Home / Keuangan / 7 Tips Menabung untuk Mahasiswa yang Paling Tepat

7 Tips Menabung untuk Mahasiswa yang Paling Tepat

/

Tips Menabung untuk Mahasiswa – Menabung bisa dikatakan sebagai salah satu hal yang cukup penting. Karena dengan menabung atau menyisihkan uang ini nantinya dapat membantu kita dikemudian hari. Dan berbicara soal menabung, semua orang tentu sudah pernah belajar mengenai menabung ketika duduk di sekolah dasar. Dimana orang tua ataupun guru kita mengajari keuntungan dari menabung itu sendiri.

Bagi kita yang mungkin sudah bekerja, membuka rekening tabungan untuk menabung itu sangat perlu, namun bagi mahasiswa, apakah menabung itu perlu? padahal mereka masih belum memiliki banyak uang?Menabung bukan tentang mereka sudah bekerja atau belum, namun lebih kepada bagaimana kita semua bisa mengatur uang. Tips menabung untuk mahasiswa disini perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa yang dapat diterapkan di kehidupan kalian. Menyisihkan uang kita sebagian juga bisa membantu kita memanage keuangan kita agar kita tidak terlalu boros dalam hal pengeluaran.

Terlebih jika kita memiliki keinginan yang belum tercapai, sebagai contoh jika kita ingin membeli sesuatu dengan harga sekian, namun kita hanya dapat pemasukan uang saku dari orang tua kita, maka kita mau tidak mau harus menyisihkan uang saku tersebut agar bisa membeli sesuatu yang kita inginkan tadi. Disamping itu juga, dengan menabung kita juga dapat mengatur kebiasaan kita yang hobi berhura-hura sedikit-sedikit akan berkurang. Hal ini dapat terealisasi jika kita mengikuti tips menabung untuk mahasiswa yang akan kita bahas kali ini.

Bagi kalian yang mungkin sudah berumah tangga dan memiliki anak, alangkah baiknya jika kita mengajari ke anak kita lebih dini dalam hal menabung. Dengan mengajari dari dini kepada anak kita, kemungkinan besar kedepannya mereka akan lebih semangat untuk menabung karena menabung merupakan hal yang cukup penting bagi kehidupan kita nantinya. Nah baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai tips menabung untuk mahasiswa yang paling tepat berikut ini.

Tips Menabung untuk Mahasiswa yang Paling Tepat

Tips Menabung untuk Mahasiswa yang Paling Tepat
Tips Menabung untuk Mahasiswa yang Paling Tepat

1. Mengatur Pengeluaran

Tips menabung untuk mahasiswa yang pertama adalah dengan mengatur keuangan dengan benar dan teliti. Jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran yang biasa kita keluarkan. Jika ada salah satu barang atau lainnya yang tidak perlu dibeli lebih baik kurangi pengeluaran tersebut.

2. Prioritaskan Kebutuhan Masa Depan

Menabung memang menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan dan pasti. Kenapa pasti, karena dengan menabung sedikit-sedikit tentu nantinya akan terus bertambah banyak. Nah dengan hasil tersebut kita dapat membeli barang atau sesuatu yang kita inginkan atau melakukan kegiatan lain yang menjadi impian kita, semisal berlibur ke luar negeri atau lain sebagainya.

3. Menabung Secara Rutin

Usahakan menabung dengan rutin. Jika kita memiliki jadwal menabung tentu kita akan lebih menghargainya. Kami sarankan untuk menabung setiap hari dengan menyisihkan beberapa uang dari saku kalian sebesar 10 ribu rupiah atau 20 ribu rupiah setiap harinya.

4. Lakukan dengan Sabar dan Rutin

Nah ketika kita ingin menabung sebaiknya lakukanlah dengan sabar dan rutin. Segala sesuatu yang kita inginkan dengan usaha pasti akan membuahkan hasil. Tips yang satu ini harus kalian lakukan dengan semangat karena untuk masa depan nantinya.

5. Gunakan Cara 1%

Gunakanlah cara 1$. Yang dimaksud cara 1% ini adalah kita dapat menambahkan nominal tabungan kita disetiap bulannya dengan menambahkan 1%. Jika kita memiliki uang saku sebesar 50 ribu setiap harinya maka pada bulan pertama kita dapat menabung 1% dari uang saku tersebut. Dan untuk bulan selanjutnya kita dapat menabung 2% dari uang saku tersebut. Namun ini hanya sekedar saran, jika kalian keberatan dengan saran ini kalian dapat melakukannya dengan menabung 1% saja, atau dapat menambahkan 2% jika kalian memiliki uang saku lebih setiap harinya.

6. Berhenti Merokok

Tips menabung untuk mahasiswa yang satu ini sangatlah penting. Berhentilah merokok karena tidak baik bagi kesehatan. Lebih baik kita gunakan uang tersebut untuk menabung. Dengan harga rokok 25 ribu per bungkus kita dapat mengalokasikan dana tersebut ke celengan bebek kita. Jika kalian merokok sehari 1 bungkus maka Rp 25000 x 30 hari = Rp 750000. Bayangkan jika kalian kalikan uang tersebut selama 1 tahun pasti hasilnya cukup menggiurkan bukan?

7. Kurangi Kebiasaan Shopping

Bagi kalian para mahasiswa perempuan alangkah baiknya jika kalian kurangi kebiasaan yang satu ini. Selain boros, pengeluaran kalian juga biasanya akan semakin bertambah di kemudian hari karena biasanya perempuan tak tahan melihat barang-barang kece dan diskon. \

Nah itulah beberapa tips menabung untuk mahasiswa yang dapat kalian pahami dan terapkan di kehidupan kalian. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai tips menabung untuk mahasiswa yang paling tepat. Kalian juga dapat membaca artikel lain mengenai cara mengatur keuangan rumah tangga di postingan sebelumnya. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

This div height required for enabling the sticky sidebar