Tidak Bisa Login SSE Pajak ? Ini 10 Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Tidak Bisa Login SSE Pajak – Bagi kalian yang merupakan wajib pajak mungkin sudah tidak asing dengan SSE atau dikenal juga dengan Surat Setoran Elektronik Pajak. Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu SSE, Surat Setoran Elektronik Pajak ini merupakan layanan sistem pembayaran pajak yang dihadirkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan menggunakan formulir elektronik.

Jika kita sederhana kan, SSE pajak juga merupakan sistem pembayaran pajak secara online dengan Billing System. Seperti kita ketahui bahwa BAYAR PAJAK ONLINE menjadi aktivitas yang banyak dipilih oleh wajib pajak. Selain lebih efisien waktu dan mudah, kalian juga tidak perlu lagi datang ke kantor pajak hanya untuk melakukan kewajiban membayar pajak yang sudah ditetapkan.

Karena banyaknya wajib pajak yang melakukan pembayaran secara online, maka tak heran jika ada beberapa wajib pajak yang tidak bisa mengakses website DJP online. Tak jarang lonjakan akses terjadi menjelang tenggat pembayaran pajak, alhasil SSE Pajak menjadi terkendala. Salah satu kendala yang paling umum adalah wajib pajak tidak bisa akses SSE Pajak tersebut.

Membahas mengenai tidak bisa akses SSE Pajak, kalian tentu harus mengetahui lebih dulu apa saja yang biasanya menjadi penyebab wajib pajak tidak bisa login SSE Pajak. Nah jika kalian sudah mengetahui apa saja penyebabnya, maka kalian bisa dengan mudah menemukan solusi agar tidak bisa login SSE Pajak bisa teratasi. Baiklah daripada penasaran langsung saja simak informasi penyebab dan solusi tidak bisa login SSE Pajak berikut ini.

Tidak Bisa Login SSE Pajak

Penyebab Tidak Bisa Login SSE Pajak

Sebelum kita berlanjut ke pembahasan berikutnya mengenai apa saja jenis kode error DJP Online dan juga solusi mengatasi tidak bisa login SSE Pajak. Pertama kami akan membahas lebih dulu apa saja penyebab SSE Pajak tidak bisa diakses. Adapun penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Server Error

Penyebab tidak bisa masuk ke SSE Pajak pertama adalah karena adanya penyumbatan server karena banyaknya wajib pajak yang mengakses website DJP. Jika sudah demikian, SSE Pajak akan error karena website DJP tidak bisa menerbitkan ID Billing akibat server down.

2. NPWP Salah Input

Alasan selanjutnya adalah Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP yang dimasukkan salah. Jika NPWP tidak sesuai pada saat penginputan, maka portal DJP tidak akan bisa menerbitkan ID Billing.

3. KAP dan KJS Tidak Terdaftar di DJP

Selain NPWP, Kode Akun Pajak (KAP) atau Kode Jenis Setoran (KJS) yang salah juga dapat menyebabkan SSE Pajak tidak bisa login.

4. Nomor SK Tidak Sesuai

Penyebab selanjutnya adalah karena Nomor Surat Keputusan atau SK tidak sesuai. Ketika wajib pajak dikenai denda karena keterlambatan pelaporan pajak, maka DJP akan mengirimkan SK kepada wajib pajak tersebut. Nah jika wajib pajak salah memasukkan nomor SK ini, maka sistem SSE Pajak tidak dapat menerbitkan ID Billing.

5. Nomor Objek Pajak (NOP) Tidak Sesuai

Lalu untuk penyebab SSE Pajak tidak bisa login terakhir adalah karena Nomor Objek Pajak atau NOP tidak sesuai.

Jenis Kode Error DJP Online

Jenis Kode Error DJP Online

Penting diketahui juga sebagai wawasan bahwa ada beberapa jenis kode error DJP Online. Apa saja kode error tersebut, simak di bawah ini.

Jenis Kode ErrorKeterangan
Kode Error S0001NPWP Tidak Terdaftar
Kode Error S0002 Data Pengguna Tidak Ditemukan
Kode Error S0003 Password Tidak Sesuai
Kode Error S0004Pengguna Belum Aktif
Kode Error S0005 Email Sudah Digunakan
Kode Error S0006 Kegagalan Autentikasi
Kode Error S0007 Invalid Credentials

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login SSE Pajak

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login SSE Pajak

Setelah membahas mengenai penyebab dan juga jenis kode error DJP Online, berikutnya kalian bisa langsung simak penjelasan lengkap terkait solusi mengatasi tidak bisa akses SSE Pajak. Sebenarnya tidak bisa login SSE Pajak ini bukanlah masalah yang cukup serius, asalkan kalian benar pada saat mengisi data yang sesuai. Namun jika kalian masih bingung akan hal ini, kalian bisa menghubungi atau mendatangi kantor Pajak setempat untuk mendapatkan arahan dari pihak Pajak.

Namun apabila kalian sudah mengetahui beberapa jenis error dan juga penyebabnya, kami rasa semua masalah tersebut bisa teratasi tanpa harus mendatangi kantor pajak atau menghubungi Call Center DJP.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai penyebab dan solusi tidak bisa login SSE Pajak. Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa masalah ini tidak terlalu serius, kalian hanya perlu mengecek kembali pada saat masuk ke website DJP Online, apakah semua data sudah sesuai atau belum.

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kalian simak diatas mengenai penyebab dan cara mengatasi tidak bisa login SSE Pajak. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Advertisements

Farah

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Ternam di Indonesia. Yang Sekarang Sedang Melanjutkan Program S1 Ekonomi di Perguruan Negri di Jakarta. Selain Menulis di Myjourney.id, Saya Juga Menulis di Beberapa Forum Ternama.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.