB wajib di sertai dengan materai.
  • Jika debitur telah meninggal wajib di sertai surat dari RT/RW setempat.
  • Jika ahli waris yang akan mengambil BPKB wajib melengkapi dengan bukti bahwa orang tersebut memiliki kekerabatan dengan debitur.
READ  Pengertian Pajak Mobil : Biaya, Cek, Hitung & Bayar

4. Syarat Pengambilan BPKB di Adira untuk Perusahaan

  • FC SIUP dan TDP aktif atau masih berlaku
  • Memberikan KTP asli pemilik perusahaan
  • Memberikan kwitansi pembayaran angsuran terakhir
  • Jika pengambilan BPKB diwakilkan, maka ada beberapa yang diperlukan :
    • Memberikan KTP asli atau yang masih berlaku atas nama pemilik perusahaan atau penerima kuasa.
    • Dan surat kuasa harus bermaterai dengan identitas pemberi kuasa, identitas kendaraan dan penerima kuasa.
    • Kemudian tanda tangan pemberi kuasa harus sama dengan tanda tangan KTP asli serta masih berlaku.

Tata Cara Pengambilan BPKB Kendaraan Bermotor di Kantor Adira Finance

Tata Cara Pengambilan BPKB Kendaraan Bermotor di Kantor Adira Finance

Setelah kalian mengetahui syarat pengambilan BPKB di Adira, maka berikutnya kami akan memberikan informasi terkait seperti apa tata cara pengambilannya. Pengambilan BPKB motor atau mobil tentunya harus dilakukan di kantor Adira Finance setempat. Lebih jelasnya simak prosedur berikut ini.

  1. Langkah pertama kalian bisa datangi kantor Adira Finance setempat dengan membawa persyaratan diperlukan.
  2. Temui petugas disana dan sampaikan bahwa kalian hendak mengambil BPKB.
  3. Petugas biasanya akan meminta kalian untuk mengisi formulir pengajuan pengambilan BPKB Kendaraan Bermotor.
  4. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan benar. Jika sudah, serahkan kepada petugas beserta syarat diperlukan.
  5. Nantinya petugas akan mengecek apakah semua persyaratan sudah benar dan lengkap.
  6. Jika semua berkas persyaratan dan lain-lain sudah benar, maka kalian BPKB Kendaraan Bermotor milik kalian akan diberikan oleh petugas.
  7. Petugas akan meminta tanda tangan surat bukti bahwa BPKB sudah diambil oleh yang bersangkutan.

Kesimpulan

Syarat mengambil BPKB Kendaraan Bermotor baik motor ataupun mobil di Adira Finance sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Kalian juga nantinya tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Jadi, jika ada oknum leasing yang meminta biaya ketika mengambil BPKB, kalian bisa mengabaikannya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai syarat pengambilan BPKB di Adira. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar