Home / Keuangan / 8 Usaha Kuliner Bulan Puasa dengan Modal Kecil

8 Usaha Kuliner Bulan Puasa dengan Modal Kecil

/

Usaha Kuliner Bulan Puasa – Bulan puasa merupakan bulan yang penuh dengan hikmah, maka tak heran jika setiap bulan puasa tiba banyak sekali mereka yang mencoba untuk berjualan beragam makanan atau kuliner khas puasa. Usaha kuliner bulan puasa memang sangat menjanjikan, dimana setiap makanan atau minuman yang dibuat dan kemudian dijual pastinya akan laris manis, hal ini mengingat banyaknya mereka (para keluarga) yang lebih memilih beli dibandingkan membuat olahan makanan atau menu takjil sendiri.

Usaha kuliner bulan puasa yang umum diperjual belikan biasanya menu takjil, seperti kurma, es campur, es kolak, es buah, makan ringan, roti-roti kecil dan masih banyak lagi makanan lainnya yang dapat kalian temui di pinggir jalan setiap ramadhan tiba. Harga makanan tersebut juga biasanya dibanderol dengan harga yang murah meriah, maka dari itu tak heran jika banyak sekali penjual pemula yang terjun ketika bulan puasa tiba.

Nah berbicara mengenai kuliner khas ramadhan, kami disini akan memberikan informasi menarik mengenai usaha kuliner bulan puasa dengan modal kecil. Modal memang harus diperlukan jika kita memiliki keinginan untuk membuka usaha, entah itu usaha kecil atau usaha besar. Yang jelas usaha yang akan kita tekuni baik itu kecil maupun besar biasanya modal akan mengikuti. Selain itu hasil yang akan kita raup juga akan mengikuti.

Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai usaha kuliner bulan puasa dengan modal kecil yang sudah kami siapkan berikut ini.

Usaha Kuliner Bulan Puasa dengan Modal Kecil

Usaha Kuliner Bulan Puasa dengan Modal Kecil
Usaha Kuliner Bulan Puasa dengan Modal Kecil

1. Membuat Asinan dan Sejenisnya

Usaha kuliner bulan puasa yang pertama kalian dapat membuat makan asinan atau sejenisnya. Makanan ini cocok untuk dimakan ketika buka puasa tiba. Selain itu asinan juga memiliki harga yang terjangkau, sehingga bisa dipastikan jika makanan ini akan cukup laris manis. Asinan sendiri merupakan makanan unik yang berisi sayur kol daun slada, tauge, sawi asin, timun, potongan tahun, remukan krupuk dan disiram dengan kuah sambal kacang manis. Jika di Jawa Barat asinan maka di jawa tengah bisa kita kenal dengan nama Pecel.

2. Membuat Kue Rumahan

Nah yang kedua kalian dapat juga membuat usaha kue rumahan. Usaha rumahan ini memang banyak digeluti oleh para ibu-ibu yang hobi membuat kue. Kue kering ini dapat dipasarkan ketika h-10 lebaran atau juga dapat dibungkusi kecil dan ditawarkan sebagai cemilan buka puasa. Kue tersebut antara lain, cucur, brownis mini, putu ayu, bolu, lapis dan masih banyak lagi lainnya.

3. Membuat Minuman Dingin dan Segar

Usaha kuliner bulan puasa dengan modal kecil yang selanjutnya adalah dengan membuat kreasi meminum segar dan dingin. Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang cocok untuk minuman segar ketika panas terik. Minuman segar ini dapat kalian buat untuk dijual sebagai minuman ketika berbuka puasa. Minuman tersebut dapat kalian buat dengan kreasi sendiri.

4. Membuat Sop Buah

Nah usaha kuliner bulan puasa yang satu ini merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan. Dimana sop buah selalu menjadi pilihan utama bagi sebagian orang untuk minuman pembuka ketika berbuka puasa. Selain itu sop buah juga bergizi karena mengandung buah-buahan berbagai jenis mulai dari semangka, anggur, mangga, nanas, apel, pepaya dan masih banyak lagi lainnya.

5. Membuat Es Kolak atau Kolak Hangat

Usaha kuliner bulan puasa yang satu ini juga memiliki penjualan yang cukup laris sama halnya dengan sop buah diatas. Kolak juga salah satu minuman favorit bagi sebagian orang yang mana sangat cocok jika diminum ketika berbuka puasa. Kolak juga dapat dijadikan es kolak dan juga kolak hangat.

6. Membuat Berbagai Macam Lauk dan Sayuran

Banyak orang berpuasa namun malas untuk memasak, nah hal ini dapat kalian manfaatkan, yakni dengan membuat menu hidangan masakan khas Indonesia mulai dari ayam goreng, sayuraan, sop dan olahan hidangan kuliner lain yang cocok untuk menu berbuka dan menu sahur.

7. Membuat Berbagai Macam Gorengan

Usaha kuliner bulan puasa yang satu ini juga dapat kalian jadikan referensi untuk memulai bisnis kuliner. Nah salah satu yang paling menarik adalah membuat macam-macam gorengan. Macam-macam gorengan dapat berupa martabak telor mini, risoles, bakwan, mendoan, tahu goreng dan masih banyak lagi jenis gorengan lainnya.

8. Membuat Makanan Kecil yang Unik

Dan usaha kuliner bulan puasa yang terakhir adalah dengan cara membuat makan kecil yang unik. Saat ini banyak sekali jenis makanan yang dapat kita olah dengan simpel dan unik. Sebenarnya bukan hanya makanan saja yang dapat kita variasi, minuman juga dapat kita mix agar lebih unik dan menjual.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai usaha kuliner bulan puasa dengan modal kecil. Kalian juga dapat membaca artikel lain mengenai peluang usaha di bulan ramadhan di postingan sebelumnya. Cukup sekian dari kami semoga artikel yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih perhatiannya.

This div height required for enabling the sticky sidebar