Home / Usaha / 9 Jenis Usaha di Tengah Pandemi Corona COVID-19 2020

9 Jenis Usaha di Tengah Pandemi Corona COVID-19 2020

/

Usaha di Tengah Pandemi – Ditengah pandemi seperti ini memang sangat sulit sekali bagi meraka yang hanya bekerja sebagai buruh atau sejenisnya untuk mencari nafkah. Melihat hal ini kita harus lebih giat lagi dalam berfikir untuk dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah walaupun dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

Ada banyak jenis usaha yang tidak terlalu membutuhkan modal yang besar, namun dengan hasil yang cukup untuk kita butuhkan. Banyak kita lihat di status WhatsApp, Instagram atau Facebook yang mana mereka mencoba peruntungan peluang usaha jasa atau berjualan via online untuk memenuhi setiap kebutuhan rumah tangga.

Kita tahu bahwa cafe, tempat nongkrong, objek wisata dan pusat perbelanjaan memilih untuk tutup sementara, sehingga mau tidak mau para pekerja harus diberhentikan sementara. Bahkan adapula yang di PHK karena pandemi saat ini. Hal ini tentu menjadi masalah yang cukup serius bagi mereka yang di PHK.

Mau tidak mau mereka harus putar otak untuk bagaimana cara mendapatkan uang, salah satunya adalah dengan berdagang online ataupun berjualan masker kain yang sedang populer saat ini. Selain itu ada juga beberapa jenis usaha di tengah pandemi lainnya. Lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut ini.

Jenis Usaha di Tengah Pandemi Corona COVID-19 Paling Menjanjikan

Jenis Usaha di Tengah Pandemi

Katering Harian

Jenis usaha yang satu ini memang sudah lama dikenal di tanah air, namun siapa sangka jika katering harian ini menjadi salah satu usaha yang banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Hal ini dikarenakan setiap orang yang dianjurkan untuk bekerja dirumah lebih memilih untuk memesan makanan via katering dibandingkan mereka harus keluar untuk membeli bahan makanan dan kemudian memasaknya.

Jualan Masker Kain

Pemerintah menganjurkan setiap warga untuk selalu menggunakan masker ketika keluar rumah. Membuat masker menjadi salah satu langkah tepat untuk kalian merintis usaha di tengah pandemi saat ini. Harga masker kain juga dapat kita jual dengan harga yang bervariatif serta model yang unik. Namun usahakan untuk menggunakan kain bahan yang berkualitas baik.

Bisnis Empon-empon

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan empon-empon. Empon-empon sendiri merupakan kelompok tanaman rimpang yang seringkali dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional atau jamu. Jahe, temulawak, kunyit dan rempah lainnya dikenal dengan istilah empon-empon.

Empon-empon memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan, nah disini kalian dapat mengolah jamu untuk diperjual belikan kepada tetangga, saudara, kerabat atau orang-orang yang cocok meminum ramuan jamu. Kalian dapat menjual ramuan ini melalui online ataupun berhadapan langsung dengan konsumen.

Sayur Keliling

Di beberapa daerah mungkin masih ada warung sayuran yang masih buka, namun ada beberapa daerah yang lebih memilih untuk tidak membuka warung selama pandemi ini. Nah disini ada celah yang dapat kalian masuki, yakni dengan menjual sayuran keliling. Pasti banyak warga yang lebih mudah membeli sayuran karena mereka tidak perlu keluar rumah.

Jualan Online

Berjualan online disini dapat kita lakukan dengan mudah, terlebih saat ini sudah ada wadah seperti jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya. Disini kalian dapat menjual apa saja yang sekiranya banyak diminati oleh masyarakat. Selain kalian dapat beriklan gratis di Facebook ataupun Instagram, kalian juga dapat memasarkan dagangan kalian dari mulut ke mulut.

Jualan Kopi

Cafe-cafe atau tempat nongkrong juga banyak yang memilih untuk menutupnya terlebih dahulu selama pandemi ini. Kopi memang bisa menjadi salah satu minuman yang banyak digemari oleh masyarakat. Nah kalian dapat membuka warung cafe kecil-kecilan di tempat kalian sendiri, bisa juga di depan rumah.

Kami sarankan juga untuk menjual kopi dengan sistem penyeduhan clod brew. Sistem ini berbeda dari biasanya, kopi diseduh dengan menggunakan air dingin selama 12 hingga 24 jam. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan konsentrat kopi. Kalian dapat mengemasnya pada botol kaca dan kemudian memasarkannya via online.

Menjual Makanan Siap Saji/Makanan Beku

Fast food menjadi salah satu makanan yang banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Terlebih mereka yang mungkin lebih senang makan makanan siap saji seperti nugget dan lainnya. Kalian dapat memulai bisnis ini dengan berjualan makanan siap saji dengan harga yang terjangkau.

Makana-makan tersebut diantaranya adalah nugget, risol mayo, stik kentang dan lain sebagainya. Kalian juga dapat memasarkan melalui online atau berhadapan langsung dengan pembeli.

Bisnis Madu Murni

Madu murni sangat cocok bagi kesehatan dan cocok menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar. Banyak peminat membuat madu dapat menjadi salah satu bisnis usaha yang cocok selama masa pandemi ini. Usahakan untuk selalu menjal madu murni jangan madu abal-abal.

Jasa Keliling

Dan yang terakhir adalah jasa keliling. Jasa keliling seperti cukur, permak levis dan lainnya. Ini juga merupakan salah satu jenis usaha di tengah pandemi yang dapat kalian coba. Apabila kalian memiliki keahlian yang kami sebutkan tadi, siapa tahu dapat menjadi ladang rupiah kalian di tengah pandemi.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai jenis usaha di tengah pandemi yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai usaha rumahan yang menguntungkan yang telah myjourney.id sampaikan di postingan sebelumnya.

This div height required for enabling the sticky sidebar